Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengumuman, Artikel STMKG, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019
link : Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019

Ilmuguru.org - Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yg diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Tahun Akademik 2018/2019 STMKG memanggil putra putri terbaik dari seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia utk dididik menjadi tenaga profesional dan mahir di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

 Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Daftar dan Syarat Penerimaan Calon Taruna STMKG TA 2018/2019


Tata Cara Daftar dan Persyaratan Penerimaan Calon Taruna Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG) Tahun Akademik 2018/2019




STMKG menyelenggarakan jadwal pendidikan Sarjana Terapan dgn Program Studi Meteorologi, Program Studi Klimatologi, Program Studi Geofisika dan Program Studi Instrumentasi. Pendidikan tingkat sarjana ini ditempuh dalam waktu 8 (delapan) semester. Seorang taruna sanggup dinyatakan gugur bila pada semester tertentu melaksanakan pelanggaran disiplin, pelanggaran moral dan etika, dan atau secara akademik tidak sanggup mencapai indeks prestasi yg ditentukan. Lulusan jadwal Sarjana Terapan berhak menyandang gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Tahun Akademik 2018/2019, STMKG mendapatkan taruna gres berikatan dinas melalui proses seleksi. Proses seleksi mencakup Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Lanjutan, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan. Seluruh rangkaian proses penerimaan diadakan mulai tanggal 9 April 2018 hingga dgn tanggal 31 Agustus 2018. Proses registrasi dilakukan secara on-line mulai tanggal 9 April 2018 hingga dgn tanggal 4 Mei 2018. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Lanjutan akan dilaksanakan di 10 ( sepuluh ) Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memakai sistim tes berbasis komputer ( Computer Assisted Test ).

Setelah menuntaskan pendidikan, taruna akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) sesuai ketentuan yg berlaku, dan selanjutnya ditempatkan di unit pelaksana teknis (UPT) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di seluruh Indonesia. Biaya selama pendidikan ditanggung negara. Selama pendidikan tidak disediakan asrama.

Silahkan Download isu lengkapnya mengenai Daftar dan Persyaratan Penerimaan Calon Taruna STMKG Tahun Akademik 2018/2019 Berikut ini



Berikut ini ulasan mengenai Daftar dan Persyaratan Penerimaan Calon Taruna STMKG Tahun Akademik 2018/2019




A. Syarat Umum Calon Taruna :



  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, sanggup berkacamata maksimal minus (-) 2 spheris dan tidak silinder.
  2. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2018.
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba yg dibuktikan dgn Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat ketika dilakukan Tes Kesehatan.
  5. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dgn instansi lain.
  6. Tinggi tubuh minimal 163 cm utk laki-laki dan 155 cm utk perempuan dgn berat tubuh seimbang.
  7. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yg berlaku semenjak dinyatakan lulus pendidikan dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


B. Syarat Akademik Calon Taruna :



  1. Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau Sekolah Menengah kejuruan dgn kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  2. Lulus atau akan akan lulus Sekolah Menengah kejuruan dgn kompetensi keahlian pada butir (B.1) tersebut hanya sanggup mendaftar utk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (B.1) tersebut tidak sanggup diterima.
  3. Bagi yg telah lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah utk mata anutan Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  4. Bagi yg akan lulus pada tahun 2018, nilai rapor utk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata anutan Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).


C. Syarat diterima sebagai Taruna :



  1. Memenuhi seluruh persyaratan tersebut pada butir (A) dan (B).
  2. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK,
  3. Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK,
  4. Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD),
  5. Lulus Seleksi Lanjutan berupa Tes Akademik Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan.


D. Pembiyaan proses seleksi dan selama pendidikan.



  1. Biaya selama proses seleksi hingga dgn registrasi ulang sehabis dinyatakan diterima sebagai taruna ditanggung sepenuhnya oleh pendaftar.
  2. Biaya pendidikan selama di STMKG ditanggung negara.
  3. Tidak disediakan asrama selama mengikuti pendidikan,


E. Pendaftaran.



  1. Pendaftar harus terlebih dahulu melaksanakan registrasi secara online antara tanggal 9 - 30 April 2018 melalui portal Panitia Seleksi Pendidikan Kedinasan Nasional di https://sscndikdin.bkn.go.id
  2. Selanjutnya pendaftar mengisi formulir registrasi di STMKG secara online antara tanggal 9 April 2018 hingga dgn tanggal 4 Mei 2018 jam 24.00 WIB melalui portal Panitia PTB-STMKG-2018 di https://ptb.stmkg.ac.id
  3. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin sanggup memenuhi seluruh syarat butir (A) dan (B). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka pendaftar tidak sanggup diterima sebagai taruna meskipun telah dinyatakan lulus semua seleksi. Biaya registrasi yg telah disetorkan tidak sanggup diambil kembali utk alasan apapun.
  4. Sebelum melaksanakan pengisian formulir registrasi secara online di portal Panitia PTB-STMKG-2018 persiapkan lebih dahulu alamat email yg masih berlaku, nomor handphone yg masih aktif serta pas foto resmi dgn ukuran file antara 300 – 500 KB.
  5. Pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pendaftar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yg bersangkutan dinyatakan gugur.
  6. Kesalahan atau kelalaian pendaftar dalam memasukkan data secara online baik pada portal Panselnas Pendidikan Kedinasan maupun pada portal PTB-STMKG2018 tidak sanggup diubah atau diperbaiki kembali dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pendaftar.


F. Biaya Pendaftaran dan Seleksi.



  1. Sesuai dgn Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2012 ihwal Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, setiap pendaftar dikenakan tarif jasa sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah).
  2. Sesuai dgn Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2016 ihwal Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Kepegawaian Negara, setiap peserta seleksi calon mahasiswa kedinasan ikatan dinas memakai CAT dikenakan biaya pelaksanaan sebesar Rp. 50.000,-( lima puluh ribu rupiah).
  3. Pendaftar hanya sanggup mengikuti proses seleksi apabila telah melaksanakan kedua pembayaran tersebut pada butir (1) dan (2) di atas. Apabila pendaftar belum melaksanakan pembayaran utk salah satu atau kedua pembayaran tersebut hingga batas waktu yg ditentukan, maka pendaftar tidak diperkenankan mengikuti seleksi.


G. Tatacara registrasi dan pembayaran.



Sebelum melaksanakan registrasi secara online, siapkan lebih dahulu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), alamat email yg masih berlaku, nomor handphone yg aktif dan file pasfoto berwarna dalam format jpg, dgn ukuran antara 300 - 500 KB.

  1. Pendaftar harus terlebih dahulu melaksanakan registrasi secara online antara tanggal 9 - 30 April 2018 melalui portal Panitia Seleksi Nasional Pendidikan Kedinasan di https://sscndikdin.bkn.go.id Pada proses registrasi di portal tersebut, calon akan diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), NIK Kepala Keluarga, alamat email serta password yg ditentukan sendiri. Pendaftar akan mendapatkan email berisi Kartu Informasi Akun Sekolah Kedinasan 2018 dari portal https://sscndikdin.bkn.go.id. Ingat baik-baik pasword yg telah anda masukkan ke portal tersebut.
  2. Selanjutnya gunakan NIK dan password tersebut utk login dan melaksanakan pengisian formulir registrasi di STMKG secara online melalui portal PTB-STMKG2018 dgn alamat https://ptb.stmkg.ac.id antara tanggal 9 April 2018 hingga dgn 4 Mei 2018 jam 24.00 WIB. Setelah tanggal 4 Mei 2018 jam 24.00 WIB, portal PTB-STMKG-2018 tersebut ditutup.
  3. Pendaftar akan mendapatkan email yg mengatakan bahwa data yg bersangkutan telah tercatat pada PTB-STMKG-2018.
  4. Selanjutnya antara tanggal 13 - 19 Mei 2018, pendaftar akan mendapatkan SMS dan email yg berisi Tatacara pembayaran registrasi dan Kode Billing sebagaimana pada abjad F angka 1, 2 dan 3.
  5. Pembayaran harus dilakukan pada rentang waktu yg ditentukan dalam Tatacara pembayaran tersebut. Pembayaran di luar rentang waktu ini tidak sanggup diterima, pendaftar dinyatakan gugur dan kehilangan hak utk mengikuti seleksi.
  6. Setelah melaksanakan pembayaran, selanjutnya antara tanggal 3 - 20 Juni 2018, pendaftar harus kembali membuka portal Panitia PTB-STMKG-2018 dgn alamat https://ptb.stmkg.ac.id. Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password sanggup dipakai kembali utk login. Klik Cetak Kartu utk mendownload KARTU TANDA PESERTA PTB-STMKG-2018.


