Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.5 DAN 4.5 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.5 dan 4.5 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.5 DAN 4.5

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                   Alokasi Waktu     :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati aliran agama yg dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5  Mengidentifikasi teks mekanisme wacana cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara menciptakan masakan khas daerah, dll.) dari banyak sekali sumber yg dibaca dan didengar
Indikator
  • Menentukan ciri umum teks mekanisme pada teks yg dibaca/didengar.
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks mekanisme pada teks yg dibaca/didengar.
  • Menentukan jenis teks mekanisme pada teks yg dibaca/didengar.

4.5 Menyimpulkan isi teks mekanisme wacana cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dan/atau masakan khas daerah) yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • Meringkas urutan isi teks prosedur
  • Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
  • Mendemonstrasikan cara melaksanakan suatu pekerjaan dari final teks yg didengar

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan


Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks mekanisme (menjawab pertanyaan hal yg dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih contoh pengembangan isi teks

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan

Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks mekanisme (menjawab pertanyaan hal yg dijelaskan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih contoh pengembangan isi teks

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian teks prosedur
  • Jenis teks prosedur
  • Tujuan komunikasi teks prosedur
  • Pola pengembangan isi pada teks prosedur
  • Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan

Keterampilan
  • Memetakan urutan isi teks prosedur
  • Praktik memahami isi teks mekanisme (menjawab pertanyaan hal yg dijelaskan,
  • apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih contoh pengembangan isi teks

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks mekanisme dalam kehidupan sehari-hari. Buku-buku resep masakan tradisional sanggup menjadi pintu masuk pembelajaran.
  • Siswa ditugaskan utk membaygkan kalau tidak mempunyai goresan pena wacana resep tradisional. Apa sanggup generasi mendatang memasak dan menciptakan obat tradisional atau menarikan tari tradisionalnya?
  • Pada bab awal ini siswa disadarkan adanya teks mekanisme dalam komunikasi nyata (pada buku resep, manual cara memakai alat, dan ragam komunikasi yg lain). Ini bertujuan supaya siswa lebih menyadari manfaat mudah utk berkontribusi dalam masyarakat. Untuk menarik perhatian sanggup ditaygkan video cara membuat/ cara melakukan/ memeragakan suatu langkah dan siswa mencoba.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2.

2.  Kegiatan Inti
Bagian A dan B : Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
  • Mengamati banyak sekali conto buku resep, cara memainkan alat, cara menggunakan/ manual (membuat makanan, cara memakai alat, cara melakukan)
  • Menanya
  • Ciri, tujuan, dan jenis teks prosedur
  • Menggali informasi
  • Membaca bab A buku siswa wacana bermacam-macam conto teks prosedur
  • Menalar
  • Berdiskusi wacana ciri, tujuan, dan jenis teks prosedur
  • Mengomunikasikan
  • Menempelkan hasil diskusi dan membahas bersama wacana ciri umum, tujuan, isi, jenis teks prosedur

Pertemuan Kedua (4 JP)
  • Mengamati dua judul teks Membuat Batik dan Mencuci Tangan
  • Menanya
  • Apa isi yg harus ada pada teks dan bagaimana cara membaca secara akurat teks prosedur
  • Berdiskusi menyimpulkan isi teks, cara menemukan informasi cara membuat/ memakai secara akurat pada teks
  • Menalar
  • Menyimpulkan hasil diskusi
  • Mempresentasikan hasil

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku banyak sekali resep tradisional, cara menciptakan cindera mata tempat (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa sanggup mencatkan jam membaca secara jujur.
  • Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Apa tujuan teks prosedur?
  2. Sebutkan 3 ciri teks mekanisme dari segi isinya?
  3. Sebutkan ciri-ciri bahasa yg dipakai dalam teks prosedur?
  4. Berdasarkan tujuannya teks mekanisme dibagi menjadi tiga jenis yakni …..

Kunci jawaban
  1. Tujuan teks mekanisme menjelaskan acara yg harus dilakukan supaya pembaca / pemirsa sanggup secara sempurna dan akurat mengikuti sebuah proses menciptakan sesuatu, melaksanakan suatu pekerjaan, atau memakai suatu alat.
  2. Ciri teks mekanisme dari segi isinya ada tiga: (a) panduan langkah-langkah yg harus dilakukan, (b) hukum atau batasan dalam hal bahan/ acara dalam melaksanakan kegiatan, (c) isi acara yg dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).
  3. Ciri bahasa yg dipakai (a) kalimat perintah alasannya pada teks mekanisme pembaca berfokus utk melaksanakan suatu kegiatan, (b) Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan supaya diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c) penggunaan kata dgn ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit), (d) memakai kelompok kalimat dgn batasan yg terang (rebus sampai menjadi bubur, lipat bab ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).
  4. Berdasarkan tujuannya teks mekanisme dibagi menjadi tiga jenis yakni (a) teks mekanisme utk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara memakai alat, (b) teks mekanisme utk memandu cara menciptakan (ada bahan, cara, dan langkah), dan (c) teks mekanisme utk memandu cara melaksanakan sebuah acara (cara menari, cara melaksanakan senam)

2.  Penilaian Keterampilan
Kegiatan
  1. Tulislah ringkasan urutan langkah menciptakan batik tulis pada teks 1 dgn bahasamu sendiri!
  2. Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dgn bahasamu sendiri!
  3. Simpulkan saran apa saja yg dikemukakan penulis supaya mencapai hasil maksimal dalam menciptakan batik tulis! Buktikan jawabanmu dgn kata/ kalimat pada teks!
  4. Simpulkan saran apa saja yg dikemukakan penulis supaya mencapai hasil maksimal dalam melaksanakan basuh tangan! Buktikan jawabanmu dgn kata/ kalimat pada teks!
  5. Tulislah final langkah gerakan tari poco-poco dgn bahasa sendiri lalu peragakan secara kelompok di depan kelas!
  6. Peragakan tari poco-poco sesuai dgn teks mekanisme yg kau pahami.
  7. Lakukan secara berkelompok! Kesesuaian langkah, kekompakan, dan ketepatan gerakan menjadi unsur yg dinilai pada peragaanmu.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.


F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             : Buku, video.
Bahan                    : Contoh teks prosedur
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 81 s.d 97.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 61 s.d 67.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_25.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar