Niat Puasa Ramadhan

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Niat Puasa Ramadhan

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Niat Puasa Ramadhan, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel bimbinganshalat, Artikel ilmu, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel Wawasan-Islam, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Niat Puasa Ramadhan
link : Niat Puasa Ramadhan

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Niat Puasa Ramadhan

Sebelum membahasa niat puasa ramadhan berikut ini beberapa pemahaman perihal puasa Ramadhan Pengertian puasa terbagi atas dua yaitu secara bahasa dan secara istilah. Pengertian puasa berdasarkan bahasa yaitu menahan diri dari sesuatu. Ramadan (/ˌræməˈdɑːn/; Arab: رمضان‎ Ramaḍān,: [ramaˈdˤaːn]; juga diromanisasikan sebagai Ramazan, Ramadhan, atau Ramathan) yaitu bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dgn puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yg turun kepada Nabi Muhammad berdasarkan menurut keyakinan umat Muslim. Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam. Bulan bulan berkat akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, berdasarkan beberapa hukum yg tertulis dalam hadits. Kaprikornus Puasa Ramadhan adalah puasa yg wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan oleh setiap umat Islam diseluruh dunia.  Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib bagi umat Islam yg dilaksanakan pada bulan Ramadhan yg jumlah harinya antara 29 dan 30 hari dalam puasa.  

Syarat wajib penunaian puasa, artinya ketika ia mendapati waktu tertentu, maka ia dikenakan kewajiban puasa. Syarat yg dimaksud yaitu sebagai berikut.
(1) Sehat, tidak dalam keadaan sakit.

(2) Menetap, tidak dalam keadaan bersafar. Dalil kedua syarat ini yaitu firman Allah Ta’ala,
وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ
“Dan barangsiapa yg dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yg ditinggalkannya itu, pada hari-hari yg lain” (QS. Al Baqarah: 185). Kedua syarat ini termasuk dalam syarat wajib penunaian puasa dan bukan syarat sahnya puasa dan bukan syarat wajibnya qodho’ puasa. Karena syarat wajib penunaian puasa di sini gugur pada orang yg sakit dan orang yg bersafar. Ketika mereka tidak berpuasa ketika itu, barulah mereka qodho’ berdasarkan akad para ulama. Namun kalau mereka tetap berpuasa dalam keadaan demikian, puasa mereka tetap sah.

(3) Suci dari haidh dan nifas. Dalilnya yaitu hadits dari Mu’adzah, ia pernah bertanya pada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Hadits tersebut adalah,
عَنْ مُعَاذَةَ قَالَتْ سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِى الصَّوْمَ وَلاَ تَقْضِى الصَّلاَةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ قُلْتُ لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ وَلَكِنِّى أَسْأَلُ. قَالَتْ كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.
Dari Mu’adzah ia berkata, “Saya bertanya kepada Aisyah seraya berkata, ‘Kenapa gerangan perempuan yg haid mengqadha’ puasa dan tidak mengqadha’ shalat?’ Maka Aisyah menjawab, ‘Apakah kau dari golongan Haruriyah? ‘ Aku menjawab, ‘Aku bukan Haruriyah, akan tetapi saya hanya bertanya.’ Dia menjawab, ‘Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan utk mengqadha’ puasa dan tidak diperintahkan utk mengqadha’ shalat’.” Berdasarkan akad para ulama pula, perempuan yg dalam keadaan haidh dan nifas tidak wajib puasa dan wajib mengqodho’ puasanya.

Syarat Sahnya Puasa
Syarat sahnya puasa ada dua, yaitu:
(1) Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas. Syarat ini yaitu syarat terkena kewajiban puasa dan sekaligus syarat sahnya puasa.
(2) Berniat. Niat merupakan syarat sah puasa lantaran puasa yaitu ibadah sedangkan ibadah tidaklah sah kecuali dgn niat sebagaimana ibadah yg lain. Dalil dari hal ini yaitu sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya.”

Niat puasa ini harus dilakukan utk membedakan dgn menahan lapar lainnya. Menahan lapar bisa jadi hanya sekedar kebiasaan, dalam rangka diet, atau lantaran sakit sehingga harus dibedakan dgn puasa yg merupakan ibadah.

Beberapa niat berpuasa ini bisa dilakukan dimana saja dan sanggup dipilih yg mana saja selama memenuhi syarat-syarat sah niat berpuasa. Jika utk niat puasa sebulan penuh yaitu dilakukan pada awal bulan puasa yg eksklusif dirangkap (niatnya) utk berpuasa selama sebulan. 




Adapun beberapa sumber yg menjadi sumber rujukan atau tumpuan dari artikel yg berjudul Doa niat puasa Ramadhan selama sebulan dan lafaz niat harian ini beberapa diantaranya merujuk dari wikipedia (http://ms.wikipedia.org/wiki/Ibadat_puasa) serta beberapa sumber dari banyak sekali media yg bisa dipercaya.




Dan tibalah sekarang kita di bulan suci Ramadhan dimana begitu banyak keberkahan serta limpahan segala kebaikan dari Allah bagi seluruh umat muslim di dunia yg menjalankan ibadah puasa. Dan sungguhlah sebuah kesempatan besar serta keberuntungan apabila kita dipertemukan kembali dgn bulan suci Ramadhan yg sejatinya kesempatan ini tidak di sia-siakan sebagaimana firman Allah SWT:


إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ

“ Jika telah masuk bulan Ramadhan terbukalah pintu-pintu langit, dan tertutup pintu-pintu neraka jahannam, serta syaitan-syaitan dibelenggu”



Bacaan doa niat puasa Ramadhan sebulan:


نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa
"Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini lantaran Allah Taala"


Bacaan doa niat puasa Ramadhan harian:


نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ



Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita'ala



"Aku niat berpuasa esok hari utk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini lantaran Allah Taala".


Ayo berpuasa pada bula Ramdahan, Anak-anaku di balik uji menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu selama berpuasa di bulan Ramadhan, ternyata tersembul manfaat yg luar biasa bagi kesehatan. Harits bin Kaldah, salah satu dokter yg populer dari Arab mengatakan, “Menjaga makan yaitu obat dari penyakit. Sedangkan perut yaitu sumber penyakit”. Dengan berpuasa, otomatis perut terjaga dari asupan masakan yg berlebihan yg mungkin membahayakan tubuh dan kesehatan.
Tahukah Anda bahwa berpuasa ternyata bisa :

1. Menurunkan bobot tubuh
Berkurangnya masukkan energi pada orang berpuasa, menciptakan tubuh harus mencari sumber energi yg tersimpan di dalamnya, yaitu simpanan lemak dalam tubuh utk dijadikan sumber energi. Tak heran bila sehabis 29-30 hari berpuasa, tubuh akan berubah bentuknya dan berkurang bobotnya hingga sekitar 4 kg.

2. Mencegah terjadinya stroke
Puasa juga sanggup mengurangi resiko stroke lantaran sanggup memperbaiki kolesterol darah. Beberapa penelitian yg dilakukan menyampaikan bahwa puasa sanggup meningkatkan HDL (high density lipoprotein) dan menurunkan lemak trigliserol (pembentuk kolesterol LDL -low density lipoprotein- yg merusak kesehatan).

3. Menurunkan tekanan darah
Pada mereka yg mempunyai tekanan darah tinggi ringan hingga sedang dgn kelebihan berat badan, puasa sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Namun konsultasi dgn dokter andal tetap harus dilakukan utk menyesuaikan santunan obat.

4. Membentuk sel-sel baru
Puasa juga berfungsi utk menghilangkan sel-sel rusak dalam tubuh. Rasa lapar pada orang berpuasa membuatnya menggerakan organ-organ internal dalam tubuh dan “memakan” sel-sel yg rusak utk menutupi rasa lapar. Nah, pada ketika itu tubuh akan menggantinya dgn sel-sel baru, sehingga bisa kembali berfungsi dan beraktivitas.

5. Mengurangi risiko diabetes
Bagi orang sehat, berpuasa sanggup mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini terjadi lantaran pengurangan konsumsi kalori secara fisiologis akan mengurangi sirkulasi hormon insulin dan kadar gula darah. Dengan pengontrolan gula darah yg baik, akan mencegah penyakit diabetes tipe 2, yg disebabkan harmon insulin tidak sensitif lagi mengontrol gula darah.

Selama anda sehat dan bisa berpuasa, lakukan ibadah ini dgn sepenuh hati lantaran selain pahala yg berlipat ganda manfaat kesehatan pun akan anda dapatkan.


DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Niat Puasa Ramadhan

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Niat Puasa Ramadhan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Niat Puasa Ramadhan dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/niat-puasa-ramadhan.html

0 Response to "Niat Puasa Ramadhan"

Posting Komentar