Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.12  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 3.12)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
                                    Alokasi Waktu   :  10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian C
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/ legenda kawasan setempat yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • menjelaskan karakteristik bagian-bagian struktur dongeng fable.
  • mengidentifikasi struktur fabel.
  • menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada dongeng fabel.
  • melengkapi dongeng fabel sesuai struktur dan kaidah bahasa.
  • memvariasikan alur, dialog, latar, dari fabel yg disajikan.
  • menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.  Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan C
Pengetahuan
  • Struktur dongeng fabel
  • Karakteristik tiap penggalan struktur dongeng fabel
  • Prinsip dan conto cara melengkapi dongeng fabel
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yg berkaitan dgn waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, sehabis itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, lantaran itu), syarat dan kondisi (jika, seandainya).
  • Prinsip dan conto kalimat pribadi dan tidak pribadi pada dongeng fabel
  • Prinsip dan conto penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita.
  • Prinsip dan conto tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.


Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fabel (melengkapi penggalan orientasi, komplikasi, resolusi, koda).
  • Praktik melengkapi kata/ kalimat dalam.
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita).
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/ kalimat narasi pada cerita.
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Kegiatan C
Pengetahuan
  • Struktur dongeng fabel
  • Karakteristik tiap penggalan struktur dongeng fabel
  • Prinsip dan conto cara melengkapi dongeng fabel
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yg berkaitan dgn waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, sehabis itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, lantaran itu), syarat dan kondisi (jika, seandainya).
  • Prinsip dan conto kalimat pribadi dan tidak pribadi pada dongeng fabel
  • Prinsip dan conto penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita.
  • Prinsip dan conto tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fabel (melengkapi penggalan orientasi, komplikasi, resolusi, koda).
  • Praktik melengkapi kata/ kalimat dalam.
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita).
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/ kalimat narasi pada cerita.
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Struktur dongeng fabel
  • Karakteristik tiap penggalan struktur dongeng fabel
  • Prinsip dan conto cara melengkapi dongeng fabel
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yg berkaitan dgn waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, sehabis itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, lantaran itu), syarat dan kondisi (jika, seandainya).
  • Prinsip dan conto kalimat pribadi dan tidak pribadi pada dongeng fabel
  • Prinsip dan conto penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita.
  • Prinsip dan conto tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fabel (melengkapi penggalan orientasi, komplikasi, resolusi, koda).
  • Praktik melengkapi kata/ kalimat dalam.
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita).
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/ kalimat narasi pada cerita.
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita.
Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab dongeng fabel yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

1.      Kegiatan Inti
Bagian B : Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
  • Mengamati tabel struktur fabel
  • Menggali informasi wacana karakteristik orientasi, kompilkasi, resolusi pada dongeng fabel
  • Latihan mengidentifikasi struktur fabel
  • Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan cara mengenali struktur fable

Pertemuan Kedua (2 JP)
  • Mengamati urutan fabel
  • Mempertanyakan cara memvariasikan alur, dialog, sudut pandang.
  • Menggali informasi cara memvariasikan.
  • Mempresentasikan hasil variasi alur, dialog, sudut pandang.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
  • Mengamati bagian-bagian yg tidak lengkap.
  • Bertanya wacana cara melengkapi.
  • Membaca menggali informasi cara melengkapi fabel
  • Bermain melengkapi i orientasi, komplikasi, resolusi , koda pada cerita.
  • Menyimpulkan cara melengkapi.
  • Mengomunikasikan hasil.

Pertemuan Keempat (2 JP)
  • Mengamati kata-kata kunci.
  • Mempertanyakan bagaimana cara menciptakan penggalan dongeng menurut kata kunci yg diberikan.
  • Menggali informasi.
  • Membaca conto cara dongeng menyebarkan dari kata kunci.
  • Berdiskusi mengembangkan/ melengkapi penggalan cerita.
  • Mengomunikasikan hasil

Pertemuan Kelima (2 JP)
  • Membaca dan mengamati conto kesalahan penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan.
  • Berdiskusi alasan kesalahan.
  • Bermain memperbaiki diksi/ kalimat dalam cerita.

