Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Info, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri
link : Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri


PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA “BERWAWASAN LINGKUNGAN’ SMP / Sekolah Menengan Atas NEGERI ---------------- 


BAB I PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang

Kerusakan lingkungan cenderung meningkat akhir bertambahnya penduduk dan upaya-upaya pemanfaatan sumber daya alam tanpa disertai upaya pelestarian fungsi lingkungan.Akhirnya terjadi ketidakseimbangan alam.pertumbuhan penduduk dan pengambilan sumber daya alam yg jauh melampaui daya dukungnya merupakan salah satu penyebabnya.Isu-isu tersebut bermetamorfosis permasalahan lingkungan yg serius.pencemaran udara, sampah, kelangkaan air bersih, kerusakan lahan dan hutan, longsor, banjir dan kekeringan, merupakan duduk masalah yg sudah menjadi cuilan dari kehidupan masyarakat remaja ini.
Upaya meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya dari segi kompetensi pendidik yg terus diperhatikan, melainkan juga kualitas kondisi sekolah menjadi faktor pendukung utama peningkatan tersebut, sehingga terwujud lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran yg sehat, nyaman serta membentuk siswa yg kreatif.
Adiwiyata, merupakan acara pembentukan sikap akseptor didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yg tercermin dalam kehidupan sehari-hari disekolah.Hal ini diwujudkan dalam sikap dan sikap sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau lingkungan tempat tinggalnya. Termasuk di dalamnya acara Kurikulum Berbasis Lingkungan, artinya kurikulum yg memperhatikan aspek-aspek lingkungan serta mengintegrasikan materi lingkungan ke dalam pembelajarannya yg sesuai dgn topik bahasannya.

Sekolah Menengah Pertama Negeri ---------------- mempunyai lokasi dgn lahan yg cukup luas yg merupakan modal utama dalam memperlihatkan peluang pada siswa dan guru, utk memanfaatkannya sebagai media berguru berbasis lingkungan.Berlatarbelakang hal diatas maka SMP Negeri ---------------- bertekad utk membenahi tatanan lingkungan sekolah melalui acara sekolah Adiwiyata.


1.2.            Tujuan Program Adiwiyata
Menciptakan kondisi yg baik bagi sekolah utk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan.

1.3.            Prinsip-prinsip Dasar
PartisipatifKomunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yg mencakup keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan & penilaian sesuai tanggung jawab dan peran. Berkelanjutan Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana & terus menerus secara komprehensif

1.4.            Manfaat Program Adiwiyata
1.      Merubah sikap warga sekolah utk melalukan budaya pelestarian lingkungan.
2.      Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
3.      Meningkatkan penghematan melaui pengurangfan sumber daya dan energi.
4.      Meningkatkan kondisi berguru mengajar yg lebih nyaman dan aman bagi semua warga sekolah.
5.      Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
6.      Dapat menghindari banyak sekali resiko dampak lingkungan di wilayah sekolah.
7.      Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda perihal pemeliharaan dan pengelola lingkungan hidup yg baik, dan benar.


BAB II
LANDASAN TEORI
                                                                                    

2.1.            Pengertian Sekolah Adiwiyata

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka penerapan Kesepakatan  Bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dgn Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 03/MENLH/02/2010 dan Nomor :01/II/KB/2010.
ADI : besar, baik, agung, ideal, sempurna.WIYATA : tempat dimana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma & sopan santun dalam berkehidupan sosial.ADIWIYATA: tempat yg baik & ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan & banyak sekali norma serta sopan santun yg sanggup menjadi dasar insan menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

2.2.Dasar Pelaksanaan
Kegiatan acara Adiwiyata ini penting di tindak lanjuti, dibahas secara spesifik dan dilaksanakan dgn baik dan benar alasannya yaitu acara mempunyai landasan aturan yg terperinci dan benar. Adapun dasar pelaksanaannya, sebagai berikut :
1)      Surat Keputusan Bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dgn Menteri Pendidikan Nasional No.KEP.07/MENLH/06/2005 dan No.05/VI/KB/2005 diperbarui 1 Februari 2010 perihal Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup.
2)      Surat Dep. Menteri Negara Lingkungan Hidup bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat tanggal 30 Oktober 2009 Nomor B-8126/Dep.VI/LH/10/2009 perihal Program Adiwiyata tahun 2010.

