Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 4.14   Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 4.14)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D:
4.14 Menulis surat (pribadi dan dinas) utk kepentingan resmi dgn memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
Indikator
  • merencanakan penulisan surat langsung dan surat dinas.
  • menulis surat langsung dan surat dinas dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
  • menyunting surat langsung dan surat dinas dari segi isi, struktur, dan bahasa.

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan D
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan surat langsung dan surat dinas.
·         Contoh variasi judul pada surat langsung dan surat dinas.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.
Keterampilan
·         Praktik menulis surat langsung dan surat dinas dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik menunjukkan narasi verbal utk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

  1. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan surat langsung dan surat dinas.
·         Contoh variasi judul pada surat langsung dan surat dinas.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.
Keterampilan
·         Praktik menulis surat langsung dan surat dinas dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik menunjukkan narasi verbal utk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan surat langsung dan surat dinas.
·         Contoh variasi judul pada surat langsung dan surat dinas.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.

Keterampilan
·         Praktik menulis surat langsung dan surat dinas dari objek sekitar yg diamati
·         Praktik menunjukkan narasi verbal utk video/ objek
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D. Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
2.      Guru bertanya-jawab wacana surat langsung dan surat dinas yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
3.      Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
4.      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
5.      Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
6.      Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

  1. Kegiatan Inti
Bagian C: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
1.      Mengamati masalah/ Menulis garis besar isi surat dan tujuan surat
2.      Mempertanyakan langkah menciptakan surat langsung dan surat dinas dgn mengamati objek/ masalah/ perasaan
3.      Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis surat langsung dan surat dinas
4.      Latihan menyusun surat langsung dan surat dinas menurut objek yg ditentukan/ dipilih siswa dgn langkah yg ditemukan

Pertemuan Kedua (2 JP)
1.      Mengamati conto surat
2.      Latihan menciptakan kerangka dan tujuan surat
3.      Menggali informasi
4.      Mencari data dari objek yg dipilih
5.      Mendata kata kunci
6.      Menalar
7.      Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
8.      Identifikasi menurut bermacam-macam conto variasi pembukaan , inti, epilog surat.
9.      Mencipta dan mengomunikaskan

Pertemuan Ketiga (2 JP)
1.      Mengamati conto kesalahan perbaikannya
2.      Menanya serpihan mana yg salah, mengapa salah, bagaimana cara memperbaiki
3.      Menggali informasi
4.      Menemukan kesalahan dari teks yg ditulis
5.      Memperbaiki

3.  Penutup
1.       Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
2.      Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
3.      Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
4.      Siswa ditugaskan utk membaca surat Kartini dan Surat terbuka utk presiden, atau buku wacana surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal harian kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.
5.      Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Teknik       :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk      :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu
Indikator Soal       :
1.      Penilaian Pengetahuan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Jenis goresan pena yg berisi keperluan langsung antara satu orang dgn orang yg lain disebut ….
  2. Surat langsung mempunyai beberapa bagian, yaitu ….
  3. Ragam bahasa khusus (bahasa gaul, funky) hanya dipakai kepada ….
  4. Salam kangen, Salam hormat!, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Adalah merupakan conto penerapan dalam surat serpihan ….
  5. Dalam menulis surat langsung kau juga perlu memerhatikan penggunaan salam pembuka, kalimat pembuka paragraf pertama, dan kalimat penutup. Ketiga hal tersebut mencerminkan ….

2. Penilaian Keterampilan
1. Buatlah surat langsung dgn konteks berikut ini!
a. Kamu sangat terkejut dan sekaligus bangga alasannya ialah menerima hadiah ulang tahun dari saudara sepupumu yg berada jauh.
b. Kamu mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibumu dan harapan-harapanmu.
2.  Sekarang kau akan menulis surat dan mengirimkannya kepada seseorang secara nyata.
a.  Tulislah surat kepada ibumu utk mengucapkan terima kasih. Simpanlah dan berikan pada Hari Ibu.
b.  Tulislah surat kepada gurumu. Simpan dan berikan pada Hari Guru! Berilah kejutan kepada guru-gurumu! Tulis dalam bentuk email!
3. Latihan Berpikir Kreatif Menulis Surat Dinas
a.  Rencanakanlah sebuah surat dinas yg akan kau tujukan kepada wakil kepala sekolah serpihan kesiswaan dgn maksud meminta penambahan ekstrakurikuler sesuai dgn hobi kalian!
b.  Tulislah surat kepada Kepala Sekolahmu utk mengusulkan suatu perbaikan berkaitan dgn pendidikan di sekolahmu! Tulis dalam bentuk email!
4.  Suntinglah surat dinasmu dgn pedoman berikut.
a) Apakah surat saya sudah lengkap secara struktur? Silahkan perhatikan struktur berikut? Berilah tanda centang!
ü   Kepala surat
ü   Nomor dan tanggal
ü   Jumlah lampiran
ü   Perihal
ü   Alamat surat
ü   Salam pembuka
ü   Paragraf pembuka
ü   Inti surat
ü   Paragraf penutup
ü   Salam penutup
ü   Nama dan tanda tangan
b)  Apakah bahasa yg saya gunakan sudah sesuai dgn budpekerti dan ragam bahasa baku yg diubahsuaikan dgn peserta surat?
c)  Apakah surat saya sudah benar secara ejaan dan tanda baca?
d)  Kirimkan surat tersebut kepada wakil kepala sekolah serpihan kesiswaan!
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.      Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.      Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, Infokus.
Bahan       : Contoh langkah penyusunan surat langsung dan surat dinas, Contoh variasi judul pada surat langsung dan surat dinas, Contoh variasi identifikasi, Contoh variasi rincian bagian
Sumber Belajar
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 268 s.d 273.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 127 s.d 132.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD. 3.15)

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A:
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yg dibaca.
Indikator
  • Menentukan unsur-unsur buku fiksi.
  • Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi.
  • Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.

