Lailatul Qadar / Lailatul Qodar

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Lailatul Qadar / Lailatul Qodar

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Lailatul Qadar / Lailatul Qodar, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel bimbinganshalat, Artikel ilmu, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel Wawasan-Islam, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lailatul Qadar / Lailatul Qodar
link : Lailatul Qadar / Lailatul Qodar

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Lailatul Qadar / Lailatul Qodar

LAILATUL QADAR / LAILATUL QODAR 



Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) yaitu satu malam penting yg terjadi pada bulan Ramadan, yg dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yg lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an.

Lailatur Qadar atau biasa disebut pula sebagai “malam seribu bulan” yaitu satu malam yg sangat istimewa di bulan Ramadhan. Orang yg berpuasa di bulan Ramadhan sangat mendambakan sanggup mendapat malam ini. Sebab malam Lailatur Qadar punya banyak keutamaan dan keistimewaan.

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar yaitu malam penting yg terjadi dikala bulan Ramadan. Lailatul Qadar digambarkan dalam Al Qur’an sebagai malam yg lebih baik dari seribu bulan. Deskripsi perihal keistimewaan malam ini sanggup dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur’an.

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar yaitu satu malam penting yg terjadi pada bulan Ramadan, yg dalam Al Qur’an digambarkan sebagai malam yg lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur’an. Deskripsi perihal keistimewaan malam ini sanggup dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur’an.


Karena malam itu teramat istimewa, malam dgn kadar lebih baik dari 1.000 bulan, atau 83 tahun 3 bulan, khoirun min alfi syahrin; malam turunnya para Malaikat dgn dipimpin eksklusif Malaikat Jibril atas izin-Nya, tanazzalul Malaaikatu warruuhu; malam penuh kedamaian hingga terbit fajar, salaamun hiya hatta mathla’il fajri.


Setiap Muslim dianjurkan meningkatkan ibadah dan amal saleh dalam waktu sepuluh hari terakhir ini. Salah satu tujuannya semoga tidak kehilangan malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar mempunyai tanda tersendiri. 

Malam lailatul qadar sanggup dilihat dgn mata bagi mereka yg mendapat taufik dari Allah Subhanahu, dgn melihat tanda-tandanya. Para sobat radhiallahu ‘anhum melihat dgn tanda-tandanya. Namun seorang muslim tidak perlu memaksakan diri mencari-cari gejala malam lailatul qadar atau melihatnya. Hendaknya fokus pada 10 malam terakhir utk beribadah. Hikmah dirahasiakan kapan malam tersebut semoga terlihat siapa dari mereka yg memang bersungguh-sungguh mencari keutamaan malam lailatul qadar.

Allah Ta 'ala berfirman : " Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) dikala Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kau apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dgn izin Tuhannya utk mengatur segala uuusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar.  "(Al-Qadr: 1-5)


Allah memberitahukan bahwa Dia menurunkan Al-Qur'an pada malam Lailatul Qadar, yaitu malam yg penuh keberkahan. Allah Ta'ala berfirman  :"Sesungguhnya Kami menurunkannya (alQur’an) pada suatu malam yg diberkahi." (Ad-Dukhaan:3) Dan malam itu berada di bulan Ramadhan, sebagaimana firman Allah Ta 'ala :"Bulan Ramadhan, bulan yg di dalamnya diturunkan Al-Qur'an. "(Al-Baqarah: 185). 

Ibnu Abbas -radhiallahu 'anhu- berkata: "Allah menurunkan Al-Qur'anul Karim keseluruhannya secara sekaligus dari Lauh Mahfuzh ke Baitul 'Izzah (langit pertama) pada malam Lailatul Qadar. Kemudian diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sesuai dgn konteks aneka macam kejadian selama 23 tahun." 

Malam itu dinamakan Lailatul Qadar alasannya yaitu keagungan nilainya dan keutamaannya di sisi Allah Ta 'ala. Juga, alasannya yaitu pada dikala itu ditentukan ajal,  rizki, dan lainnya selama satu tahun, sebagaimana firman Allah: "Pada malam itu dijelaskan sega la urusan yg penuh hikmah." (Ad-Dukhaan: 4). 

Kemudian, Allah berfirman mengagungkan kedudukan Lailatul Qadar yg Dia khususkan utk menurunkan Al-Qur'anul Karim: "Dan tahukah kau apakah Lailatul Qadar itu?" Selanjutnya Allah menjelaskan nilai keutamaan Lailatul Qadar dgn firman-Nya: "Lailatul Qadar itu lebih baik dari pada seribu bulan." 

Beribadah di malam itu dgn ketaatan, shalat, tilawah, dzikir, do'a dsb sama dgn beribadah selama seribu bulan di waktu-waktu lain. Seribu bulan sama dgn 83 tahun 4 bulan. 

