Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buku, Artikel Buku SMA, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma
link : Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma

Ilmuguru.org - dalam kesempatan kali ini IG (Ilmuguru) ingin memperlihatkan isu mengenai "Buku Panduan Model Pengembangan RPP SMA" yg bisa saya berikan kepada anda.

Sebagaimana yg sudah diamanatkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan dalam Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan kurikulum 2013 yg dikembangkan guna utk mempersiapkan akseptor didik semoga mempunyai kemampuan hidup sebagai pribadi yg berdikari dan juga sebagai warga negara yg beriman, berinovatif, produktif, kreatif dan apektif serta bisa memperlihatkan bantuan kepada kehidupan masyrakat, berbangsa dan negara serta peradaban dunia.

 Sebagaimana yg sudah diamanatkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan dalam Peratu Buku Panduan Model Pengembangan RPP SMA


Download Buku Panduan Model Pengembangan RPP Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)




Dalam proses penerapananya dilakukan secara bertahan dan berkesinambungan semenjak tahun anutan 2013/2014 semoga suatu ketika terjadi penguatan dan peningkatan mutu disekolah. Sedangkan pada tahun anutan 2018/2019 kini ini seluruh satuan pendidikan sudah diprogramkan guna menerapkan kurikulum 2013.

Kebijakan yg dikeluarkan oleh Direktorat Jendral pendidikan dasar dan menengah dalam inplementasi kurikulum 2013 merupakan aktivitas yg akan memperlihatkan training dan pendampingan bagi guru di sekolah yg akan melaksanakan kurikulum 2013 dgn membuatkan naskah pendukung implementasi kurikulum 2013 utk kepala sekolah dan guru.

Dalam melaksanakn kebijakan tersebut Direktorat pembinaan sekolah Sekolah Menengan Atas pada tahun 2016 s/d 2017 kini telah membuatkan naskah-naskah implementasi kurikulum 2013 yg berupa pedoman, panduan model dan modul sebagai tumpuan bagi kepala sekolah dan guru dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Naskha pendukung implementasi Kurikulum 2013 tersebut kini dalam penggunaannya sanggup diimprovisasi, penemuan dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dgn ketentuan ketentuan yg berlaku. Dengan kata lain utk seorang guru di tuntut utk lebih kritis, kreatif dan inovatif serta adaptif dalam memakai naskah tersebut.

Berikut link download yg bisa anda ambil ihwal Buku Panduan Model Pengembangan RPP SMA

Download Buku Panduan Model Pengembangan RPP SMA


Berikut isi tautan ihwal Buku Panduan Model pengembangan RPP Tingkat SMA



A. Latar Belakang

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 ihwal Standar Proses disebutkan bahwa Standar Proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan utk mencapai standar kompetensi lulusan. Pembelajaran yg baik apabila penerapannya dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa utk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yg cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dgn bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Untuk itu setiap satuan pendidikan perlu melaksanakan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta evaluasi proses pembelajaran dgn taktik yg benar utk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran sanggup berjalan dgn baik apabila guru merencanakannya dgn baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dgn RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa utk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yg cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dgn bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana dibutuhkan pada Standar Proses. Oleh alasannya yakni itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.

Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran yg dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yg berarti bahwa apa yg dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP utk mencapai hasil mencar ilmu siswa atau learned curriculum yg merupakan hasil eksklusif dari pengalaman mencar ilmu yg dirancangkan dalam RPP. Agar impian ini sanggup tercapai dgn baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.

RPP sering menjadi hambatan tersendiri di kalangan guru. Beberapa faktor penyebab antara lain (1) guru belum sepenuhnya memahami esensi dari masing-masing komponen penyusun RPP, (2) Peraturan yg mengatur ihwal pembelajaran belum dibaca dgn utuh atau bahkan tidak pernah dibaca, (3) kemudahan mendapat file RPP dari guru satu ke guru lain yg bahu-membahu tidak bisa diterapkan di kelas alasannya yakni modalitas, karakteristik, potensi siswanya berbeda, namun RPP tersebut tetap saja digunakan, dan (4) kecenderungan berpikir bahwa RPP merupakan pemenuhan manajemen saja. Kendala ini sanggup teratasi kalau guru mau berubah, dari pemahaman RPP sebagai pemenuhan manajemen menuju RPP sebagai kewajiban profesional.Untuk menyiapkan kemampuan guru dalam menyusun RPP, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas menyusun Model Pemgembangan RPP utk membantu guru dalam membuatkan RPP sesuai dgn karakteristik mata anutan yg diampunya.

B. Tujuan

Naskah model pengembangan RPP ini bertujuan utk memfasilitasi guru semoga dapat:
a. Memahami konsep, prinsip pembelajaran dan pengalaman belajar.
b. Terampil menyusun perencanaan pembelajaran.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup naskah model pengembangan RPP ini meliputi:
a. Konsep, prinsip pembelajaran, dan pengalaman belajar.
b. Perencanaan Pembelajaran

Itulah artikel mengenai :

Download Buku Panduan Model Pengembangan RPP Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)



Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/03/buku-panduan-model-pengembangan-rpp-sma.html

0 Response to "Buku Panduan Model Pengembangan Rpp Sma"

Posting Komentar