Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)
link : Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)

CARA MENYUSUN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)


Di dalam RPP maupun silabus, salah satu komponen yg harus disusun oleh guru yakni indikator pencapaian kompetensi. Bagaimana cara menyusun indikator pencapaian kompetensi (IPK)? Dan apa pula pengertian indikator? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indikator adalah sesuatu yg sanggup menawarkan atau menjadi petunjuk atau keterangan. Jika dikaitkan dgn pembelajaran, indikator merupakan petunjuk bagi guru apakah hasil pembelajaran telah tuntas atau belum.





Sederhananya, indikator pencapaian kompetensi (IPK) yakni garis-garis besar yg harus dicapai oleh siswa selama pembelajaran berlangsung. Misalnya, Dalam satu pertemuan, siswa harus bisa menyebutkan ciri-ciri Negara demokrasi. Maka pembelajaran dilaksanakan semata-mata semoga siswa sanggup menyebutkan ciri-ciri Negara demokrasi. Ketika siswa sudah bisa menyebutkan ciri-ciri Negara demokrasi berarti pembelajaran telah tuntas, sebaliknya bila siswa belum bisa menyebutkan ciri-ciri Negara demokrasi, pembelajaran belum tuntas.





Jadi, indikator merupakan kompetensi yg harus dicapai oleh siswa atau dgn kata lain yakni perubahan yg dibutuhkan yg terjadi pada diri siswa pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan sehabis pembelajaran berlangsung, utk mengetahuinya dilaksanakan melaluievaluasi, apakah dilakukan dgn teslisan, tertulis atau tanya jawab.





Bagaimana Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), utk menyusun indikator pemikiran perludi ketahui terlebih dahulu syarat-syarat yg harus dipenuhi, banyak orang menyarankan semoga memakai metoda SMART.





Specific            : Indikator yg dibuat haruslah berfokus pada satu kemampuan.


Measurable     : indikator harus sanggup diukur dandievaluasi.


Achievable      : indikator harus bisa diraih atau dicapai oleh siswa.


Reality             : indikator harus Nyata dalam prosesnya.


Time                : Perhitungan waktu mencukupi.





Salah satu ciri penyusunan Indikator harus Spesifik yakni digunakannya kata kerja operasional, kata kerjabiasanya mengacu pada taksonomi bloom. Berikut beberapa kata kerja yg bisa digunakan oleh guru dalam merumuskan indikator yg akan dicapai utk dituangkan kedalam RPP.





KATA KERJA OPERASIONAL  UNTUK ASPEK KOGNITIF






No

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI
1
Knowledge(Pengetahuan)
Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberinama, memberi label, dan melukiskan.
2
Comprehension(Pemahaman)
Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskankembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan.
3
Application(Penerapan)
Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, danmenghitung.
4
Analysis (Analisis)
Menguraikan, membagi-bagi, memilih, dan membedakan.
5
Synthesis (Sintesis)
Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, danmerencanakan.
6
Evaluation (Evaluasi)
Mengkritisi, menafsirkan, mengadili, dan menawarkan evaluasi.








KATA KERJA OPERASIONAL Untuk Aspek Afektif


1. Receiving(Penerimaan)


Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.





2. Responding(Menanggapi)


Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, danmenampilkan.





3. Valuing (Penanamannilai)


Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan, danmelakukan.





4. Organization(Pengorganisasian)


Memverifikasi, menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi.





5. Characterization(Karakterisasi)


Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yg sudah diyakini








KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK ASPEK PSIKOMOTOR





1. Observing(Pengamatan)


Mengamati proses, member perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, member perhatian pada sebuah artikulasi





2. Imitation (Peniruan)


Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, danmenggunakan sebuah model.





3. Practicing(Pembiasaan)


Membiasakan sikap yg sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan semoga tetap konsisten.





4. Adapting(Penyesuaian)


Menyesuaikan model, menyebarkan model, danmenerapkan model.



Selain itu indikator harus disusun dimulai dari tingkatan berpikir gampang kesukar, sederhana kekompleks, akrab kejauh, dan dari kasatmata keabstrak (bukan sebaliknya). Kata kerjao perasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada kalimat yg dituliskan di indikator pembelajaran (RPP).







Indikator dalam RPP dikembangkan dari KD yg diubahsuaikan dgn karakteristik peser tadidik, mataajaran, satuan pendidikan, potensi daerahdan dirumuskan dalam kata kerja operasional yg terukurdan/atau sanggup diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar utk menyusun alat penilaian.












= Baca Juga =





DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/cara-menyusun-indikator-pencapaian.html

0 Response to "Cara Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk)"

Posting Komentar