Lalu Allah memberitahukan keutamaannya yg lain, juga berkahnya yg melimpah dgn banyaknya malaikat yg turun di malam itu, term asuk Jibril 'alaihis salam. Mereka turun dgn membawa semua perkara, kebaikan maupun keburukan yg merupakan ketentuan dan takdir Allah. Mereka turun dgn perintah dari Allah. Selanjutnya, Allah menambahkan keutamaan malam tersebut dgn firman-Nya: "Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar" (Al-Qadar: 5) 

Maksudnya, malam itu yaitu malam keselamatan dan kebaikan seluruhnya, tak sedikit pun ada kejelekan di dalamnya, hingga terbit fajar. Di malam itu, para malaikat -termasuk malaikat Jibril- mengucapkan salam kepada orang-orang beriman. Dalam satu hadits shahih, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyebutkan keutamaan melakuk an qiyamul lail di malam tersebut. Beliau bersabda: "Barangsiapa melaksanakan shalat malam pada dikala Lailatul Qadar alasannya yaitu iktikad dan mengharap pahala Allah, pasti diampuni dosa-dosanya yg telah lalu. " (Hadits Muttafaq 'Alaih)  

Tentang waktunya, Rasulullah shalla llahu 'alaihi wasallam bersabda: "Carilah Lailatul Qadar pada (bilangan) ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan." (HR. Al-Bukhari, Muslim dan lainnya).  

Yang dimaksud dgn malam-malam ganjil yaitu malam dua puluh satu, dua puluh tiga, dua puluh lima, dua puluh tujuh, dan malam dua puluh sembilan. 

Adapun qiyamul lail di dalamnya yaitu menghidupkan malam tersebut dgn shalat tarawih, sholat tahajjud, membaca Al-Qur'anul Karim, dzikir, do'a , istighfar dan taubat kepada Allah Ta 'ala. 


Tanda ini yg membedakan malam penuh keberkahan tersebut dgn malam-malam lainnya. Berikut tanda malam lailatul qadar tersebut:
1. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yg diriwayatkan Ath Thoyalisi.
“Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Lailatul qadar yaitu malam yg penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” Haytsami menyampaikan periwayatnya yaitu tsiqoh atau terpercaya.
2. Malaikat menurunkan ketenangan sehingga insan mencicipi ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Tidak menyerupai ibadah pada hari-hari lainnya.
3. Manusia sanggup melihat malam ini dalam mimpinya menyerupai terjadi pada sebagian sobat Rasulullah SAW.

4. Matahari terbit dalam keadaan jernih pada pagi harinya, tidak ada sinar.

Beberapa pedoman dari surat Al-Qadr : 
1.   Keutamaan Al-Qur'anul Karim serta ketinggian nila inya, dan bahwa ia diturunkan pada Lailatul Qadar (malam kemuliaan). 
2.   Keutamaan dan keagungan Lailatul Qadar, dan bahwa ia menyamai seribu bulan yg tidak ada Lailatul Qadar di dalamnya. 
3.   Anjuran utk mengisi kesempatan-kesempatan baik menyerupai malam yg mulia ini dgn aneka macam amal shalih. 


Lailatul Qadar mempunyai beberapa keutamaan. Tujuh di antaranya yaitu sebagai berikut:
1. Lailatul Qadar yaitu Malam Nuzulul Qur’an
 “Kami telah menurunkan Al Qur’an ini pada malam ‘Lailatul Qadar’.”(QS Al Qadr: 1).
2. Ibadah pada Lailatul Qadar Lebih Baik dari 1000 Bulan
 “Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.” (Al Qadr: 3).
Menurut DR. Ahmad Zain An Najah, para ulama berbeda pendapat perihal maksud ayat di atas, akan tetapi lebih banyak didominasi ulama menyampaikan bahwa amalan pada malam hari itu lebih baik dari amalan seribu malam yg tidak terdapat di dalamnya Lailatul Qadar.
3. Para Malaikat dan Jibril Turun utk Mengatur Segala Urusan
 “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dgn izin Tuhannya utk mengatur segala urusan.” (A Qadar: 4).
Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
 “Sesungguhnya Lailatul Qadar itu akan turun pada malam 27 atau 29, dan sebenarnya malaikat yg ada di muka bumi pada malam itu lebih banyak dari pada jumlah kerikil.” (HR Ibnu Khuzaimah, hasan).
4. Lailatul Qadar yaitu Malam Kesejahteraan
Para malaikat pun memperlihatkan salam kepada kaum Mukminin mereka hingga terbit fajar.
 “Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar.” (Al Qadar: 5).
5. Lailatul Qadar yaitu Malam yg Penuh Berkah
 “Kami telah menurunkan Al-Qur’an ini pada malam yg penuh berkah.” (QS Ad Dukhan: 2).
6. Lailatul Qadar yaitu Malam Penetapan Takdir Seluruh Makhluk dalam Setahun
 “Pada malam itu ditetapkan segala urusan yg penuh hikmah.” (QS Ad Dukhan: 3).
7. Diampuni Dosa Masa Lalu bagi Yang Beribadah pada Lailatul Qadar dgn Ikhlas dan Iman
Dalilnya yaitu sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam:

 “Barang siapa yg berdiri (utk beribadah) pada malam Lailatul Qadar dgn penuh keimanan dan keikhlasan, pasti Allah akan mengampuni dosa-dosanya yg telah lampau.” (HR Bukhari dan Muslim)



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Lailatul Qadar / Lailatul Qodar

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Lailatul Qadar / Lailatul Qodar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lailatul Qadar / Lailatul Qodar dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/lailatul-qadar-lailatul-qodar.html

0 Response to "Lailatul Qadar / Lailatul Qodar"

Posting Komentar