Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel ilmu, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah
link : Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah

 Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak dan SD Kelas Bawah KRITERIA PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN DI Taman Kanak-kanak DAN SD KELAS BAWAH

Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak dan SD Kelas Bawah. Dalam pembahasan di atas telah dikemukakan bahwa anak berguru dgn cara yg berbeda dgn orang dewasa, dgn demikian taktik yg paling baik utk mendukung berguru anak pun berbeda pula. Keragaman strategi  ini  penting  utk  dipertimbangkan  ketika  guru  merencanakan kegiatan  belajar.  Dalam  setiap  pembelajaran  yg  dilaksanakan,  guru harus  mempertimbangkan  secara  cermat  strategi  mengajar  yg  akan dipakai utk memudahkan anak belajar. Strategi  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  segala  usaha  guru  dalam menerapkan aneka macam metode pembelajaran utk mencapai tujuan yg diharapkan. Dengan demikian taktik pembelajaran menekankan kepada bagaimana kegiatan guru mengajar dan kegiatan anak belajar.

Terdapat  beberapa  jenis  strategi  pembelajaran  yg  dapat dipertimbangkan  oleh  guru.  Pemilihan  strategi  dan  metode  ini  akan memfasilitasi anak berguru baik secara individual, berguru dalam kelompok kecil,  belajar  dalam  kelompok  besar  maupun  belajar  di  luar  kelas.

Apa saja Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak dan SD Kelas Bawah? Pemilihan taktik pembelajaran hendaknya mempertimbangkan beberapa faktor penting, yaitu: (1) karakteristik tujuan pembelajaran, (2) karakteristik anak dan cara belajarnya, (3) daerah berlangsungnya kegiatan, (4) tema pembelajaran, serta (5) teladan kegiatan.

1)  Karakteristik Tujuan Pembelajaran 
Setiap  tujuan  pembelajaran  memiliki  karakteristik  tertentu  artinya apakah  tujuan  pembelajaran  tersebut  cenderung  menekankan pengembangan  aspek  kognitif,  kreativitas,  bahasa,  sosial,  emosi, motorik  kasar  dan  halus,  pengembangan  moral  dan  agama,  disiplin serta seni.

Guru  dapat  mengembangkan  kemampuan  berbahasa  anak,  dgn memakai taktik pembelajaran yg memungkinkan anak sanggup mengembangkan  keterampilan  menyimak,  berbicara,  membaca  dan menulis melalui cara-cara yg menyenangkan. 

Agar  tercapai  tujuan  pembelajaran  yg  lebih  menekankan  aspek kognitif, dipakai taktik pembelajaran yg sanggup membantu dan memfasilitasi  anak  utk  mengembangkan  kemampuan  berpikir sehingga  dapat  mengolah  perolehan  belajarnya,  menemukan berbagai  jenis  alternatif  pemecahan  masalah,  membantu  anak mengembangkan  kemampuan  logika  matematika  dan  pengetahuan tentang  ruang  dan  waktu,  serta  mempunyai  kemampuan  utk memilah,  mengklasifikasikan  serta  mengembangkan  kemampuan berpikir teliti.

2)  Karakteristik Anak 
Karakteristik  anak  merupakan  faktor  penting  lainnya  yg  harus dipertimbangkan oleh guru dalam menentukan dan memakai taktik pembelajaran .  Sebelumnya  telah  dibahas perihal karakteristik anak. Karakteristik anak itu ialah unik, aktif, rasa ingin  tahunya  tinggi,  egosentris,  berjiwa  petualang,  daya konsentrasinya  pendek,  daya  imajinasinya  tinggi  dan  senang berteman.

3)  Tempat Berlangsungnya Kegiatan
Selain  tujuan  dan  karakteristik  anak,  faktor  lain  yg  harus dipertimbangkan  dalam  memilih  dan  menggunakan  strategi pembelajaran  adalah  tempat  dilaksanakannya  kegiatan.  Artinya apakah kegiatan pembelajaran itu akan dilaksanakan di dalam ruangan atau  di  luar  ruangan,  serta  ukuran  tempat  yg  akan  digunakan. 

4)  TemaPembelajaran
Tema  merupakan  bahan  ajar  yg  disajikan  kepada  anak. Penggunaan tema dalam pembelajaran ialah suatu hal yg amat penting, alasannya ialah pembelajaran tema relevan dgn karakteristik perkembangan  anak  yg  bersifat  holistik.  Melalui  tema  anak-anak dapat  mengembangkan  seluruh  aspek  perkembangannya  yg meliputi  perkembangan  kognitif,  bahasa,  fisik  motorik,  sosial emosional dan estetika.Tema yg dipilih pun harus relevan dgn minat  anak,  dapat  dikembangkan  melalui  kegiatan  pengalaman langsung, dan dimulai dgn lingkungan yg terdekat dgn anak. 

5)  Pola Kegiatan
Dalam  kaitannya  dgn  pola  kegiatan, Gordon  dan  Browne dalam Muslichatoen mengemukakan ada tiga jenis teladan kegiatan yg sanggup dipilih guru yaitu; (1) teladan kegiatan dgn pengarahan eksklusif oleh guru, (2) teladan kegiatan semi kreatif, dan (3) teladan kegiatan kreatif. Dalam  pola  kegiatan  melalui  pengarahan  langsung  oleh  guru, partisipasi anak, cenderung pasif, alasannya ialah pembelajaran lebih banyak dikendalikan oleh guru melalui petunjuk, conto, kiprah atau perintah; sedangkan  kegiatan  anak  lebih  banyak  mengamati,  dan melaksanakan hal-hal yg diarahkan oleh guru.

Dalam teladan kegiatan seni kreratif, guru memberi kesempatan kepada anak utk melaksanakan kegiatan yg sanggup menghasilkan karya hasil tiruan atau  menconto.  Setiap  anak  diberi  kebebasan  utk mewujudkan  kreativitasnya  akan  tetapi  kebebasan  ini  belum sepenuhnya  diberikan  kepada  anak  karena  anak  masih  mendapat bimbingan dan pengarahan guru.

Pola kegiatan kreatif ialah teladan kegiatan yg menghadapkan anak pada aneka macam duduk kasus yg perlu dipecahkan baik oleh perorangan maupun  oleh  kelompok.  Sifat  masalah  yg  harus  dipecahkan  tentu saja  masalah  yg  sesuai  dgn  tingkat  perkembangan  dan  usia anak.  Peran  guru  dalam  pola  kegiatan  kreatif  hanyalah  sebagai fasilitator atau yg menawarkan bimbingan dan pemberian apabila anak membutuhkannya.Atas  dasar  berbagai  pertimbangan  tersebut,

Jelaslah  bawa  pemilihan  dan  penggunaan  strategi  pembelajaran  harus  sesuai  dgn  situasi  dan kondisi.  Pada suatu waktu, guru mungkin harus menentukan taktik pembelajaran yg lebih menekankan pada teladan kegiatan pengarahan eksklusif dgn cara  menginformasikan  atau  menjelaskan,  tetapi  dalam  kesempatan lain  mungkin  guru  harus  menggunakan  pola  kegiatan  yg  lebih banyak  memberikan  kesempatan  kepada  anak  utk  melakukan  eksplorasi terhadap lingkungannya.



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/kriteria-pemilihan-taktik-pembelajaran.html

0 Response to "Kriteria Pemilihan Taktik Pembelajaran Di Tk Dan Sd Kelas Bawah"

Posting Komentar