Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.6 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 4.6 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (3.3)

Nama Sekolah    : SMPN 1 Karangtanjung
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.6   Menyajikan data rangkaian acara ke dalam bentuk teks mekanisme (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dll) dgn memperhatikan truktur, unsur kebahasaan, dan isi secara mulut dan tulis.
Indikator
  • merencanakan penulisan teks prosedur.
  • menulis teks mekanisme dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
  • memeragakan secara mulut cara melakukan/ menciptakan dgn memerhatikan.

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, materi dan alat, langkah pada teks prosedur.
Keterampilan
  • Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yg diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
  • Contoh variasi judul pada teks prosedur.
  • Contoh variasi tujuan, materi dan alat, langkah pada teks prosedur.

Keterampilan
  • Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yg diamati.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks prosedur.
·         Contoh variasi judul pada teks prosedur.
·         Contoh variasi tujuan, materi dan alat, langkah pada teks prosedur.

Keterampilan
·         Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks mekanisme yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
  • Mengamati langkah penulisan.
  • Mempertanyakan langkah dan hal yg sanggup ditulis dalam teks prosedur.
  • Memilih hal yg akan dibuat/ dijelaskan cara menggunakannya.
  • Menggali informasi.
  • Membaca/ berwawancara perihal hal yg akan ditulis.

Pertemuan Kedua (2 JP)
  • Mendata kata kunci ( kata benda- kata kerja-kriteria/ batasan melakukan, saran biar hasil maksimal).
  • Menalar.
  • Mengatur, membuatkan kata kunci yg diperoleh dari hasil wawancara/ membaca menjadi teks mekanisme yg tepat.
  • Mengamati draft yg telah ditulis.
  • Menanya
  • Mempertanyakan bagian-bagian yg perlu diperbaiki dgn panduan rubrik yg disediakan pada buku siswa/ buku guru.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
  • Menggali informasi.
  • Membaca dan menandai bab yg kurang tepat.
  • Menggali informasi.
  • Membaca cara memperbaiki dari segi struktur dan bahasanya
  • Menalar
  • Menentukan perbaikan.
  • Menyunting draft.
  • Menanya
  • Memeragakan hasil yg ditulis secara mulut ibarat seorang cheef atau pemandu tari yg sedang memandu program masak memasak, menciptakan sesuatu, atau memakai suatu alat.

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku banyak sekali resep tradisional, cara menciptakan cindera mata tempat (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa sanggup mencatkan jam membaca secara jujur.
  • Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan struktur teks prosedur!
  2. Variasi judul pada teks mekanisme sanggup berupa ….
  3. Bahan atau alat utk melaksanakan suatu mekanisme sanggup berupa ….
  4. Langkah/tahapan dgn urutan yg benar berupa tahapan yg ….
  5. Amati acara warga di sekitarmu yg sedang menciptakan makanan tradisional, melaksanakan tarian tradisional!
a)  Wawancarailah tokoh masyarakat utk mendapatkan data cara menciptakan makanan tradisional atau, cara melaksanakan tarian tradisional, cara melaksanakan permianan tradisional!
b)  Daftarlah acara apa saja yg harus dilakukan, materi dan alat apa yg harus disiapkan, acara apa yg sebaiknya dilakukan!
c)  Atur hasil wawancara dan pengamatan!

Kunci jawaban
  1. Struktur teks prosedur: (1) Judul, (2) Pengantar yg menyatakan tujuan penulisan, (3) Bahan atau alat utk melaksanakan suatu prosedur, (4). Langkah/tahapan dgn urutan yg benar.
  2. Judul sanggup berupa nama benda/sesuatu yg hendak dibuat/dilakukan dan sanggup berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu.
  3. Bahan atau alat utk melaksanakan suatu mekanisme sanggup berupa daftar/rincian dan sanggup berupa paragraf.
  4. Langkah/tahapan dgn urutan yg benar berupa tahapan yg ditunjukkan dgn penomoran, berupa tahapan yg ditunjukkan dgn kata yg menawarkan urutan: pertama, kedua, ketiga, dst. Dan berupa tahapan yg ditunjukkan dgn kata yg menawarkan urutan waktu: sekarang, kemudian, sehabis itu, dst.


2.  Penilaian Keterampilan
  1. Praktik menulis teks mekanisme dari objek sekitar yg diamati.
  2. Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.
  3. Menyajikan Teks Prosedur secara Lisan.
Majulah secara berkelompok utk secara berantai menyajikan teks mekanisme ibarat seorang pemandu memasak atau pemandu senam yg sedang memeragakan cara menciptakan sesuatu atau cara memakai suatu alat!

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :  Buku, video.
Bahan                    :  Contoh teks prosedur
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 115 s.d 120.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 70 s.d 74.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_0.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.6 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar