Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.3 DAN 4.3 REVISI 2017

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 KD 3.3 dan KD 4.3 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.3 dan 4.3

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada dongeng fantasi dan mengatakan buktinya pada teks yg dibaca/didengar.
  • menentukan jenis dongeng fantasi dan mengatakan bukti pada teks yg dibaca/didengar.

4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yg didengar dan dibaca.
Indikator
  • Menyimpulkan tokoh dan latar dongeng fantasi.
  • Menyimpulkan urutan dongeng fantasi.
  • Menceritakan kembali dongeng fantasi isi dongeng fantasi lisan/ tulis.

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·   Pengertian dongeng fantasi.
·   Jenis dongeng fantasi.
·   Tujuan komunikasi dongeng fantasi.
·   Pola pengembangan isi pada dongeng fantasi.
·   Karakteristik kata/ kalimat pada dongeng fantasi.

Keterampilan
·   Praktik memahami isi dongeng fantasi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·   Pengertian dongeng fantasi.
·   Jenis dongeng fantasi.
·   Tujuan komunikasi dongeng fantasi.
·   Pola pengembangan isi pada dongeng fantasi.
·   Karakteristik kata/ kalimat pada dongeng fantasi.

Keterampilan
·   Praktik memahami isi dongeng fantasi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·   Pengertian dongeng fantasi.
·   Jenis dongeng fantasi.
·   Tujuan komunikasi dongeng fantasi.
·   Pola pengembangan isi pada dongeng fantasi.
·   Karakteristik kata/ kalimat pada dongeng fantasi.

Keterampilan
·   Praktik memahami isi dongeng fantasi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita).

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama, proaktif, dan kreatif.

C.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
·   Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
·   Guru bertanya-jawab ihwal bentuk dongeng fantasi dalam kehidupan sehari-hari.Pada pecahan awal ini siswa disadarkan adanya dongeng fantasi dalam komunikasi nyata (novel, cerpen yg berasal dari fantasi penulis_ Ini bertujuan biar siswa lebih menyadari manfaat simpel dan utk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, aneka macam jenis teks dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks mempunyai fungsi yg saling berkaitan.
·   Dibuka dgn conto dongeng fantasi yg ada baik berupa novel maupun cerpen. Bertanya jawab ihwal kata kunci pada novel/ cerpen sehingga disebut dongeng fantasi
·   Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg kan dicapai.
·   Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2.

2.      Kegiatan Inti
Bagian A dan B: dekonstruksi

Pertemuan Pertama (4 JP)
·   Membaca/ mendengarkan conto judul dongeng fantasi.
·   Mempertanyakan
·   Apa itu dongeng fantasi, apa cirinya, dan apa bedanya dgn dongeng yg lain
·   Menggali informasi
·   Membaca aneka macam conto novel populer yg merupakan dongeng fantasi
·   Menalar
·   Berdiskusi ihwal ciri tokoh, seting, alur, dan tema dongeng fantasi
·   Bermain utk menyimpulkan ciri umum fantasi dari segi isi dan aspek kesastraannya (alur, tokoh, latar, amanat, dll)

Pertemuan kedua (4 JP)
·   Membaca/ mendengarkan bermacam-macam conto judul dongeng fantasi.
·   Membuat pertanyaan utk menebak isi cerita.
·   Menggali informasi.
·   Meringkas urutan insiden dalam cerita.
·   Mengomunikasikan.
·   Menceritakan secara berantai.
·   Saling menilai hasil penceritaan.

3.  Penutup
·   Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·   Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·   Siswa mendapatkan umpan balik ihwal proses pembelajaran.
·   Mewajibkan siswa siswa utk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
·   Siswa mendapatkan penyampaian ihwal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara kelompok.
Indikator Soal :

Disajikan teks dongeng fantasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Cerita fiksi bergenre dunia imajinatif yg diciptakan penulis dan menceritakan hal yg mustahil dijadikan biasa disebut ….
  2. Tema fantasi yaitu ….
  3. Rangkaian insiden dalam dongeng disebut ….
  4. Rangkaian insiden dalam dongeng digerakkan dgn aturan ….
  5. Unsur dongeng yg mengalami rangkaian insiden disebut ….
  6. Tema sanggup dirumuskan dari rangkaian insiden pada ….
  7. Unsur dongeng yg menjadi pesan pengarang melalui ceritanya disebut ….
  8. Rangkaian insiden dongeng fantasi memakai aneka macam latar yg menerobos dimensi ….
  9. Berdasarkan latar cerita, dongeng fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu ….
  10. Jenis dongeng fantasi menurut kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori yaitu ….
  11. Kategori dongeng fantasi total berisi ….
  12. Cerita fantasi yg mengungkapkan fantasi tetapi masih memakai nama-nama dalam kehidupan nyata, memakai nama daerah yg ada dalam dunia nyata, atau insiden pernah terjadi pada dunia nyata disebut ….
  13. Berdasarkan latar cerita, dongeng fantasi dibedakan menjadi dua kategori yaitu ….
  14. Latar sezaman berarti latar yg dipakai ….
  15. Latar lintas waktu berarti dongeng fantasi memakai ….

Kunci Jawaban
  1. Alur
  2. Sebab-akibat.
  3. Tokoh dan budpekerti tokoh.
  4. Alur cerita.
  5. Amanat.
  6. Cerita fantasi.
  7. Majic, supernatural atau futuristik.
  8. Ruang dan waktu.
  9. Latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu futuristik (masa yg akan datang).
  10. Fantasi total dan fantasi sebagian (irisan).
  11. Fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu.
  12. Cerita fantasi irisan.
  13. Latar lintas waktu dan latar waktu sezaman.
  14. Satu masa (fantasi masa kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yg akan datang/ futuristik).
  15. Dua latar waktu yg berbeda (misalnya, masa sekarang dgn zaman prasejarah, masa sekarang dan 40 tahun mendatang/ futuristik).

2.  Penilaian Keterampilan
Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks!
Berkelompoklah dan ceritakan isi dongeng fantasi dgn bahasamu sendiri.
Dalam acara ini kau akan menceritakan kembali isi dongeng fantasi secara berantai.
Berdasarkan ringkasan urutan insiden dongeng fantasi di atas, lakukanlah hal-hal berikut!
  1. Membentuk kelompok yg terdiri atas 5 atau 6 orang satu kelompok!
  2. Tiap kelompok diundi utk ke depan kelas atau di luar kelas (tiap anggota ditempel kertas bernomor 1-5).
  3. Guru memerintahkan nomor yg disebut utk memulai menceritakan isi cerita. Guru akan menghentikan dan berpindah pada nomor yg lain utk melanjutkan isi cerita. Selama satu kelompok tampil, siswa kelompok lain menilai dgn format yg telah ditentukan.

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.


4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             : Buku, infokus.
Bahan                    : Cerita fantasi.
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 43 s.d 60.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 47 s.d 54.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_14.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.3 Dan 4.3 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar