Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk tpn, Artikel Makalah Asuransi, Artikel simak ui, Artikel ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)
link : Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memperlihatkan isu mengenai Makalah Asuransi. Artikel ini kami buat guna utk memudahkan para pembaca yg sedang mencari materi makalah yg berafiliasi dgn asuransi.

 ingin memperlihatkan isu mengenai Makalah Asuransi Download Makalah Tentang Asuransi (Lengkap)


Download Contoh Makalah Tentang Asuransi (Lengkap)




Makalah Asuransi. Asuransi ialah istilah yg digunakan utk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana santunan finansial (atau ganti rugi secara finansial) utk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yg tidak sanggup diduga yg sanggup terjadi ibarat kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yg menjamin santunan tersebut. Istilah "diasuransikan" biasanya merujuk pada segala sesuatu yg mendapatkan perlindungan.

Silahkan Download Contoh Makalah Tentang Asuransi Berikut ini





Berikut ini isi dari makalah wacana asuransi yg lengkap



BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perusahaan asuransi merupakan forum keuangan nonbank yg mempunyai peranan yg tidak jauh berbeda dari bank, yaitu bergerak dalam bidang layanan jasa yg diberikan kepada masyarakat dalam mengatasi resiko yg akan terjadi di masa yg akan datang. Perusahaan asuransi mempunyai perbedaan karaketeristik dgn perusahaan nonasuransi.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari asuransi?
2. Apa saja fungsi dan tujuan asuransi?
3. Apa saja prinsip dalam asuransi?
4. Apa jenis-jenis asuransi?
5. Apa Jenis-jenis Asuransi di Indonesia?
6. Bagaimana perhitungan uang pertanggungan Asuransi jiwa?
7. Apa yg dimaksud dgn polis dan premi asuransi?
8. Apa pengertian dari asuransi syariah?
9. Perbedaan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah?

1.3 Tujuan
Makalah ini bertujuan supaya mahasiswa sanggup mengetahui wacana asuransi dan manfaatnya. Juga utk mengetahui wacana prinsip-prinsip asuransi dan peraturan asuransi yg berlaku di Indonesia.

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Asuransi
Asuransi ialah istilah yg digunakan utk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana santunan finansial (atau ganti rugi secara finansial) utk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yg tidak sanggup diduga yg sanggup terjadi ibarat kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yg menjamin santunan tersebut.

2.2 Fungsi dan Tujuan Asuransi
Disamping sebagai bentuk pengendalian risiko (secara finansial), asuransi juga mempunyai banyak sekali manfaat yg diklasifikasikan ke dalam beberapa fungsi sebagai berikut:

2.2.1 Fungsi Utama (Primer)
a. Pengalihan Resiko
Sebagai sarana atau prosedur pengalihan kemungkinan resiko / kerugian (chance of loss) dari tertanggung sebagai ”Original Risk Bearer” kepada satu atau beberapa penanggung (a risk transfer mechanism).

b. Penghimpun Dana
Sebagai penghimpun dana dari masyarakat (pemegang polis) yg akan dibayarkan kepada mereka yg mengalami musibah,

c. Premi Seimbang
Untuk mengatur sedemikian rupa sehingga pembayaran premi yg dilakukan oleh masing – masing tertanggung ialah seimbang dan masuk akal dibandingkan dgn resiko yg dialihkannya kepada penanggung (equitable premium).

2.2.2 Tujuan Asuransi
Adapun tujuan asuransi ialah sebagai berikut :

2.3 Prinsip Dasar Asuransi
Dalam dunia asuransi ada 6 macam prinsip dasar yg harus dipenuhi, yaitu insurable interest, utmost good faith, proximate cause, indemnity, subrogation dan contribution.
1. Insurable interest
Adalah hak utk mengasuransikan, yg timbul dari suatu korelasi keuangan antara tertanggung dgn yg diasuransikan dan diakui secara hukum.

2. Utmost Good Faith
Adalah suatu tindakan utk mengungkapkan secara akurat dan lengkap, semua fakta yg material mengenai sesuatu yg akan diasuransikan baik diminta maupun tidak.

3. Proximate Cause
Adalah suatu penyebab aktif, efisien yg menjadikan rantaian kejadian yg menjadikan suatu jawaban tanpa adanya intervensi suatu yg diawali dan secara aktif oleh sumber yg gres dan independen.

4. Indemnity
Adalah suatu prosedur dimana penanggung menyediakan kompensasi finansial dalam upayanya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yg ia miliki sesaat sebelum terjadinya kerugian

5. Subrogation
Adalah pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung sehabis klaim dibayar.

6. Contribution
Adalah hak penanggung utk mengajak penanggung lainnya yg sama-sama menanggung, tetapi tidak harus sama kewajibannya terhadap tertanggung utk ikut memperlihatkan indemnity.

2.4 Jenis- Jenis Asuransi
Pada dikala ini telah berkembang banyak sekali jenis asuransi di masyarakat, dalam administrasi risiko, asuransi memungkinkan menyebarkan dan mentransfer resiko, inilah cara terbaik utk mengganti kerugian.

2.4.1 Asuransi Tradisional terdiri dari:
a. Penjelasan TERM
Anda pernah tahu wacana Asuransi Mobil atau Motor? Atau mungkin asuransi kesehatan? Nah biasanya asuransi jenis term ini banyak dibeli oleh orang, alasannya ialah pembayaran preminya murah dan mendapatkan manfaat yg besar.

b. Penjelasan Wholelife
Wholelife, berarti seumur hidup. Jenis Asuransi ini melindungi tertanggung hingga selesai usia, biasanya ditanggung hingga umur 99 tahun.

c. Penjelasan Endowment
Endowment, ini ialah asuransi jiwa dgn nilai tabungan yg lebih besar. Pada tahun-tahun tertentu nilai tabungan bisa ditarik sesuai dgn program.

2.4.2 Asuransi Non-Tradisional
Asuransi Non Tradisional atau biasa disebut asuransi modern, ialah Asuransi dgn jenis UNIT-LINK.

2.5 Jenis-Jenis Asuransi Indonesia
Sesuai Tujuanya Asuransi ialah santunan terhadap resiko atau dalam kata lain mengalihkan resiko, makanya segala apa yg mengandung resiko dan segala kegiatan. dan jenis-jenis asuransi itu diantaranya ialah sebagai berikut

a. Asuransi Kesehatan
Ini ialah jenis asuransi yg paling banyak ditemui.

b. Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa mungkin tidak terlalu terkenal di masyarakat Indonesia.

Ada dua jenis asuransi jiwa
a. Asuransi Jiwa Term Life
Ini ialah jenis asuransi jiwa yg mempunyai jangka waktu tertentu, misal 1, 5 atau 10 tahun.

b. Asuransi Jiwa Whole Life
Kalau yg ini, merupakan jenis asuransi yg mempunyai masa santunan seumur hidup.

c. Asuransi Pendidikan
Merupakan jenis asuransi yg melindungi pendidikan putera-puteri anda.

2.6 Contoh Perhitungan Asuransi
1. Cara Hitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa
Dalam setiap usulan penawaran asuransi jiwa niscaya kita akan di sodorkan ilustrasi mengenai besarnya uang pertanggungan (UP).

Lalu bagaimana cara menghitung UP yg optimal, berikut ialah klarifikasi metoda yg paling sering dipakai:

1. Metoda Human Life Value, metoda ini perhitungan UP mutlak dihitung berdasarkan rata-rata pendapatan setiap bulan yg kita setahunkan serta dikali dgn ekspektasi lamanya dana tersebut menopang hidup hingga jago waris bisa utk mendapatkan income sendiri.

2. Metoda Income Based Value, metoda ini perhitungan UP mutlak dihitung berdasarkan rata-rata pendapatan setiap bulan yg kita setahunkan dibagi dgn faktor pertumbuhan dana alasannya ialah UP tersebut wajib disimpan dalam forum investasi selain bank.

3. Metoda Financial Needs Based Value, metoda ini lebih spesifik utk memproteksi kebutuhan financial dimasa mendatang misalkan dana pendidikan.

2. Cara Menghitung Uang Pertangungan Asuransi Jiwa
Jangka Waktu maksimal utk asuransi jiwa yg berlaku di Indonesia ialah selama 20 tahun. alternatif solusi perencanaannya ialah :

a. Membeli polis utk jangka waktu 10 tahun di usia 30 dgn UP yg diperlukan (pada dikala usia 30 tahun),

b. Membeli polis utk jangka waktu 20 tahun di usia 30 (dgn UP yg diperlukan pada dikala usia 30 tahun)

c. Membeli polis utk jangka waktu 20 tahun di usia 30 (dgn UP yg diperlukan pada dikala usia 30 tahun).

2.7 Polis Asuransi
Menurut ketentuan pasal 225 KUHD perjanjian asuransi harus dibentuk secara tertulis dalam bentuk sertifikat yg disebut polis yg memuat kesepakatan, syarat-syarat khusus dan janji-janji khusus yg menjadi dasar pemenuhan hak dan kewajiban para pihak (penanggung dan tertanggung) dalam mencapai tujuan asuransi.

2.8 Pengertian Asuransi Syariah
Definisi asuransi syari’ah berdasarkan Dewan Syariah Nasional ialah perjuangan utk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yg memperlihatkan referensi pengembalian utk menghadapi risiko/ ancaman tertentu melalui komitmen yg sesuai dgn syariah.

2.9 Perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah
Secara garis besar, misi utama asuransi konvensional ialah misi ekonomi dan misi social. Sedangkan dalam asuransi syariah misi yg di emban ialah misi aqi’dan, misi ibadah, misi ekonomi dan misi pemberdayaan umat.

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Menurut UU no.2 tahun 1992 wacana Usaha Perasuransian, asuransi atau pertanggungan ialah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dgn mana pihak penanggung mengikatkn diri kepada tertanggung, dgn mendapatkan premi asuransi,

DAFTAR PUSTAKA

Kasmir (2012). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya, Depok : Penerbit PT Rajagrafinda Persada.
Supriatna (2013). Keuntungan asuransi.

Aji (2013). Asuransi Definisi.

[1] Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Perusahaan Asuransi, Depok, 2012, hlm. 260.

[2] Nuni, “Pengetahuan Dasar Tentang Asuransi”,

[3] Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Perusahaan Asuransi, Depok, 2002, hlm. 261.

[4] Aji, “Definisi dan Fungsi Asuransi”, Asuransi Mobil,

Demikianlah artikel wacana :

Download Contoh Makalah Tentang Asuransi (Lengkap)



Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/03/download-makalah-wacana-asuransi-lengkap.html

0 Response to "Download Makalah Wacana Asuransi (Lengkap)"

Posting Komentar