Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.14   Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 3.14)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  10 JP


A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian C:
3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat eksklusif dan surat dinas yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • menjelaskan perincian unsur dan struktur surat eksklusif dan surat dinasi.
  • menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat eksklusif dan surat dinas
  • melengkapi surat eksklusif dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa.
  • menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan C
Pengetahuan
  • Struktur surat eksklusif dan surat dinas.
  • Karakteristik tiap potongan surat eksklusif dan surat dinas.
  • Contoh cara melengkapi surat eksklusif dan surat dinas.
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian.
  • Contoh sinonim dan hiponim pada surat eksklusif dan surat dinas.
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur i surat eksklusif dan surat dinas (melengkapi potongan identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian).
  • Praktik melengkapi kata/ kalimat.
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada surat eksklusif dan surat dinas.

  1. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Struktur surat eksklusif dan surat dinas.
  • Karakteristik tiap potongan surat eksklusif dan surat dinas.
  • Contoh cara melengkapi surat eksklusif dan surat dinas.
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian.
  • Contoh sinonim dan hiponim pada surat eksklusif dan surat dinas.
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur i surat eksklusif dan surat dinas (melengkapi potongan identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
  • Praktik melengkapi kata/ kalimat.
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada surat eksklusif dan surat dinas.

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Struktur surat eksklusif dan surat dinas Contoh variasi potongan identifikasi
  • Contoh variasi pengembangan surat pribadi/ dinas
  • Cara membuatkan isi potongan pembukaan, inti, epilog surat
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan dalam surat
  • Contoh benar dan conto salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
  • Contoh penggunaan kata baku dan tidak baku
  • Prinsip mengurutkan surat eksklusif dan surat dinas
  • Prinsip membuatkan surat eksklusif dan surat dinas paragraf rincian
  • Prinsip membuatkan paragraf pada surat eksklusif dan surat dinas
  • Prinsip memakai kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf
  • Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca

Keterampilan
  • Praktik mengurutkan potongan surat eksklusif dan surat dinas
  • Praktik melengkapi unsur-unsur surat eksklusif dan surat dinas
  • Praktik menyusun bagian-bagian surat eksklusif dan surat dinas
  • Praktik menyunting surat

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a) Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
b) Guru bertanya-jawab perihal surat eksklusif dan surat dinas yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
c) Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
d) Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
e) Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
f) Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

  1. Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 Jam)
a) Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan cara mengenali struktur.
b) Mengamati tabel struktur surat eksklusif dan surat dinas.
c) Menggali informasi perihal karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
d) Latihan mengidentifikasi struktur surat eksklusif dan surat dinas

Pertemuan Kedua (2 JP)
  1. Mempresentasikan hasil urutan dan saling menilai
  2. Mengamati urutan kalimat acak (bagian struktur yg acak.
  3. Mempertanyakan cara mengurutkan.
  4. Menggali informasi cara mengurutkan.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
  1. Membaca dan mengamati conto kesalahan penggunaan kata, kalimat, tada baca/ ejaan.
  2. Berdiskusi alasan kesalahan.
  3. Bermain memperbaiki kesalahan.

Pertemuan Keempat (2 JP)
  1. Mengamati kata-kata kunci.
  2. Mempertanyakan bagiman cara menciptakan menjadi paragraf.
  3. Menggali informasi.
  4. Membaca conto cara membuatkan teks dari kata kunci.
  5. Berdiskusi mengembangkan.
  6. Mengomunikasikan hasil.

Pertemuan Kelima (2 JP)
  1. Mengamati bagian-bagian yg tidak lengkap.
  2. Bertanya.
  3. Membaca menggali informasi cara melengkapi surat eksklusif dan surat dinas.
  4. Bermain melengkapi kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian.
  5. Menyimpulkan cara melengkapi.
  6. Mengomunikasikan hasil.