2.3.            Indikator dan Kriteria Sekolah Adiwiyata
Untuk mewujudkan acara Adiwiyata ditetapkan indikator dan kriteria yaitu;
1.      Pengembangan Kebijakan Sekolah yg Berwawasan Lingkungan
a.       Visi dan Misi sekolah yg peduli dan berbudaya lingkungan,
b.      Kebijakan sekolah dalam membuatkan pembelajaran pendidikan lingkumgan hidup,
c.       Kebijakan peningkatan peningkatan kavasitas SDM (tenaga pendidik dan non pendidikan) dibidang lingkungan,
d.      Kebijakan sekolah dalm upaya penghematan SDA dan energi,
e.       Kebijakan sekolah yg mendudkung terciptanya Lingkungan Sekolah yg Bersih dan Sehat,
f.       Kebijakan sekolah utk pengalokasikan dan penggunaan dana bagi kegiatan yg terkait dgn duduk masalah lingkungan hidup.
2.      Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan 
Penyampaian materi lingkungan hidup kepada para siswa sanggup dilakukan melalui kurikulum secara terintegritas atau monolitik. Pengembangan materi, model dan metode berguru yg bervariasi, dilakukan utk memperlihatkan pemahaman kepada siswa perihal arti pentingnya lingkungan hidup yg dikaitkan dgn persoallan lingkungan sehari-hari, hal ini sanggup dicapai dgn melakukan:
a.       Pengembangan Model pembelajran lintas mata ajaran,
b.      Penggalian dan pengembangan materi dan persoallan lingkungan hidup yg ada di masyarakat sekitar,
c.       Pengembangan metode berguru berbasis lingkungan,
d.      Pengembangan kegiatan Kurikuler utk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa perihal lingkungan hidup.
3.      Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Melibatkan warga sekolah dalam banyak sekali acara pembelajaran lingkungan hidup dan melibatkan masyarakat di sekitarnya dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan yg memperlihatkan manfaat bagi warga sekolah, masyarakat maupun lingkunganya dgn kegiatan berbasis partisipatif:
a.       Menciptakan kegiatan ekstrakulikuler / kurikuler dibidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah,
b.      Mengikuti kegiatan agresi Lingkungan Hidup yg dilakukan oleh pihak luar,
c.       Membangun kegiatan kemitraan (pemerintah, swasta & LSM) dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup,
4.      Pengembangan dan Pengelolaan sarana pendukung sekolah yg ramah lingkungan
a.       Pengembangan fungsi kualitas sarana pendukung sekolah yg ada utk pendidikan lingkungan hidup,
b.      Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan didalam dan diluar daerah sekolah, termasuk fasilitas sanitasi, kantin sekolah,
c.       Peningkatan upaya penghematan Energi, Air, Alat tulis dan lain-lain,
d.      Pengembangan sistem pengelolaan sampah,
e.       Pengembangan apotik hidup, taman sekolah, dan lain-lain.

2.4.            Mekanisme Seleksi Adiwiyata


2.5.       Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah :
“TERWUJUDNYA INSAN YANG  BERPRPRESTASIBERBUDAYA LINGKUNGAN,   BERAKHLAK  MULIA  DENGAN BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA
Misinya yaitu :
a.       Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sesuai dgn karakteristik tiap mata ajaran. 
b.     Menciptakan lingkungan sekolah yg ramah,rapi, higienis dan nyaman
c.     Menumbuhkan semangat keunggulan budaya prestasi
d.     Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui pembelajaran pembiasaan
e.     Mendodrong dan membantu siswa dalam memahami dan mendalami potensi biar sanggup dikembangkan sesuai dgn bakat, minat dan kemampuan seara optimal.
f.     Menumbuhkembangkan semangat keunggulan, kebersmaan dan kepekaan sosial dan membuatkan budaya mutu secara insentif kepada segenap warga sekolah.
g.      Mendorong, membantu dan memfasilitasi terbentuknya insan yg berbudi pekerti luhur dan berkepribadian besar lengan berkuasa yg didasari oleh penghayatan terhadap agama yg dianut.

BAB III
PEMBAHASAN

3.1.  Analisis Situasi
Kecamatan --------------- merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten-------- yg merupakan area industri menengah dan besar. Lokasi wilayah  strategis, berbatasan eksklusif dgn ----------, dan --------- serta mempunyai kanal yg relatif mudah.  Konsekuensi dari kondisi ini yaitu kepadatan penduduk yg tinggi, konversi lahan pertanian/lahan budidaya ke perumahan atau industri,  perubahan iklim mikro, serta semakin terbatasnya area terbuka hijau.
Kecamatan --------------- mempunyai  34 sekolah menengah pertama negeri dan swasta. SMP Negeri ---------------- merupakan koordinator rayon bagi  sekolah menengah pertama rayon -------- dan merupakan sekolah negeri tertua di Kecamatan --------, Kabupaten ---------------. Sekolah ini mempunyai luas wilayah sekitar 8645m2 dan merupakan SMPN 1  ---------------- termasuk sekolah yg telah memenuhi persyaratan  luas sebagai sekolah standar nasional (SSN).  Dari luasan area sekolah yg ada, hampir dua pertiga dari luasan sekolah telah dipakai sebagai bangunan fisik berupa bangunan ruang kelas,kantor, lapangan olah raga, tempat parkir, perpustakaan, laboratorium, masjid, kantin, toilet, dan gedung pendukung lainnya.  Kondisi ini merupakan akhir dari jumlah siswa per tahun rata-rata mencapai kurang dari 1200 siswa yg terdiri dari 10 robongan berguru kelas 7, 10 rombongan belajar  kelas 8, dan 10 rombongan berguru kelas 9. Jumlah guru keseluruhan 53 orang dan  jumlah pegawai sebanyak 17 orang.
            Adiwiyata merupakan tempat yg baik dan ideal dimana sanggup diperoleh segala ilmu pengetahuan dan banyak sekali norma serta sopan santun yg sanggup menjadi dasar insan menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada citacita pembangunan berkelanjutan. Tujuan acara Adiwiyata yaitu mewujudkan warga sekolah yg bertanggung jawab dalam upaya tunjangan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yg baik utk mendukung pembangunan berkelanjutan
Mulai tahun 2015 SMP Negeri ----------------  telah mencanangkan utk mencapai Sekolah Adiwiyata atau Eco-friendly School.  Target pencapaiannya sekitar 3 tahun.Upaya yg sungguh dan komitmen yg besar lengan berkuasa telah dilakukan oleh Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab. Bentuk konkret dari komitmen ini diantaranya dibentuknya struktur organisasi yg bertanggungjawab  terhadap kegiatan serta banyak sekali kebijakan berupa mengintegrasikan dalam kurikulum mata anutan yg berkaitan dgn lingkungan, contohnya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) maupun Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 
Program Adiwiyata terancang menurut hasil akad rapatbersama  padabulan April 2015 Rapat tersebut melibatkan Kepala Sekolah , Komite, dan seluruh dewan guru. Dimana langkah  awal yg direncanakan dari hasil rapat tersebut :
1)        Pembentukan Tim Adiwiyata Sekolah
2)        Kajian lingkungan SMP Negeri ----------------
3)        Menyusun  rencana aksi kegiatan lingkungan
4)        Monitoring dan evalusai (Monev)

3.2.Struktur Organisasi Tim Adiwiyata

Penanggung Jawab                                              : Kepala SMP Negeri ----------------
                            
Tim Inti
Ketua                                                                   : ………………
Wakil Ketua                                                         : ………………………….
Sekretaris                                                             : ………………………..

Tim Teknis
Kelompok Kerja Bidang Kebijakan                     : …………………………
Kelompok Kerja Bidang Kurikulum                    : 1. …………………………
                                                                                2. ………………………… 
Kelompok Kerja Bidang Kegiatan                      : 1. …………………………
dan Partisipatis                                                       2. …………………………
Kelompok Kerja Bidang Sarana                          : Tata Usaha
dan Prasarana

Koordinator                                                                               
1.      Administrasi Program dan dokumentasi              : 1. …………………………
2. …………………………
2.      Sarana umum                                                       : 1. …………………………
2. …………………………
3. …………………………
3.      Tanaman Obat Keluarga (TOGA)                       : 1. ………………………….
dan Hutan                                                               2. …………………………
3. …………………………
4. ………………………….
5. …………………………
4.      Taman Sekolah, Kolam dan Penghijauan            : 1. …………………………
2. ………………………….
3. …………………………
5.      Kebersihan, kerapihan danpenghijauan               : ………………………….
Kelas VII
6.      Kebersihan, kerapihan dan penghijauan              : …………………………
Kelas VIII
7.      Kebersihan, kerapihan dan penghijauan              : …………………………
Kelas IX
8.      Kebersihan, kerapihan ruang Auladan                 : 1. …………………………
R Penunjang                                                           2. …………………………
                                                                                3. …………………………
9.      Kebersihan dan kerapihan lingkungan                 : 1. …………………………
sekolah                                                                    2. …………………………
3. …………………………
                                                                           4. …………………………
10.  Kebersihan dan kerapihan WC                            : 1. …………………………
Guru dan siswa                                                       2. …………………………              3. …………………………                                                 4. …………………………
11.  Kebersihan dan kerapihan ruang guru,                : 1. ………………………….
BP, UKS                                                                2. …………………………
3. …………………………
12.  Kebersihan dan kerapihan Kantin                        : 1. …………………………
Kooperasi                                                               2. ………………………….
                                                                                3. ………………………….
                                                                                4. …………………………
13.  Kebersihan dan kerapihan mushola                     : 1. …………………………
2. …………………………
                                                              3. ………………………….
                                                              4. …………………………
14.  Kebersihan dan kerapihan ruang                          : 1. ………………………….
Perpustakaan                                                           2. …………………………
15.  Kebersihan dan kerapihan Lab Komputer,
Laboratorium IPA, Lab Kesenian                        : 1. …………………………
                                                                                       2. …………………………
                                                                                3. ………………………….
                                                                                4. ………………………….
                                                                                6. ………………………….
16.  Pengadaan himbauan dan slogan                         : 1. …………………………
sekolah                                                                    2. …………………………
                                                                                       3. …………………………
17.  Pembuatan Kompos                                             :  ………………………….
18.  3 R                                                                       : 1. …………………………
2. …………………………
3. Pembina Ektrakurikuler

3.3.Uraian Tugas
1.  Komite Sekolah
a.       Bersama Kepala Sekolah dan TIM Sekolah Berbudaya Lingkungan memonitor dan mengevaluasi persiapan Sekolah Berbudaya Lingkungan.
b.      Mengkomunikasikan hasil rapat dan Progfram Sekolah Berbudaya Lingkungan.
c.       Memberikan edaran, himbauan atau bentuk lain kepada stakehorlders.
d.      Mengesahkan pertanggungjawaban keuangan dari Panitia Sekolah Berbudaya Lingkungan.
2.  Penanggung Jawab
a.       Mengarahkan kegiatan.
b.      Melakukan Pengawasan.
c.       Melakukan Evaluasi.
d.      Membuat Kebijakan.
e.       Mengkondisikan dan atau memfasilitasi rapat-rapat.
f.       Memfasilitasi hubungan dgn masyarakat dann atau pihak terkait.
g.      Memfasilitasi penyusunan Program Kurikulum yg berkaitan dgn Sekolah Berbudaya Lingkungan.
3.  Ketua
a.       Membuat Program Kerja.
b.      Mengkoordinasikan kepada semua aparat.
c.       Menetapkan dan mengambil keputusan menurut hasil musyawarah mufakat.
d.      Mengevaluasi kegiatan abdnegara kepengurusan.
e.       Mengkondisikan sarana prasarana.
f.       Memberikan instruksi da pola Pendidikan Lingkungan Hidup kepada seluruh warga sekolah.
g.      Mengkondisikan pelaksanaan kegiatan oleh guru, staf tata usaha, dan akseptor didik.
4.  Sekretaris
a.       Memberikan saran dan masukan dalam mengambil keputusan.
b.      Mempersiapkan dan mendestribusikan serta menyimpan arsip surat yg berafiliasi dgn kegiatan.
c.       Bertanggung jawab atas tertib administrasi.
5.  Koordinator Bidang
a.       Mengoptimalkan Lomba K3 antar kelas.
b.      Mensosialisasikan program/kurikulm sekolah berbudaya lingkungan kepada guru, staf tata perjuangan dan akseptor didik.
c.       Mengidentifikasi masalah.
d.      Mengidentifikasi segala kebutuhan baik fisik dan non fisik.
e.       Menyediakan sarana dan prasarana serta bekerja sama dgn wali kelas.
f.       Melengkapi sarana dan prasarana serta bekerja sama dgn wali kelas.
g.      Memperbaiki akomodasi yg ada dan bekerja sama dgn wali kelas.
h.      Menggerakkan abdnegara sekolah.
i.        Mengoptimalkan pemberdayaan lingkungan.
6.  Guru dan Wali Kelas
a.       Mengurangi konsumsi listrik di ruang kelas dan laboratorium.
b.      Memanfaatkan kertas tidak layak pakai dan kertas bekas.
c.       Memelihara kebersihan dan mengatur tata ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, dan ruang penunjang lainnya.
d.      Memberikan Pendidikan Lingkungan Hidup.
e.       Turut mensukseskan dan melaksanakan Lomba K3.
7.  Tata Usaha dan atau Pegawai
a.       Mengurangi konsumsi air dan listrik.
b.      Memanfaatkan kertas tidak layak pakai dan kertas bekas.
c.       Memelihara kebersihan dan mengatur ruang Tata Usaha, ruang Kepala Sekolah, ruang Guru, toilet, kebun sekolah, halaman dan ruang penunjang lainnya.
8.  Pengurus Kelas
a.       Membantu menyediakan akomodasi kelas.
b.      Mendukung acara penataan kelas.
c.       Berperan aktif dalam pemberdayaan kelas.
9.  Peserta Didik
a.       Mengurangi konsumsi air dan listrik.
b.      Turut bertanggung jawab terhadap K3.
c.       Turut berpartisipasi dalam lomba K3.
d.      Melaksanakan acara pemisahan sampah organik dan anorganik.
e.       Turut bertanggung jawab memelihara K3
f.       Melaksanakan piket keliling (khusus anggota K3

3.4.Kajian Lingkungan
Berdasarkan kajian pengamatan lingkungan di SMP Negeri ---------------- masih banyaknya permasalahan dilingkungan sekolah yg wajib ditangani,masalah-masalah tersebut diantaranya;
1)        Kondisi kantin yg kurang tertata dgn baik, dimana letaknya masih berpencar yg salah satu dampaknya mengakibatkan sulitnya pengelolaan sampah jajanan kantin
2)        Toliet yg rusak dan tidak terjaga kebersihannya
Toilet yg kurang terjaga kebersihannya dan berdampak pada kerusakan sehingg tidak layak utk digunakan.
3)        Kurangnya sistem pengelolaan sampah
4)        Kurangnya tanaman/pohon dan penataan nya
3.5.            Rencana Kegiatan Program Adiwiyata
Dari permasalahan kondisi tersebut, menetapkan  rencana kegiatan program Adiwiyata  (Terlampir).
3.6.            Rencana Aksi Umum
Adapun planning aksi yg sedang dan akan dilaksanakan menurut kebijakan yg telah disepakati melalui acara Adiwiyata terhadap pengembangan pendidikan lingkungan hidup, yaitu :

A.    Sosialisasi
Sosialisasi kepada semua warga sekolah utk ikut aktif menjaga pelestarian lingkungan hidup

B.     Melaksanakan program, pengembang dan peningkatan di Bidang Lingkungan Hidup
Mengikutsertakan warga sekolah ataupun perwakilan utk acara pelatihan, workshop, seminar, dan lokakarya yg berkaitan dgn lingkungan, sertya kunjungan study banding ke beberapa sekolah Adiwiyata.

C.       Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan
1.      Melaksanakan pengembangan materi PLH yg diintegrasi dalam beberapa mata anutan yg mencakup mata anutan IPA, IPS, Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Prakarya.

2.      Menggabungkan dua atau lebih gosip lingkungan dalam mata anutan yg bersifat lintas anutan menyerupai pembahasan ekosistem (IPA) , pelestarian lingkungan hidup (IPA) dan pembuatan karya tulis dan slogan (Bahasa Indonesia dan Bahasa Ingris) akan lingkungan, dibahas juga perihal kesadaran aturan (PKn) dan kewajiban seorang muslim utk menjaga kebersihan (Agama)

D.       Pengembangan kegiatan/pendidikan berbasis partisipatif
1.      Pembentukan Tim pencinta dan pelestari lingkungan yg diseleksi dari seluruh siswa, yaitu SPLING (Sobat Pencinta Lingkungan)
2.      Melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler yg berbasis partisivasif dan mendukung pengembangan pendidikan lingkungan hidup yg slah satunya yaitu Pramuka dan Kelompok Karya Ilmiah (KIR)
3.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran / agresi lingkungan yg bersifat wajib bagi seluruh siswa pada masa sekolah atau liburan sekolah.
4.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran / agresi lingkungan dgn melibatkan wrga sekitar dgn melibatkan masyarakat sekitar lingkungan sekolah
5.      Mengikuti kegiatan agresi lingkungan yg dilakukan opleh pihak luar sekolah menyerupai partisivasi dalam acara pekan lingkungan yg diadakan oleh Pemerintah Daerah.
6.      Melaksanakan kegiatan kemitraan dgn intitusi terkait dan LSM dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup yg diprogramkan menjalin kerjasama, dgn:
                                          i.                Sekolah Adiwiyata percontoan, biar sanggup memperlihatkan pembinaan
                                        ii.                Dinas Kebersihan dan Pertamanan, pengadaan alat pendukung kebersihan, menyerupai tong sampah,dan gerobak sampah
                                      iii.                Dinas perhutanan dan pertanian utk pengadaan benih
                                      iv.                Beberapa Perusahaan sekitar sekolah yg peduli akan lingkungan, utk sponsor gerakan lingkungan yg diadakan, dgn beberapa sasaran perusahhan diantaranya : PT.HOLCIM, PT.PPLI , PT. Federal, dan lain-lain
                                        v.                Taman Buah Mekarsari, utk pengadaan bibit tanaman

E.       Gerakan Jumat Bersih
Yaitu kegiatan kerja bakti ringan di sekitar sekolah utk menjaga kebersihan yg dilaksanakan setiap hari Jumat, diikuti oleh semua warga sekolah mulai dari guru, siswa, penjaga sekolah dan kepala sekolah selama kurang lebih 60 menit.
 Tujuan Kegiatan:
a.        Menciptakan kebersamaan dalam upaya kepedulian terhadap lingkungan.
b.        Pendidikan penyesuaian biar siswa selalu peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.
c.        Agar selalu menjaga kondisi lingkungan sekolah tetap higienis dan indah, bebas dari sumber penyakit.
Pelaksanaan:
a.        Setiap hari Jumat sebelum masuk kurang lebih 20 menit
b.       Melibatkan seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya.
c.        Sasarannya, ruang kelas, halaman didepan kelas, taman sekolah, beling jendela, pembuangan air limbah dan halaman depan sekolah.

F.        Kegiatan Lomba Kebersihan Kelas
Kegiatan lomba kebersihan kelas ini dilaksanakan penilaiannya setiap hari oleh Tim Adiwiyata baik guru maupun siswa, hasil penilaian dalam setiap 2 ahad di umumkan dalam upacara bendera pada hari senin, kepada pemenang kebersihan diberikan apresiasi dgn memposisiskan bendera kelas pada tiang-tiang bendera
Tujuan Kegiatanlomba kebersihan kelas ini utk memperlihatkan motivasi kepada para siswa biar tetap selalu menjaga kebersihan kelasnya masing-masing.Dan penyesuaian biar siswa tetap bahagia dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

G.      Penataan Taman Sekolah
Kegiatan ini yaitu kegiatan menata kembali taman sekolah dgn maksud biar taman selalu tumbuh dgn baik dan terpelihara, kegiatan ini diantaranya sebagai berikut:
a.       Menambah tumbuhan penghijauan baik yg di depan kelas maupun yg ada dibelakang kelas.
b.      Memberi pupuk dan menata kembali tumbuhan di taman sekolah
c.       Membersihkan taman dari sampah dan rumput liar yg mengganggu
d.      Memberikan nama atau label pada tumbuhan yg ada di sekolah.

H.        Melengkapi sarana perawatan lingkungan sekolah
Alat kebersihan dan tempat penampungan sampah/tomg sampah yaitu sarana utama dalam acara perbaikan kondisi lingkungan sekolah. Dengan penambahan sarana melalui pengajuan pengadaan sarana pendukung  ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan sanggup membantu terwujudnya lingkungan sekolah yg higienis dan nyaman.

I.          Memelihara dan Menanam Pohon
Kegiatan ini bertujuan biar anak mempunyai sikap rasa sayg terhadap tanaman, memahami pentingnya keberadaan tumbuhan utk kehidupan manusia, membantu biar Indonesia tetap hijau.
Kegaiatan penanaman pohon ini dilakukan selain di sekolah dilakukan juga di rumahnya masing-masing bagi yg mempunyai lahan, atau bisa juga menggunakan vas bunga, atau ikut menanam di tempat orang lain saudaranya yg telah mengijinkan, paling sedikit satu anak satu pohon. Guru memberi kiprah dan siswa melaporkan pertumbuhan pohon yg ditanamnya setiap seminggu sekali atau sebulan sekali, dan dilaporkan dalam bentuk dokumentasi.


J.         Membuat Apotek Hidup (TOGA) dan Green House
Kegiatan ini bertujuan biar siswa mengetahui jenis tumbuhan obat-obatan, tahu manfaat dari tumbuhan obat-obatan, dan sanggup menanam tumbuhan obat-obatan sendiri.Dalam kegiatan ini sekolah menyiapkan area utk ditanami oleh tumbuhan obat-obatan dgn menggunakan lahan yg ada di sekolah.ataupun vas bunga, begitu pula pada green house.
Pembangunan Green House menunjang pengetahuan dan agresi siswa serta warga sekola dalam kegiatan pembibitan dimana kondisi lingkungan yg sudah diatur sedemikan rupa didalam green house.

K.      Memamfaatkan Bahan Bekas/Daur Ulang
Kegiatan ini bertujuan utk mengurangi keberadaan sampah, baik di sekolah maupun di rumah atau dilingkungan sekitar, dimana anak bisa kreatif dalam dirinya utk berusaha memamfaatkan barang bekas sanggup mempunyai kegunaan kembali dgn tetap selalu menjaga kebersihannya.Dimana bentuk contonya yaitu dgn guru mengajak siswa menciptakan keterampilan dari barang-barang bekas, menciptakan alat-alat dari barang bekas dan sebagainya.Hasilnya digunakan/ dimamfaatkan oleh anak atau menjadi hiasandi kelas masing-masing.

L.       Bank Sampah
Yaitu kegiatan sekolah mengumpulkan sampah melalui siswa secara sedikit demi sedikit dan dicatat oleh koordinator 3R, di masing-masing kelas dgn jumnlah tertentu melalui penimbangan sampah hingga dgn jumlah yg cukup utk dijual kepada pengumpul.Dalam kegiatan ini guru memotivasi dan menilai hasil kerjasama siswa.Dana hasil penjualan dilaporkan dan dimamfaatkan utk kegiatan peduli lingkungan.

M.          Membuat Lubang Resapan Biopori  (LRB)
Pembuatan lubang biopori dilakukan oleh sekolah bantu-membantu dgn
siswa, dgn lokasi yg telah ditentukan sesuai ketentuan syarat lubang biopori menyerupai pada taman sekolah. Fungsi biopori selain utk perembesan air juga membantu dalam pembusukan sampah organik yg sanggup dimanfaatkan kembali sebagai pupuk.

N.    Membangun Lubang/Sumur Serapan Air
Di beberapa titik ruang terbuka hijau sekolah dibuat serapan air sehingga air limbah sekolah sebagaian akan diserap melaluilubang serapan tersebut. Dan dibuat juga serapan di bawah taman sekolah sehingga air limbah sebagaian  masuk ke serapan yg telah dibuat oleh sekolah. Besar lubang serapan standar sesuai dgn ketentuan.

O.           Relokasi Kantin Sekolah
Kantin yaitu cuilan yg terpenting dalam lingkungan sekolah, yg mana beradaannya atau tata letaknya sangat memilih nilai kantin yg sehat dan bersih.Beberapa kantin yg masih terpisah-pisah mengakibatkan jumlah sampah menyeabar tanpa terkontrol.Kantin sekolah direlokasikan dgn bentuk terpusat pada satu lingkungan yaitu cuilan belakang sekolah. Selain tata letak, kondisi kantin akan dirapihkan biar lebih higienis dan sehat, dgn pengadaan tempat sampah yg mencuckupi dan himbauan  tata tertib kebersihan kantin utk seluruh warga sekolah.

P.            Penataan Toilet
Kondisi beberapa  toilet siswa  masih dalam status tidak layak pakai. Berdasarkan hal tersebut maka toilet siswa dgn kondisi kurang baik akan di renovasi dan diperbaiki penataanya biar sanggup dipakai dgn nyaman bagi seluruh siswa, begitupula dgn toilet guru yg sudah mulai ditata ulang.

Q.           Membuat Penunjang Pembiasaan
Dalam kegiatan ini sekolah akan menciptakan perangkat pendidikan dalam rangka meningkatkan kesadaran kepada siswa, diantaranya mengadakan kegiatan tembok grafitty sekolah yg bertemakan peduli lingkungan, salam penyemangatmenuju Go Greendan moto-moto yg berkaitan dgn lingkungan.

