Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Info, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017
link : Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017

PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SEKOLAH DASAR (SD) TAHUN 2017 
Guru  sebagai  pendidik  dan pengajar  mengemban kiprah utama  mendidik,  mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,  menilai,  dan mengevaluasi  peserta  didik termasuk  peserta  didik  di sekolah dasar (SD). Agar  guru SD sanggup melaksanakan tugasnya secara  optimum,  maka guru SD  wajib  melaksanakan penemuan pembelajaran  dalam rangka  peningkatan  mutu pendidikan yg  berdampak positif  terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.
Upaya  peningkatan  mutu  pendidikan  di  SD  dapat  dilaksanakan  melalui  berbagai  cara.  Salah  satu  di antaranya melalui lomba penemuan pembelajaran (Inobel) bagi guru SD. Pelaksanaan lomba tersebut  merupakan ajang  kompetisi  inovasi  pembelajaran bagi  guru  SD,  baik dalam hal pendekatan,  model,  metode,  strategi,  dan media  pembelajaran utk   memecahkan  masalah  pembelajaran.  Suatu  inovasi  yg  dapat  membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan sanggup meningkatkan mutu  proses dan hasil berguru penerima didik. Melalui  lomba  ini, karya-karya  inovasi  pembelajaran  yg  terpilih  sanggup dimanfaatkan menjadi  rujukan bagi guru SD dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD (SD) Tahun 2017   ini diharapkan  dapat  menjadi  acuan  bagi  panitia  penyelenggara,  tim  penilai/juri,  satuan pendidikan, dinas  pendidikan kabupaten/kota, dinas  pendidikan provinsi,  dan  Direktorat  Pembinaan  Guru Pendidikan  Dasar,  Direktorat  Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  (GTK),  Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan (Kemdikbud)  dalam  pelaksanaan  lomba  inovasi  pembelajaran    bagi  guru  SD secara  efektif  dan efisien.

Ruang Lingkup lomba sesuai Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD (SD) Tahun 2017
Ruang  lingkup  acara Lomba Inovasi  Pembelajaran bagi  Guru SD Tingkat Nasional Tahun  2017 berisi  tentang  pengalaman  pembelajaran  terbaik  guru  SD  yg  merupakan  hasil  inovasi/hal-hal baru/pembaharuan  dalam  model,  pendekatan,  strategi,  metode,    dan  media  pembelajaran  utk meningkatkan mutu  proses  pembelajaran  dan hasil berguru peserta  didik. Hasil  inovasi  dituangkan  dalam bentuk naskah yg dikirim dalam jaringan (daring) melalui laman http://www.kesharlindungdikdas.id.   Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SD Tahun 2017 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu:
1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, memakai aba-aba MIPA.
2. Ilmu Pengetahuan Sosial, PPKn, dan Bahasa Indonesia, memakai aba-aba IPSPB.

3. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan Muatan Lokal, memakai aba-aba SORAM

Pengertian Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SD Tahun 2017
1.  Inovasi
Inovasi  ialah penemuan  hal-hal  yg  baru/pembaharuan,  atau  penemuan  baru  yg  berbeda  dari yg sudah ada atau yg sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat).
2.  Pembelajaran 
Pembelajaran  adalah  proses  interaksi  peserta  didik dgn  pendidik  dan  sumber  belajar  pada  suatu lingkungan belajar.
3.  Inovasi Pembelajaran 
Inovasi  pembelajaran  merupakan  sebuah  upaya  pembaharuan  terhadap  berbagai  komponen  yg diperlukan  dalam  penyampaian  materi  ajaran  dan  mampu  memecahkan  masalah  pembelajaran, serta mempunyai dampak positif dan manfaat berkelanjutan.
4.  Lomba Inovasi Pembelajaran 
Lomba penemuan pembelajaran (Inobel) Guru SD adalah acara bagi guru SD utk berkompetisi pada tingkat nasional dalam  penyusunan  karya  inovatif  yg  mampu  memecahkan  masalah  proses  pembelajaran  utk meningkatkan kualitas proses dan hasil berguru penerima didik.


Persyaratan Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD Tahun 2017
Peserta Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tahun 2017:
a. mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. melampirkan pindaian (scan) surat rekomendasi utk mengikuti perlombaan dari atasan eksklusif dan tembusan disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
c. mempunyai kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) dgn melampirkan pindaian fotokopi ijazah yg dilegalisasi oleh atasan;
d. mengisi biodata secara daring (online);
e. melampirkan pindaian surat keterangan sehat dari dokter;
f. melampirkan pindaian surat pernyataan keaslian karya dan karya tersebut tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional dan internasional yg diselenggarakan oleh Kemendikbud dan Instansi lain pada tahun 2017; (lihat Lampiran 3)
g. melampirkan pindaian belum pernah menjadi Juara I, Juara II, dan Juara III pada perlombaan tingkat nasional yg diselenggarakan oleh Kemendikbud dan Instansi lain tahun 2014 hingga dgn tahun 2016; (lihat Lampiran 3)
h. melampirkan pindaian surat pernyataan bahwa karya penemuan pembelajaran tersebut telah didiseminasikan pada teman sejawat yg diketahui oleh kepala sekolah; (lihat Lampiran 3)
i. melampirkan pindaian surat keterangan tidak sedang kiprah berguru yg didanai Pemerintah; (lihat Lampiran 3)
j. melampirkan pindaian surat keterangan tidak sedang mengajar di luar negeri;(lihat Lampiran 3)
k. melampirkan pindaian surat keterangan tidak sedang menjabat kepala sekolah atau diusulkan sebagai kepala sekolah; (lihat Lampiran 3)

l. melampirkan pindaian surat keterangan tidak sedang diusulkan pada jabatan fungsional tertentu lainnya. (lihat Lampiran 3)

Persyaratan Karya dalam  Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD Tahun 2017
Karya  inovasi  pembelajaran  yg  diikutkan  dalam  Lomba  Karya  Inovasi  Pembelajaran  Guru  SD tingkat Nasional Tahun 2017:
a. Bersifat individual.
b. Asli hasil penemuan dan merupakan karya maksimal tiga tahun terakhir.
c. Naskah belum pernah dimuat dalam publikasi ilmiah.
d. Naskah bukan skripsi, tesis, atau disertasi.
e. Sudah diimplementasikan dalam pembelajaran.
f. Belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
g. Disahkan oleh atasan eksklusif dalam bentuk lembar pengesahan.
h. karya penemuan berupa media/alat peraga pembelajaran, diutamakan memanfaatkan bahan/alat yg gampang didapat, efisien, dan ramah lingkungan
i. Praktis diaplikasikan, didiseminasikan, dan direplikasi.
j. Tidak memuat unsur pornografi, serta tidak bertentangan dgn unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).


Catatan: butir c, d, e, f dibentuk dalam satu surat pernyataan bermeterai Rp. 6.000 yg ditandatangani oleh penerima dan atasan eksklusif (lampiran 3).

Persyaratan Naskah Lomba INOBEL Guru SD Tahun 2017
a. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yg ditentukan dalam Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 maksimal 40 halaman dgn spasi 1,5 dan font Times New Roman, ukuran 12.
b. Karya Inovasi Pembelajaran yg dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk softcopy dalam format Microsoft word 2003 atau 2007 dan pdf, dan diunggah secara daring dgn laman http://kesharlindungdikdas.id.

c. Bagi daerah-daerah yg kesulitan kanal internet diperbolehkan utk mengirimkan naskah dan persyaratan dalam bentuk softcopy, memakai flashdisk, via pos ke alamat: Subdit Kesharlindung Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Gedung D Lt. 15, Kompleks Kemendikbud, Senayan Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta 10270.

Sistematika Penulisan Naskah dalam Lomba INOBEL Guru SD Tahun 2017
Penulisan  naskah  karya  yg  diikutkan  dalam Lomba  Inovasi  PembelajaranBagi Guru  SD Tingkat Nasional Tahun 2017 harus memakai sistematika sebagai berikut.
Sampul Naskah
Halaman Judul
Surat Pernyataan
Lembar Pengesahan
Biodata Peserta
Abstrak (dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar/Foto
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Ide Dasar
B. Landasan Teori
C. Kerangka Berpikir
BAB III  KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
B. Implementasi dalam Pembelajaran
C. Analisis Data Hasil Implementasi dalam Pembelajaran
D. Diseminasi
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran


Selengkapnya silahkan Download Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (INOBEL) SD (SD) Tahun 2017 KLIK DISINI.
loading...

= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/pedoman-lomba-penemuan-pembelajaran.html

0 Response to "Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tahun 2017"

Posting Komentar