Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buku, Artikel Buku SMP, Artikel SMP, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017
link : Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017

ilmuguru.org - dalam kesempatan kali ini IG (Ilmuguru) ingin membagikan buku SMP perihal Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan.

Dalam peraturan presiden nomor 2 tahun 2015 menjelaskan perihal planning pembangunan jangka menengahnasional 2015-2019 yg menjelaskan bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan (KPP) dgn tersedianya kurikulum yg handal dan tersedianya sistem penilaian yg komprehensif.

 ingin membagikan buku SMP perihal Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Download Buku Panduan Penilaian SMP Revisi 2017


Download Buku SMP Tentang Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan




Dengan kata lain Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah bekerja sama dgn Badan Penelitian dan Pengembangan serta kementrian pendidikdan dan kebudayaan melalui sentra penilaian pendidikan dalam menyusun panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan utk SMP (SMP).

Dalam panduan kali ini berisi konsep penilaian, penilaian pendidik yg meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan serta penilaian oleh satuan pendidikan.

Dalam panduan kali ini diuraikan cara menetapkan KKM dan mengisi rapor. Panduan kali ini bertujuan utk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melakukan penilaian, mengolahdan memanfaatkan hasil penilaian serta menciptakan laporan penbcapaian kompetensi penerima didik.

Sebenarnya panduan kali ini belumlah sempurna. Oleh alasannya yaitu itu sangat diharapkan masukan dari bebagai pihak terutama dari kepala sekolah dan wali kelas serta para pendidik guna utk menyempurnakannya.

Berikut link download buku SMP perihal Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan yg sanggup anda unduh secara gratis.

Download Buku SMP perihal Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan


Berikut isi kutipan dari buku SMP perihal Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan yg sanggup anda simak di bawah ini



A. Latar Belakang

Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menya­ takan mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dgn baik. Kesulitan utama yg dihadapi pendidik yaitu merumuskan indikator, menyusun butir­butir instrumen, dan melakukan penilaian perilaku dgn memakai aneka macam macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yg kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keterampilan, lantaran belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yg banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dgn penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam menyebarkan butir­ butir soall pengetahuan, lantaran kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir­butir soall utk pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, yg dikom­ binasikan dgn keterampilan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.


Berdasarkan hasil monitoring tersebut satuan pendidikan juga mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan penerima didik. Permasalahan lain yg sering muncul yaitu penetapan KKM, penentuan predikat dan deskripsinya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagaikompetensi minimal utk selanjutnya menjadi KKM mata pemikiran atau KKM satuan pendidikan. Di samping itu, satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih kebijakan berkaitan dgn nilai hasil remedial.

Selain itu hasil monitoring juga menunjukkan bahwa pendidik maupun satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam melaku­ kan pengolahan nilai, pemanfaatan, dan pelaporannya.

Memperhatikan permasalahan ­permasahan di atas, perlu disu­ sun Panduan Penilaian pada SMP (SMP). Panduan penilaian ini diharapkan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

B. Tujuan Penyusunan Panduan

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pen­didikan berkaitan dgn hal­hal berikut.

1. Pengertian, pendekatan dan prinsip penilaian dalam kuri­kulum 2013;
2. Penilaian yg dilakukan oleh pendidik baik penilaian sikap, pengetahuan maupun keterampilan;
3. Penilaian yg dilakukan oleh satuan pendidikan.

C. Ruang Lingkup

Panduan penilaian ini meliputi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik, dan penilaian oleh satuan pendidikan.

Konsep penilaian meliputi pengertian, pendekatan, prinsip, dan penilaian dalam Kurikulum 2013. Penilaian oleh pendidik meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan peni­ laian aspek keterampilan. Pada setiap aspek meliputi pengertian, teknik, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan, dan tindak lanjut hasil penilaian.

Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan meliputi pengertian, lingkup, bentuk penilaian, instrumen, kriteria kenaikan kelas, keriteria kelulusan, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pe­ manfaatan, dan tindak lanjut hasil penilaian.

D. Sasaran Pengguna Panduan

Panduan ini diperutkkan terutama bagi pihak­pihak berikut.

1. Pendidik SMP sebagai pedoman dalam merencanakan, me­ laksanakan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil peni­ laian, dan menyusun rapor;
2. Kepala sekolah dan pengawas utk merancang kegiatan supervisi pendidikan yg berkaitan dgn penilaian oleh pendidik di sekolah; dan
3. Pihak­pihak lain yg terkait dgn penilaian pencapaian kompetensi penerima didik.

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/03/download-buku-panduan-evaluasi-smp.html

0 Response to "Download Buku Panduan Evaluasi Smp Revisi 2017"

Posting Komentar