R.           Mengeluarkan Kebijakan Penghematan Sumber Energi
Hemat terhadap energi, salah satunya energi listrik bertujuan biar seluruh warga sekolah memamhami bahwa energi listrik yaitu cuilan terpenting dari masa depan bumi. Save energy artinya mendukung penghematan sumber daya alam. Diawali dgn kebijakan yg dikeluarkan oleh sekolah akan memberi penyesuaian pada warga sekolah terhadap save energy yg sanggup diterapkan pula di rumah

S.             Melengkapi Tempat Cuci Tangan
Dalam rangka meningkatkan penyesuaian sikap hidup higienis salah satunya yaitu membiasakan anak utk mencuci tangan menggunakan sabun pada dikala mau makan, setelah makan, baik mau bekerja maupun setelah bekerja.Diharapan sikap basuh tangan ini menjadi cuilan yg otomatis, refleks utk menjaga kesehatan dirinya. Guru bisa memperlihatkan conto cara mencuci tangan dgn baik.

T.            Pembiasaan Buang Sampah
Yaitu kegiatan ini diawali oleh sekolah biar menambah kolam sampah dan memperbaiki kolam sampah yg sudah ada, dimana tujuannya yaitu biar anak terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan bisa memisahkan mana sampah organik dan mana sampah yg anorganik.Sehingga kebiasaan ini menjadi cuilan dari perilakunya.

3.7.       Monev (Monitoring dan Evaluasi)
Program Adiwiyata dilaksanakn oleh SMP Negeri ---------------- dgn prinsip partisipatif komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yg mencakup keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan & penilaian sesuai tanggung jawab dan kiprah serta berkelanjutan, seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana & terus menerus secara komprehensif. Dengan itu dilakukan monitoring dan penilaian terhadap implementasi acara di Sekolah dgn ketentuan menyerupai berikut ini.
1.      Tujuan
Monitoring dan penilaian dimaksudkan utk :
1.      memperoleh informasi perihal perkembangan dan kemajuan acara Adiwiyata (Sekolah Berwawasan Lingkungan) yg dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah;
2.      mendapatkan informasi perihal keefektifan dan kontinuitas acara kerja;
3.      mengidentifikasi duduk masalah yg muncul dalam pelaksanaan acara dan menuntaskan permasalahn tersebut;
4.      menyusun rekomendasi sebagai materi masukan utk perbaikan dan peningkatan program..

2.      Mekanisme
Monitoring dan penilaian acara dilakukan dgn cara sebagai barikut.
1.      Pemantauan internal penyelenggaraan acara dilaksanakan melalui rapat koordinasi dgn instrument: angket. Sampai dikala ini mecapai 30% dari pelaksaan acara yg dilakukan oleh semua bidang koordinasi.
2.      Pemantauan lapangan  melibatkan Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab , komite, dan  tim  inti adiwiyataPemantauan akan terus dilaksanakan dalam waktu  3 bulan/sekali.
3.      Pemantauan eksternal dilakukan oleh eksternal auditor yaitu Badan Lingkungan Hidup (BLH), berupa verifikasi 3 tingkat :tingkat Kabupaten (Tahun Pertama), tingkat Provinsi (Tahun Kedua), dan tingkat Nasional (tahun Ketiga).
4.      Penyelenggaraan rapat koordinasi acara peningkatan kerja adiwiyata  ini melibatkan pihak-pihak yg bersangkutan.

C.     Tindak Lanjut
Hasil monitoring dan penilaian ditindaklanjuti sesuai dgn urgensi dari permasalahn yg muncul.setiap permasalahan diselesaikan sesegera mungkin oleh unit terkait.


BAB IV
PENUTUP


3.1.      Kesimpulan
            Program adiwiyata merupakan acara penting utk di tindak lanjuti, dibahas secara spesifik dan digarap dgn baik dimana seluruh kegiatan dilakukan secara berencana dan terus menerus secara komperensif, biar terciptanya kondisi yg baik bagi sekolah utk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut sanggup turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya evakuasi lingkungan hidup.

3.2.      Saran
            Kepadawarga sekolah semoga sanggup timbul rasa sadar akan kepedulian terhadap lingkungan yg lebih baik dan adanya rasa cinta alam dari setiap individu.




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/01/program-sekolah-adiwiyata-berwawasan.html

0 Response to "Program Sekolah Adiwiyata “Berwawasan Lingkungan’ Smp/Sma Negeri"

Posting Komentar