Bagian B:
4.15 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur wacana isi buku nonfiksi/ buku fiksi yg dibaca
Indikator
  • Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan.
  • Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku.
  • Perbedaan unsur buku fiksi dgn buku nonfiksi.

Bagian C:
3.16 Menelaah kekerabatan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Indikator
  • Menelaah unsur buku fiksi yg sanggup dikomentari.
  • Menelaah unsur buku nonfiksi yg sanggup dikomentari.
  • Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.

Bagian D:
4.16 Menyajikan jawaban terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi yg dibaca.
Indikator
  • Membuat komentar wacana buku fiksi yg dibaca.
  • Membuat komentar wacana buku nonfiksi yg dibaca.


C. Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh unsur-unsur buku fiksi
  • Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
  • Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
  • Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
  • Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
  • Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dgn buku nonfiksi
  1. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh unsur-unsur buku fiksi
  • Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
  • Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
  • Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
  • Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
  • Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dgn buku nonfiksi
  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh unsur-unsur buku fiksi
  • Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
  • Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
  • Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
  • Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
  • Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dgn buku nonfiksi
Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1.   Pendahuluan
  1. Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
  2. Guru membacakan kisah orang-orang sukses alasannya ialah membaca dan menulis buku.
  3. Guru mengajak siswa bertanya jawab wacana pentingnya membaca buku.
  4. Guru mereview pengalaman siswa dalam membaca buku pada unit 1, 3, dan 4.
  5. Siswa diminta membawa buku yg pernah dibaca dan hasil bacaannya.
  6. Guru mengemukakan tujuan kegiatan.
  7. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  8. Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  9. Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.      Kegiatan Inti
Pertemuan 1 (4 JP)
  1. Siswa diminta menentukan hasil bacaan dari buku nonfiksi yg dilakukan sebelumnya.
  2. Siswa membaca lagi buku yg dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yg pernah dibaca.
  3. Siswa didorong utk bertanya wacana cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok.
  4. Siswa membaca secara individu utk menggali nformasi sebanyak-banyaknya wacana cara merangkum.
  5. Siswa menyimpulkan langkah merangkum dgn peta pikiran dan gagasan utama.

Pertemuan 2 (4 JP)
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yg dibuat.
  2. Siswa didorong utk bertanya wacana cara mengomentari buku nonfiksi.
  3. Siswa membaca secara individu utk menggali nformasi sebanyak-banyaknya wacana cara menciptakan komentar.
  4. Siswa membaca bermacam-macam conto komentar terhadap buku nonfiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yg sanggup dikomentari pada buku.

3.      Penutup
  1. Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  2. Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  3. Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.

E. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik       :  Penugasan dan Portofolio
Bentuk      : Pekerjaan rumah dan/atau kiprah yg dikerjakan secara individu dan kelompok dan sampel pekerjaan siswa terbaik yg diperoleh dari penugasan.
Indikator Soal      : Disajikan buku fiksi dan buku nonfiksi
Kerjakanlah tugas-tugas berikut dgn  Jujur berkarya, bertanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif!
1.      Rangkumlah sebuah buku fiksi dgn Langkah Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
2.      Rangkumlah sebuah buku nonfiksi yg sudah kau baca dgn Langkah Merangkum dgn Pemetaan Pikiran
3.      Komentari sebuah buku nonfiksi dari segi kelebihan dan kekurangannya. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
·         Apa judul dan tema buku?
·         Apa bidang ilmu yg dibahas dalam buku?
·         Apa garis besar isi buku? Apa isi tiap bab?
·         Apakah buku ditunjang oleh gambar/foto, ilustrasi, tabel. grafik? Apakah cukup membantu memperjelas?
·         Bagaimana penulis merinci menjadi subbab buku? Apakah sistematika gampang diikuti?
·         Apakah bahasanya gampang dipahami?
·         Bagaimana penulis membuka dan mengakhiri tulisannya?
4.      Komentari sebuah buku fiksi dari segi kelebihan dan kekurangannya. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
    • Bagaimana judul dan tema dikembangkan? Apakah ada keunikan?
    • Bagaimana pengarang menyebarkan latar cerita?
    • Bagaimana pengarang menyebarkan tokoh dan tabiat tokoh?
    • Bagaimana pilihan kata yg dipakai pengarang?
    • Apakah kalimat-kalimatnya mempunyai keunikan dan kekuatan utk membangun cerita?
    • Tokoh mana yg paling kau sukai dan mengapa?

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

      2.   Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

3.   PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.   Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  1. Media/alat : Buku Fiksi dan Nonfiksi, Infokus.
  2. Bahan :
·   Contoh unsur-unsur buku fiksi
·   Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
·   Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
  1. Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 275 s.d 294.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 133 s.d 138.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.14 Dan 31.5"

Posting Komentar