Pengertian Aktivitas

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Pengertian Aktivitas

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Pengertian Aktivitas, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Info, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Aktivitas
link : Pengertian Aktivitas

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Pengertian Aktivitas

PENGERTIAN AKTIVITAS
Dalam rangka meningkatkan hasil mencar ilmu penerima didik, perlu sekali diperhatikan tugas keaktifannya guna menunjang pemahaman terhadap pembelajaran terutama pembelajaran PKn. Karena keberhasilan mencar ilmu penerima didik di sekolah sanggup dilihat dari hasil prestasi belajarnya. Dalam rangka mencapai hasil prestasi mencar ilmu penerima didik tidak terlepas dari tugas guru selaku pendidik. Di sini pendidik harus sanggup memotivasi dan membuat situasi yg baik sehingga penerima didik berminat utk aktif dalam belajar. Banyak cara yg sanggup dilakukan pendidik diantaranya dgn menunjukkan penguatan berupa angka pada hasil pembelajarannya, memberi hadiah, menunjukkan puji dan lain sebagainya mirip yg dikemukakan oleh Sadiman A.M (1988).

Untuk melihat acara mencar ilmu sanggup dilihat dari beberapa sudut pandang diantaranya dari sudut pandang ilmu jiwa usang dan modern.  Menurut John Locke  dgn konsepnya Tabularasa, mengibaratkan bahwa insan itu mirip kertas putih yg tidak ada coretan sama sekali. Makara mau dijadikan apa kertas putih itu (peserta didik) tergantung dari tugas orang renta yg mendampinginya. Dan jika di sekolah tidak lepas dari tugas guru sebagai pendidik. 

Kalau berdasarkan pendapat Herbert bahwa jiwa yakni keseluruhan balasan yg secara mekanis dikuasai oleh hukum-hukum asosiasi. Makara hal ini pendidik yg aktif yakni memberikan tanggapan-tanggapan sedangkan penerima didik pasif hanya berdasarkan alur dari aturan asosiasi tadi. Makara penerima didik kurang mempunyai aktifitas dan kreativitas. Kalau dipadukan antara pendapat John Locke dan Herbert, bahwa dalam proses mencar ilmu mengajar pendidiklah yg lebih memegang peranan aktif sementara penerima didik sendiri pasif.

Selanjutnya jika berdasarkan ilmu jiwa modern menerjemahkan bahwa jiwa insan itu sebagai sesuatu yg dinamis, mempunyai potensi dan energi sendiri secara alami. Peserta didik juga sanggup aktif alasannya yakni adanya dorongan dari banyak sekali macam kebutuhan. Peserta didik dipandang sebagai organisme yg mempunyai potensi utk berkembang. Makara dalam hal ini guru hanya menunjukkan contoh sementara penerima didik yg didominasi utk aktif. Dan yg penting bagi pendidik yakni menyediakan kondisi yg kondusif.  

Jadi dalam rangka keberhasilan penerima didik dalam mencar ilmu memang sangat penting sekali dilihat acara penerima didik. Aktivitas artinya “ kegiatan / keaktifan” jadi segala sesuatu yg dilakukan atau kegiatan-kegiatan yg terjadi baik fisik maupun nonfisik (Mulyono, Anton, 2001: 26). Dalam KKBI (2008:31), acara yakni keaktifan atau kegiatan. Sedangkan acara mencar ilmu meliputi acara mental, intelektual, emosional, sosial, dan motorik dalam (Sudjana, 1991:5).

Menurut Rusman (2011:324), pembelajaran aktif merupakan pendekatan yg lebih banyak melibatkan acara siswa dalam mengakses banyak sekali isu dan pengetahuan utk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga mereka mendapat banyak sekali pengalaman yg sanggup meningkatkan pemahaman dan kompetensinya.

Menurut Uno dan Mohamad (2012: 75-76), 10 ciri pembelajaran aktif yakni sebagai berikut.

a. Pembelajaran berpusat pada siswa,

b. Pembelajaran terkait dgn kehidupan nyata,

c. Mendoronga anak utk berpikir kritis,

d. Melayani gaya mencar ilmu siswa yg berbeda-beda,

e. Mendorong siswa utk berinteraksi multiatah,
f. Menggunakan lingkungan sebagai media atau sumber belajar,
g. Pembelajaran berpusat pada siswa,
h. Penataan lingkungan mencar ilmu sehingga siswa gampang belajar,
i. Guru memantau proses mencar ilmu siswa, dan
j. Guru menunjukkan umpan balik terhadap hasil kerja siswa.

Menurut KBBI (Sugondo, 2008:31), dinyatakan bahwa acara yakni keaktifan; kegiatan; kerja atau salah satu kegiatan kerja yg dilakukan di tiap bab di dalam perusahaan.

Definisi dari beberapa pakar di atas sanggup penulis simpulkan bahwa acara yakni suatu kegiatan yg menygkut fisik dan nonfisik dgn memakai potensi dirinya dalam membuatkan banyak sekali pengetahuan dan keterampilannya utk mencapai suatu tujuan.


loading...

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Pengertian Aktivitas

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Pengertian Aktivitas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Aktivitas dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/pengertian-aktivitas.html

0 Response to "Pengertian Aktivitas"

Posting Komentar