Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buku, Artikel Panduan, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd
link : Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memperlihatkan gosip mengenai Buku Panduan yg di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Serta Direktorat Pembinaan SD Tahaun 2016.

 ingin memperlihatkan gosip mengenai Buku Panduan yg di keluarkan oleh Kementerian Pendi Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran SD


Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran TK/RA, SD/MI dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2016




Keberhasilan sebuah kegiatan apabila pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, berkesinambungan, pengawasan, pendampingan serta evaluasi.

Dari titik inilah diharapkan layanan supervisi dalam kelangsungan pendidikan terutama dalam proses pembelajaran.

Supervisi merupakan suatu layanan dari atasan kepada bawahan dgn memperlihatkan pengarahan guna membuatkan kinerja menjadi lebih baik. Kegiatan supervisi disebut pula sebagai kegiatan mengawasi atau pengawasan.

Supervisi yg diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sanggup dipandang sebagai suatu seni kolaborasi dgn sekelompok orang biar memperoleh hasil yg sebesar-besarnya ( Syaiful Sagala ; Supervisi Pembelajaran, 2012 hal 89 ). Hal ini sejalan dgn permendiknas nomor 12 tahun 2007 ihwal Standar Pengawas sekolah/madrasah pada point B. Kompetensi , komponen Kompetensi Supervisi Managerial dan Supervisi Akademik, yg berisi :

  • Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI
  • Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang ppengembangan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI
  • Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI berlandaskan standard isi, standard Kompetensi,dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP
  • Membimbing guru dalam menentukan dan memakai strategi/metode/tehnik pembelajaran/bimbingan yg sanggup membuatkan banyak sekali potensi siswa melalui bidang pengembangan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI
  • Membimbing guru dalam menyusunrencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) utk tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI
  • Membimbing guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium dan/atau di lapangan) utk membuatkan potensi siswa pada tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI
  • Membimbing guru dalam mengelola, merawat, membuatkan dan memakai media pendidikan dan kemudahan pembelajaran/bimbingan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI
  • Memotivasi guru utk memanfaatkan teknologi gosip utk pembelajaran/bimbingan di TK/RA atau mata anutan di SD/MI


Permendiknas nomor 13 tahun 2007 ihwal Standar Kepala Sekolah pada point Kompetensi Supervisi yg mencakup :

  • Merencanakan kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
  • Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dgn memakai pendekatan dan teknik supervisi yg tepat.
  • Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru




Tujuan, Fungsi dan Manfaat Supervisi



Pelaksanaan Supervisi mempunyai tujuan dan manfaat sebagai berikut :

1. Tujuan Supervisi :



a. Tujuan Umum
Tujuan umum supervisi yaitu memperlihatkan pemberian teknis dan bimbingan kepada guru (dan staf sekolah yg lain) biar personil tersebut bisa meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melakukan tugas, yaitu melakukan proses pembelajaran.

b. Tujuan Khusus
Tujuan khusus supervisi meliputi:

  • Meningkatkan kinerja siswa sekolah dalam kiprahnya sebagai penerima didik yg berguru dgn semangat tinggi, biar sanggup mencapai prestasi berguru secara optimal.
  • Meningkatkan mutu kinerja guru sehingga berhasil membantu dan membimbing siswa mencapai prestasi berguru yg diharapkan.
  • Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terealisasi dgn baik di dalam proses pembelajaran di sekolah serta mendukung dimilikinya kemampuan pada diri lulusan sesuai dgn tujuan lembaga.
  • Meningkatkan keefektifan dan keefisiensian sarana dan prasarana yg ada utk dikelola dan dimanfaatkan dgn baik sehingga bisa mengoptimalkan keberhasilan berguru siswa.
  • Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah, khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kinerja yg optimal, yg selanjutnya siswa sanggup mencapai prestasi berguru sebagaimana yg diharapkan.
  • Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah sedemikian rupa sehingga tercipta situasi yg hening dan tentram serta aman bagi kehidupan sekolah pada umumnya, khususnya pada kualitas pembelajaran yg memperlihatkan keberhasilan lulusan.


2. Fungsi supervisi



menygkut bidang kepemimpinan, hubungan kemanusiaan, training proses kelompok, manajemen personil, dan bidang evaluasi. Pengertian supervisi tersebut, mempertegas bahwa supervisi dilakukan secara intensif kepada guru. Hal ini, secara tidak pribadi berdampak pada prestasi berguru siswa.


3. Manfaat Supervisi



  • Sebagai suatu kegiatan utk meningkatkan mutu pendidikan
  • Sebagai pemicu atau pencetus terjadinya perubahan pada unsur-unsur yan terkait dgn pendidikan
  • Sebagai kegiatan dalam hal memimpin dan membimbing



Silahkan Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran TK/RA, SD/MI dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2016 Berikut ini



Berikut ini Daftar Isi Buku Panduan Supervisi Pembelajaran TK/RA, SD/MI dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2016



DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN .......................... 1
A. Latar Belakang ........................ 1
B. Landasan Hukum .................... 2
C. Tujuan, Fungsi dan Manfaat Supervisi ............. 3
D. Definisi ............ 4
E. Ruang Lingkup ........................ 6

BAB II SUPERVISI PEMBELAJARAN ... 7
A. Pengertian Supervisi Pembelajaran ................. 7
B. Prinsip-prinsip Supervisi Pembelajaran ............ 7
C. Pendekatan Supervisi ............. 8
D. Model Supervisi ....................... 9
E. Teknik Supervisi Pembelajaran ........................ 11

BAB III IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN ........................ 15
A. Prosedur Supervisi Pembelajaran .................... 15
B. Teknik Peningkatan Kualitas Pembelajaran ..... 33
C. Pemantapan Instrumen Supervisi .................... 33
D. Teknologi Informasi dan Komunikasi ................ 34

BAB IV PENUTUP ......... 37

DAFTAR PUSTAKA ..... 39
Lampiran ....................... 41

Demikianlah artikel ihwal :

Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran TK/RA, SD/MI dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2016



Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/03/download-buku-panduan-supervisi.html

0 Response to "Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran Sd"

Posting Komentar