2.      Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
  • Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan dongeng fabel
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Fabel ini mempunyai empat penggalan dalam strukturnya. Sebutkan!
  2. Bagian awal dari suatu dongeng yg berisi pengenalan tokoh, latar tempat, dan waktu disebut penggalan ….
  3. Bagian konflik atau permasalahan antara satu dgn tokoh yg lain disebut penggalan ….
  4. Bagian yg berisi pemecahan duduk kasus disebut ….
  5. Bagian terakhir fabel yg berisi perubahan yg terjadi pada tokoh dan anutan yg sanggup dipetik dari dongeng tersebut disebut ….
  6. Siang hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, Gajah, dan lainnya seakan terbakar. Kancil kehausan. Dia berjalan-jalan mencari air. Kalimat tersebut merupakan conto fabel penggalan ….
  7. Ciri isi bagaian orientasi yakni ….
  8. Ciri isi bagaian Komplikasi yakni ….
  9. Ciri isi bagaian Resolusi yakni ….
  10. Ciri isi bagaian Koda yakni ….
  11. Pada zaman dahulu, hiduplah sekelompok gajah raksasa. Pada siang terik itu Gajah bersama teman-temannya berjalan tegap ke arah perkampungan Semut. Panas terik tak dihiraukan. Mereka tetap berjalan sambil bercanda ria. Variasi Pengungkapan Orientasi pada pengungkapan tersebut diawali dgn ….
  12. Semakin usang Kura-kura merasa hidupnya tidak mempunyai kegunaan lagi. Dia merasa hanya sanggup merepotkan teman-temannya. Variasi pengungkapan Komplikasi dari conto ciri penggalan komplikasi pada fabel tersebut diawali dgn ….
  13. Akhirnya, duduk kasus menjadi jelas. Tak ada salah paham lagi di antara kelompok Gajah dan Semut. Variasi Pengungkapan Komplikasi tersebut diawali dgn ….
  14. Kejahatan akan selalu dikalahkan oleh kebaikan. Apapun yg berbuat jahat akan dikalahkan oleh perbuatan baik. Pengungkapan tersebut merupakan variasi pengungkapan ….
  15. Farni yakni kelinci yg lucu. Bulunya putih kolam mutiar. Matanya sebening air danau. Jika ia makan, bibir merahnya yg elok akan bergerak indah. Kecantikan Farni tidak diragukan lagi di hutan Ambarata. Mencermati variasi pengembangan tabiat penokohan fabel tersebut melalui ….
  16. Sebutkan conto judul yg berasal dari nama tokoh!
  17. Pemilihan diksi yg sempurna sanggup memudahkan pembaca mengimajinasikan latar. Tuliskan diksi yg menyatakan latar suasana, latar waktu dan latar tempat!
  18. Sinonim dari kata tidak teratur yakni ….
  19. Makanya Semut, kamu harus berlatih berenang! “ kata Semut”. Penulisan kalimat pribadi tersebut salah. Mengapa?
  20. Dalam teks dongeng fabel biasanya juga dipakai kata keterangan tempat dan kata keterangan waktu dirangkai dgn kata depan. Bagaimanakah cara penulisan kata depan dan berilah conto penggunaannya yg sesuai dgn kaidah.

Kunci jawaban
  1. Orientasi, Komplikasi, Resolusi dan Koda.
  2. Orientasi.
  3. Komplikasi.
  4. Resolusi.
  5. Koda.
  6. Orientasi.
  7. Pengenalan tokoh, latar, tabiat tokoh, dan konflik.
  8. Hubungan alasannya yakni akhir sehingga muncul duduk kasus sampai duduk kasus itu memuncak.
  9. Penyelesaian masalah.
  10. Nilai moral yg diungkapkan pengarang secara impisit pada selesai cerita.
  11. Diawali dgn latar di masa lalu.
  12. Konflik batin.
  13. Meredanya konflik.
  14. Koda.
  15. Deskripsi fisik tokoh.
  16. Cici dan Serigala, Kancil dan Tikus.
  17. Latar Suasana: Hangat sinar matahari menyentuh kulit burung hantu dipakai utk mendeskripsikan suasana pagi, Latar tempat: Telaga tiga warna kolam pelangi. Latar waktu: Kala itu, pada zaman dahulu
  18. Berantakan.
  19. Bagian kalimat pribadi diapit oleh tanda petik dua (“) bukan petik satu (‘), Tanda petik epilog ditaruh sehabis tanda baca yg mengakhiri kalimat petikan, Kalimat pengiring harus diakhiri dgn satu tanda koma dan satu spasi apabila penggalan kalimat pengiring terletak sebelum kalimat petikan.
  20. Cara penulisan kata depan dipisah dgn kata yg mengikutinya. Contoh penggunaan kata depan yg sesuai dgn kaidah.

2.  Penilaian Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fabel (melengkapi penggalan orientasi, komplikasi, resolusi, koda)
  • Praktik melengkapi kata/ kalimat dalam.
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita).
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/ kalimat narasi pada cerita.
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita.

 3.  Pembelajaran Remedial
      Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Cerita fabel.
Sumber Belajar
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 209 s.d 234.
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_1.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.12"

Posting Komentar