Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Info, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk
link : Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan telah menerbitkan Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dan SMK. Panduan tersebut harus dijadikan contoh dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan alasannya Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan bab integral dalam layanan pendidikan.

Melalui Surat Kemendikbud No 4681/B/KS/2017, Kemendikbud meminta semua sekolah mendownload buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dan SMK. Berikut ini Isi surat tersebut:

PANDUAN OPERASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas DAN SMK


Peserta didik sekolah dasar berada pada usia emas perkembangan dan merupakan masa membangun pengalaman mencar ilmu awal yg bermakna. Pada usia ini penerima didik berada pada masa peka dalam berbagi seluruh potensi dan kecerdasan otak mencapai 80%. Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata anutan mempunyai kiprah penting utk memperlihatkan ransangan yg sempurna sehingga sel-sel otak berkembang dan berfungsi secara optimal utk mendukung kematangan semua aspek perkembangan. Perkembangan yg optimal pada usia di SD menjadi fondasi yg berpengaruh bagi perkembangan pada tahap-tahap berikutnya. Pengalaman mencar ilmu awal yg menyenangkan dan bermakna bagi anak mendorong anak utk memahami fungsi mencar ilmu bagi dirinya dan memotivasi utk menjadi pembelajar sepanjang hayat.  

Pada ketika ini penerima didik hidup dalam masyarakat semakin heterogen, teknologi semakin canggih, dan kesempatan berkembang semakin luas. Peserta didik menghadapi tantangan-tantangan yg unik dan bervariasi, yg berdampak pada perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.  Untuk membantu penerima didik menjadi generasi penerus yg siap menghadapi kondisi tersebut, diperlukan pertolongan orangtua, guru, guru bimbingan dan konseling atau konselor, serta orang-orang remaja lain di sekitarnya.

Masa sekolah di SD merupakan waktu yg baik bagi penerima didik utk berbagi konsep diri dan perasaan bisa serta percaya diri sebagai pembelajar. Peserta didik mulai berbagi keterampilan mengambil keputusan, berkomunikasi, dan keterampilan hidup. Di samping itu, penerima didik juga berbagi dan menguasai perilaku yg sempurna terhadap sekolah, diri sendiri, teman sebaya, kelompok sosial, dan keluarga.

Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan bab integral dari agenda pendidikan di sekolah yg seyogianya dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor yg mempunyai kompetensi yg diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 ihwal Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kompetensi tersebut mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Idealnya setiap sekolah dasar mempunyai guru bimbingan dan konseling atau konselor. Guru bimbingan dan konseling atau konselor saling bahwasanya dgn guru kelas dan guru mata anutan dalam membantu penerima didik mencapai perkembangan optimal. Pada kondisi belum ada guru bimbingan dan konseling atau konselor sanggup ditugaskan guru kelas terlatih utk menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling.

Guru bimbingan dan konseling atau konselor di SD sanggup diangkat dgn cakupan kiprah pada setiap sekolah atau di tingkat gugus sekolah utk membantu guru berbagi potensi dan mengentaskan duduk perkara penerima didik. Guru bimbingan dan konseling atau konselor di tingkat gugus berkantor di sekolah induk yg ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dalam kondisi sekolah induk tidak mempunyai ruang yg cukup, maka berkantor di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan atau unit pendidikan yg setingkat (Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014, Lampiran butir V.A).


Silahkan di download Bimbingan dan Konseling Untuk SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan (dalam satu file rar) KLIK DISINI 
loading...

= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/panduan-operasional-penyelenggaraan.html

0 Response to "Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Smp Sma Dan Smk"

Posting Komentar