Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk tpn, Artikel Mendikbud, Artikel News, Artikel simak ui, Artikel ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma
link : Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma

 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor  Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Struktur Kurikulum Jenjang SMA/MA


Peraturan Mendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas - MA




Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memperlihatkan isu mengenai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 36 Tahun 2018 perihal Perubahan Atas Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas - MA.


Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 menimbang bahwa utk memenuhi kebutuhan dasar akseptor didik dalam berbagi kemampuannya pada kala digital, perlu menambahkan dan mengintegrasikan muatan informatika pada kompetensi dasar dalam kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah;

Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam abjad a, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan perihal Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 perihal Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah;

Untuk lebih jelasnya Silahkan Download Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Struktur Kurikulum Jenjang Sekolah Menengan Atas - MA Berikut ini





Isi Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas – MA



Mata pemikiran pilihan pada bab III abjad B tabel 3 ditambahkan Mata Pelajaran Informatika.

Mata pemikiran pilihan pada nomor 3 bab III abjad B ditambahkan Mata Pelajaran Informatika sehingga menjadi sebagai berikut:

Mata Pelajaran Pilihan
Mata Pelajaran Pilihan merupakan mata pemikiran yg dikembangkan menurut kebutuhan dan perkembangan keilmuan, teknologi, dan seni yg mempunyai tingkat urgensi yg tinggi dan mempunyai manfaat jangka panjang bagi bangsa Indonesia.

Kurikulum SMA/MA dirancang utk memperlihatkan kesempatan kepada akseptor didik utk berguru menurut minat mereka.

Peserta didik diperkenankan menentukan Mata Pelajaran Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat dan/atau Mata Pelajaran Informatika.

01. Mata Pelajaran Lintas Minat dan Pendalaman Minat
Pemilihan peminatan dilakukan akseptor didik dikala mendaftar pada SMA/MA menurut nilai rapor Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) atau yg sederajat, nilai uji nasional SMP/MTs atau yg sederajat, rekomendasi guru bimbingan dan konseling/konselor di SMP/MTs atau yg sederajat, dan hasil tes penempatan (placement test) ketika mendaftar di SMA/MA, atau tes talenta dan minat oleh psikolog.

Peserta didik masih mungkin pindah peminatan paling lambat pada awal semester kedua di Kelas X sepanjang daya tampung peminatan gres masih tersedia, menurut hasil pembelajaran berjalan pada semester pertama dan rekomendasi guru bimbingan dan konseling, akseptor didik yg pindah peminatan wajib mengikuti dan tuntas matrikulasi mata pemikiran yg belum dipelajari sebelum pembelajaran pada peminatan gres dimulai.

Peserta didik sanggup menentukan minimal 3 mata pemikiran dari 4 mata pemikiran yg terdapat pada satu peminatan, 1 mata pemikiran yg tidak diambil beban belajarnya dialihkan ke mata pemikiran lintas minat.

Selain mengikuti mata pemikiran di peminatan yg dipilihnya, setiap akseptor didik harus mengikuti mata pemikiran tertentu utk lintas minat dan/atau pendalaman minat.

Bila akseptor didik mengambil 3 mata pemikiran dari peminatan yg dipilihnya, maka akseptor didik tersebut sanggup mengambil mata pemikiran lintas minat sebanyak 9 jam pemikiran (3 mata ajaran) di Kelas X atau sebanyak 8 jam pemikiran (2 mata ajaran) di Kelas XI dan XII.

Sedangkan kalau akseptor didik mengambil 4 mata pemikiran dari peminatan yg dipilihnya, maka akseptor didik tersebut sanggup mengambil mata pemikiran lintas minat sebanyak 6 jam pemikiran (2 mata ajaran) di Kelas X atau sebanyak 4 jam pemikiran (1 mata ajaran) di Kelas XI dan XII.

Peserta didik yg mengambil Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, lintas minatnya harus diluar peminatan yg dipilihnya.

Sedangkan akseptor didik yg mengambil Peminatan Bahasa dan Budaya, sanggup mengambil mata pemikiran lintas minat:

1) di luar;
2) di dalam; atau
3) sebagian di dalam dan sebagian di luar, peminatan yg dipilihnya.

Mata pemikiran lintas minat yg dipilih sebaiknya tetap dari Kelas X hingga dgn XII.

Sebagai conto, akseptor didik Kelas X yg menentukan Peminatan Bahasa dan Budaya, sanggup mengambil 3 mata pemikiran ialah Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, dan Antropologi.

Lintas minatnya sanggup mengambil mata ajaran:

1) Biologi, Fisika, dan Kimia;
2) Geografi, Sejarah, dan Ekonomi;
3) Matematika, Sosiologi, dan Bahasa Jerman; atau
4) Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, dan Bahasa Jepang.

Alternatif (1), (2), dan (3) merupakan conto lintas minat di luar peminatan yg dipilihnya, sedangkan alternatif (4) merupakan conto lintas minat di dalam peminatan yg dipilihnya.

Peserta didik sanggup menentukan pilihannya masing-masing, sesuai dgn sumber daya (ketersediaan guru dan kemudahan belajar) yg dimiliki SMA/MA.

SMA/MA yg tidak mempunyai Peminatan Bahasa dan Budaya, sanggup menyediakan pilihan mata pemikiran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Antropologi atau salah satu mata pemikiran dalam kelompok Bahasa Asing Lain sebagai pilihan mata pemikiran lintas minat yg sanggup diambil akseptor didik dari Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, sesuai dgn sumber daya (ketersediaan guru dan kemudahan belajar) yg dimilikinya.

Bagi akseptor didik yg memakai pilihan utk menguasai satu mata pemikiran tertentu contohnya bahasa abnormal tertentu, dianjurkan utk menentukan mata pemikiran yg sama semenjak Kelas X hingga Kelas XII.

Dianjurkan setiap SMA/MA mempunyai ketiga peminatan. Peserta didik di SMA/MA Kelas XII sanggup mengambil mata kuliah pilihan di perguruan tinggi yg akan diakui sebagai kredit dalam kurikulum perguruan tinggi yg bersangkutan.

Pilihan ini tersedia bagi akseptor didik SMA/MA yg mempunyai kerjasama dgn perguruan tinggi terkait.

Pendalaman minat mata pemikiran tertentu dalam peminatan sanggup diselenggarakan oleh satuan pendidikan melalui kerjasama dgn perguruan tinggi di kelas XII.

02. Mata Pelajaran Informatika
Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yg berfungsi memperlihatkan kemampuan berpikir insan dalam mengatasi persoallan-persoallan yg semakin kompleks supaya sanggup bersaing di Abad ke-21.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai salah satu bab dari Informatika merupakan kebutuhan dasar akseptor didik supaya sanggup berbagi kemampuannya pada kala digital.

Mata Pelajaran Informatika merupakan mata pemikiran pilihan yg diselenggarakan menurut ketersediaan guru sesuai dgn kualifikasi akademik dan kompetensi, serta sarana prasarana pada satuan pendidikan.

Alokasi waktu utk Mata Pelajaran Informatika di Kelas X sebanyak 3 Jam Pelajaran; Kelas XI dan XII masing-masing sebanyak 4 Jam Pelajaran.

Demikianlah artikel perihal :

Peraturan Mendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas - MA



Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2007/03/permendikbud-nomor-36-tahun-2018.html

0 Response to "Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Perihal Struktur Kurikulum Jenjang Sma/Ma"

Posting Komentar