H. Jenis Lokasi dan Waktu Seleksi.



  • Seleksi bagi pendaftar yg telah mempunyai KARTU TANDA PESERTA PTB-STMKG2018 dibagi dalam tiga tahap dgn sistim gugur :
  • a) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • b) Seleksi Lanjutan, yaitu Tes Akademik utk mata anutan Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris. Seleksi Lanjutan ini hanya sanggup diikuti oleh peserta yg telah dinyatakan lulus SKD.
  • c) Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan bagi peserta yg telah dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan dan termasuk pada kuota keikutsertaan wawancara yg ditentukan.
  • Peserta SKD wajib membawa KTP Asli, Kartu Informasi Akun Sekolah Kedinasan 2018, dan Kartu Tanda Peserta PTB-STMKG-2018. Bagi peserta yg belum mempunyai KTP wajib membawa Kartu Keluarga Asli dan Kartu identitas lain yg terdapat foto identitas diri peserta.
  • SKD dan Seleksi Lanjutan akan dilaksanakan di 10 (sepuluh) Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kantor Regional BKN (Kanreg BKN), Kantor Unit Pelaksana Teknis BKN (Kantor UPT BKN), atau Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dgn sistim tes berbasis komputer (Computer Assisted Test, CAT ) mulai tanggal 16 Juli 2018. Pendaftar sanggup menentukan lokasi tes tersebut pada ketika melaksanakan pengisian formulir secara on-line. Kesepuluh lokasi tersebut yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Palembang, Jayapura, Sofifi (Maluku Utara), Sorong dan Mataram.
  • SKD dilaksanakan secara bergilir utk semua peserta seleksi. Jadwal waktu pergiliran pelaksanaan SKD utk setiap peserta dan kuota keikut-sertaan wawancara utk setiap lokasi seleksi sanggup dilihat pada tanggal 29 Juni 2018 melalui portal Panitia PTB-STMKG-2018.
  • Apabila peserta tidak hadir di lokasi tes atau terlambat hadir sesuai waktu yg ditentukan pada jadwal, maka peserta yg bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti SKD dan dinyatakan gugur.
  • Peserta dinyatakan lulus SKD bila memenuhi nilai ambang batas minimal yg harus dipenuhi oleh setiap peserta sesuai dgn Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 22 Tahun 2018 ihwal Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi / Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan Pada Kementerian / Lembaga Tahun 2018, yaitu :
  • a. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) = 143 dari maksimum 175.
  • b. Tes Intelegensia Umum (TIU) = 80 dari maksimum 150.
  • c. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) = 75 dari maksimum 175.
  • Seleksi Lanjutan hanya sanggup diikuti oleh peserta yg dinyatakan lulus SKD sesuai dgn kriteria no. 6 di atas. Seleksi Lanjutan berupa Tes Akademik mata anutan Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris, dan dilaksanakan di daerah yg sama sehabis semua peserta seleksi mengikuti SKD.
  • Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan apabila berada dalam kuota keikutsertaan wawancara masing -masing lokasi tes sesuai dgn urutan (ranking) jumlah nilai Tes Akademik. Apabila dalam kuota tersebut terdapat lebih dari satu peserta dgn jumlah nilai Tes Akademik yg sama, maka akan dipilih peserta dgn nilai matematika yg lebih tinggi. Apabila nilai matematik peserta-peserta ini sama, maka akan dipilih peserta dgn nilai fisika yg lebih tinggi. Apabila nilai matematika dan fisika peserta-peserta ini sama, maka semua peserta yg bersangkutan pada urutan tersebut akan dimasukkan pada kuota keikut-sertaan wawancara, dgn catatan yg bersangkutan tidak mempunyai nilai tes masingmasing mata anutan yg lebih kecil dari 25.



Demikianlah artikel ihwal :

Daftar dan Persyaratan Penerimaan Calon Taruna STMKG Tahun Akademik 2018/2019



Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/03/daftar-dan-syarat-penerimaan-calon.html

0 Response to "Daftar Dan Syarat Penerimaan Calon Taruna Stmkg Ta 2018/2019"

Posting Komentar