  1.   Penutup
a)   Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
b)   Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
c)   Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
d)   Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
e)   Siswa ditugaskan utk membaca surat Kartini dan Surat terbuka utk presiden, atau buku perihal surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal hariane) kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1)   Penilaian Pengetahuan
Teknik       :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk      :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal       :
Disajikan conto surat eksklusif dan surat dinas.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
  1. Berdasarkan surat eksklusif di atas, ada beberapa potongan yg menjadi unsur pembangun surat pribadi, yaitu ….
  2. Surat yg berisi perihal keperluan kedinasan yg bersifat resmi disebut ….
  3. Kamu mengetahui conto surat dinas dgn baik. Sebutkan struktur surat dinas tersebut?
  4. Urutan penulis mengungkapkan maksud dalam surat perihal daerah dan tanggal surat dgn alasan ….
  5. Sebutkan ciri-ciri penggunaan Bahasa pada Surat Pribadi?
  6. Sebutkan ciri-ciri penggunaan Bahasa pada Surat Dinas?
  7. Penulisan penanggalan 4 Juni ’15 dan 4-6-2015 pada surat yaitu salah. Silahkan perbaiki sehingga penulisannya menjadi benar!
  8. Mengapa penggunaan sapaan Bapak pada alamat tujuan surat berikut dikatakan salah?
(1) Yth. Bapak Dr. Tono
Jl. B. Sempor 1
Malang
(2) Yth. Bapak Direktur
Jenderal Pajak
Jalan Bintaro Utama
Sektor V, Bintaro
Jaya
Tangerang Selatan

2) Penilaian Keterampilan dan pengetahuan
Disajikan conto surat eksklusif yg strukturnya acak. Silahkan urutkan potongan surat tersebut sehingga strukturnya menjadi benar!
Disajikan conto surat eksklusif yg rumpang.
Lengkapilah surat tersebut dgn ungkapan yg sanggup dipakai utk menyatakan permohonan maaf dgn bahasa resmi. Kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini utk menemukan dan memahami alasan ciri kebahasaan surat dinas!
  1. Kata apa yg sering dipakai sebagai salam pembuka surat dinas?
  2. Mengapa salam tersebut yg digunakan? Apakah boleh diubah menjadi salam khas suatu agama? Misalnya asalamualaikum, salam sejahtera, dan sebagainya? Atau memakai salam dgn urutan waktu,misalnya selamat pagi, selamat siang, selamat malam?
  3. Kata ganti apa yg dipakai utk mewakili penulis dalam surat dinas?
  4. Mengapa menggunaka kata ganti tersebut? Bolehkan diganti ‘saya’ atau ‘aku’?
  5. Jika diamati, surat dinas memakai bahasa khas. Mengapa demikian? Bolehkah diganti dgn bahasa gaul?



Kunci Jawaban
  1. (1) alamat dan tanggal surat, (2) salam pembuka, (3) kalimat pembuka paragraf, (4) isi surat, (5) epilog surat, (6) salam akhir, dan (7) nama dan tanda tangan.
  2. Surat dinas
  3. (1) Kepala surat (diisi dgn nama lembaga), (2) Nomor dan tanggal Jumlah lampiran Berisi inti atau tujuan surat, (3) Alamat, (4) Salam pembuka, (5) paragraf pembuka, (6) Inti surat, (7)  Paragraf penutup, (8) Salam penutup, (9) Mengetahui pejabat , Nama dan tanda tangan pengirim
  4. Agar pembaca tahu dimana dan kapan penulis menulis surat
  5. Ciri penggunaan Bahasa pada Surat Pribadi yaitu (1) pilihan kata sapaan bersifat eksklusif (kata emotif dan ekspresif ), (2) bahasa surat eksklusif tidak formal tetapi santun, (3) pilihan ragam bahasa tergantung siapa akseptor surat, (4) memakai sapaan (seperti orang bercakap), (4) memakai kata ganti orang pertama (utk pengirim) dan kata ganti orang kedua utk penerima
  6. Ciri penggunaan Bahasa pada Surat Dinas adalah: (1) pilihan kata sapaan bersifat formal dan (2) bahasa ragam baku
  7. 4 Juni 2015
  8. Sebab sapaan Bapak, Ibu, atau Saudara di depan nama jabatan dan gelar tidak diperlukan, Sapaan hanya dipergunakan utk mengiringi nama orang yg tidak diawali dgn gelar.

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.   Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.   Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, Infokus.
Bahan       : Contoh langkah penyusunan surat eksklusif dan surat dinas, Contoh variasi judul pada surat eksklusif dan surat dinas, Contoh variasi identifikasi, Contoh variasi rincian bagian.
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 254 s.d 267.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 124 s.d 127.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_2.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.14"

Posting Komentar