Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.8 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.8  Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.8

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati aliran agama yg dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian C
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yg berupa buku pengetahuan yg dibaca atau diperdengarkan
Indikator
  • Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil observasi
  • Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil observasi
  • Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dgn telaah struktur dan bahasa
  • menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Struktur teks laporan hasil observasi
·         Karakteristik tiap bab teks laporan hasil observasi
·         Contoh cara melengkapi teks laporan hasil observasi
·         Contoh penggunaan kata/ istilah, kata sambung, kalimat efektif, paragraf padu
·         Contoh perbaikan kata tidak baku pada teks laporan hasil observasi
·         Contoh perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yg salah maupun yg kurang tepat
·         Contoh perbaikan paragraf kurang padu menjadi paragraf padu

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur  teks laporan hasil observasi (melengkapi bagian
·         identifikasi/ citra umum, laporan hasil observasi bagian)
·         Praktik memvariasikan referensi penyajian deskripsi bab pada teks HO
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks laporan hasil observasi

2Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Struktur teks laporan hasil observasi
  • Karakteristik tiap bab teks laporan hasil observasi
  • Contoh cara melengkapi teks laporan hasil observasi
  • Contoh penggunaan kata/ istilah, kata sambung, kalimat efektif, paragraf padu
  • Contoh perbaikan kata tidak baku pada teks laporan hasil observasi
  • Contoh perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yg salah maupun yg kurang tepat
  • Contoh perbaikan paragraf kurang padu menjadi paragraf padu

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur i teks laporan hasil observasi (melengkapi bagian
  • identifikasi/ citra umum, laporan hasil observasi bagian)
  • Praktik memvariasikan referensi penyajian deskripsi bab pada teks LHO
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks laporan hasil observasi.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Struktur teks laporan hasil observasi (dentifikasi, laporan hasil observasi bagian)
  • Contoh variasi bab definisi umum/ pernyataan umum
  • Contoh variasi pengembangan laporan hasil observasi ( deskripsi bagian)
  • Cara berbagi paragraf pada laporan hasil observasi
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan (koma, kapital, titik dua)
  • Contoh benar dan conto salah penggunaan kata/ kalimat pada kalimat definisi dan klasifikasi
  • Contoh pengembangan paragraf umum –khusus pada teks laporan hasil observasi
  • Contoh pengembangan paragraf kalsifikasi
  • Prinsip mengurutkan teks laporan hasil observasi
  • Prinsip berbagi teks laporan hasil observasi paragraf rincian
  • Prinsip berbagi paragraf pada teks laporan hasil observasi
  • Prinsip memakai kata/ istilah
  • Prinsip menyusun definisi
  • Prnsip menyusun paragraf klasifikasi
  • Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca

Keterampilan
  • Praktik mengurutkan bab teks laporan hasil observasi
  • Praktik melengkapi unsur-unsur teks laporan hasil observasi
  • Praktik memvariasikan susunan teks laporan hasil observasi
  • Praktik menyunting teks laporan hasil observasi
  • Contoh acara bab B

Sikap utama yg ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran
dan kolaborasi , proaktif, dan kreatif.


D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks laporan hasil observasi yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (3 JP)
  • Mengamati tabel struktur teks laporan hasil observasi
  • Menggali informasi wacana karakteristik identifikasi, laporan hasil observasi bagian
  • Membaca teori referensi pengembangan isi LHO pada buku siswa
  • Latihan mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi
  • Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur, referensi pengembangan isi teks laporan hasil observasi

Pertemuan Kedua (3 JP)
  • Mengamati penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca
  • Mempertanyakan bagaimana cara berbagi definisi umum, paragraf klasifikasi
  • Menggali informasi dari aneka macam sumber
  • Membaca conto penggunaan kalimat definisi, kata baku, kalimat efektif pada buku siswa
  • Berdiskusi menelaah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca pada teks LHO
  • Mengomunikasikan hasil
  • Guru memberi penguatan

Pertemuan Ketiga (4 JP)
  • Mengamati bagian-bagian yg tidak lengkap
  • Bertanya bagaimana cara melengkapi
  • Membaca menggali informasi cara melengkapi teks laporan hasil observasi
  • Bermain melengkapi teks laporan hasil observasi
  • Menyimpulkan cara melengkapi
  • Mengomunikasikan hasil
  • Membaca dan mengamati conto kesalahan penggunaan kata, kalimat, paragraf, tanda baca/ ejaan
  • Menggali informasi wacana kaidah penggunaan kata/ istilah, kalimat efektif, penyusunan paragraf, penggunaan tanda baca
  • Berdiskusi alasan kesalahan
  • Bermain memperbaiki kesalahan
  • Menyajikan perbaikan dari kesalahan


3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan terkenal utk meningkatkan diri, mengasihi lingkungan atau menambah wawasan wacana ilumu. Misalnya membaca wacana meteor, wacana penyakit hati, wacana usus mausia, wacana fauna dan tanaman Indonesia.
  • Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara kelompok.
Indikator Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Sruktur teks laporan hasil observasi meliputi ….
  2. penggunaanadalah dan merupakan dalam struktur teks hasil observasi merupakan ciri bahasa pada bab ….
  3. Deskripsi bab berisi ….
  4. Apa perbedaan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi dari segi objek yg dibahas?
  5. Kata atau adonan kata yg dgn cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yg khas dalam bidang tertentu disebut ….
  6. Sebutkan 3 conto istilah biologi!
  7. Pola pengembangan isi laporan tergantung apa yg diobservasi. Tulislah conto pengembangan isi dalam teks laporan hasil observasi.
  8. Berdasarkan bentuknya maka terumbu karang sanggup dikelompokkan menjadi dua. suntinglah kalimat yg mengungkapkan pembagian terstruktur mengenai tersebut!
  9. Pantai mempunyai aneka macam macam-macam manfaat baik secara ekologi dan ekonomi. Perbaikilah kalimat tersebut!
  10. Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi kalau kata yg mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya memakai karakter ….
  11. Kalimat yg memakai kaidah/ strutur bahasa Indonesia dan pilihan kata baku disebut ….
  12. Sebuah kalimat dinyatakan efektif bila ….
  13. Kesamaan bentuk kata yg dipakai dalam kalimat disebut ….
  14. Apa yg dimaksud dgn kehematan?
  15. Mahasiswa akademi tinggi yg terkenal itu mendapatkan hadiah. Perbaikilah Kalimat tidak cermat tersebut!

Kunci jawaban
  1. Pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat, simpulan.
  2. Definisi.
  3. Perincian bagian-bagian hal yg dilaporkan.
  4. Teks LHO membahas objek secara umum sedangkan teks deskripsi membahas objek secara khusus.
  5. Istilah.
  6. Abiotik, amputasi, anatomi, antioksidan, asimilasi, aorta, benangsari, ekosistem, embrio, empat sehat lima sempurna, genetika, hermaprodit, insekta, komplikasi, kornea mata, penyerbukan silang, sporadis, transplantasi, umbi batang, vaksin.
  7. Contoh: definisi pantai, uraian jenis pantai dari aneka macam segi, manfaat pantai.
  8. Berdasarkan bentuknya terumbu karang sanggup dikelompokkan menjadi dua.
  9. Pantai mempunyai aneka macam manfaat baik secara ekologi maupun ekonomi.
  10. Huruf kapital.
  11. Kalimat efektif.
  12. Mengandung beberapa ciri khas, yaitu kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.
  13. Keparalelan.
  14. Kehematan ialah hemat mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yg dianggap tidak perlu.
  15. Mahasiswa akademi tinggi terkenal itu mendapatkan hadiah. (benar)

2.  Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan Cinta Bahasa Indonesia Bermainlah sambil menerangkan kepedulianmu terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini gurumu akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yg salah pada teks laporan hasil observasi. Kamu sanggup mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian kau telaah mengapa kalimat itu salah.Setelah kau telaah kesalahannya kau perbaiki.Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan acara berikut!
  1. Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks laporan hasil observasi pada aneka macam media massa/ media sosial!
  2. Bacalah aneka macam buku yg menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan karakter kapital)
  3. Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
  4. Perbaiki kalimat yg kurang efektif !
  5. Perbaikilah penulisan tanda baca/ ejaan yg salah!
  6. Tulis ketiga bab pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bab satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)
  7. Gurumu akan memandu bermain laga cepat memasangkan dan menntukan ketepatan alasan dan perbaikan yg kau lakukan.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :  Buku, video.
Bahan                    :   Struktur teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 138 s.d 158.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 82 s.d 84.
http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_17.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar