Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.2 REVISI 2017

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP KD 3.2

Nama Sekolah    :  
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   : VII/1
Alokasi Waktu   :10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2  Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yg didengar dan dibaca.
Indikator
·         Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
·         Menentukan bab identifikasi dan deskripsi bab pada teks deskripsi yg disajikan
·         Menentukan variasi contoh pengembangan teks deskripsi
·         Menelaah bab struktur yg sesuai utk melengkapi teks deskripsi yg dirumpangkan
·         Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Struktur teks deskripsi
·         Karakteristik tiap bab teks deskripsi
·         Contoh cara melengkapi teks deskripsi
·         Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
·         Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks deskripsi (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
·         Praktik melengkapi kata/ kalimat
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ejaan pada teks deskripsi

       2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Struktur teks deskripsi
·         Karakteristik tiap bab teks deskripsi
·         Contoh cara melengkapi teks deskripsi
·         Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
·         Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks deskripsi (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
·         Praktik melengkapi kata/ kalimat
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ejaan pada teks deskripsi
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Struktur teks deskripsi (identifikasi, deskripsi bagian)
·         Contoh variasi bab identifikasi
·         Contoh variasi pengembangan deskripsi bagian
·         Cara membuatkan paragraf pada deskripsi bagian
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
·         Contoh benar dan conto salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
·         Contoh penggunaan sinonim dan hiponim utk memvariasikan
·         Prinsip mengurutkan teks deskripsi
·         Prinsip membuatkan teks deskripsi paragraf rincian menurut kata kunci
·         Prinsip membuatkan paragraf pada teks deskripsi
·         Prinsip memakai kata benda/ faras benda, kata / frasa sifat, kata
·         keterangan tempat, kalimat rincian, kalimat bermajas, sinonim kata
·         Prinsip pengembangan paragraf
·         Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca

Keterampilan
·         Praktik mengurutkan bab teks deskripsi
·         Praktik melengkapi unsur-unsur teks deskripsi
·         Praktik menciptakan teks deskripsi dgn kata kunci yg disediakan
·         Praktik menyunting teks deskripsi
Sikap yg ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
D.  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
·         Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
·         Dibuka dgn hal-hal yg berkaitan dgn materi yg sanggup menggairahkan akseptor didik utk belajar.
·         Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
·         Bertanya jawab perihal manfaat pembelaaran yg akan dipelajari.
·         Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.
2.  Kegiatan Inti
Bagian C prakonstruksi KD 3.2 dan 4.2
Pertemuan ke-1 (4 JP)
·         Mengamati tabel struktur teks deskripsi
·         Menggali informasi perihal karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
·         Menalar
·         Mengidentifikasi struktur teks deskripsi
·         Menukarkan hasil

Pertemuan ke-2 ( 3 JP)
·         Mengamati teks yg belum lengkap
·         Mempertanyakan cara melengkapi bab struktur
·         Menggali informasi cara
·         Melengkapi dgn membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
·         Mendiskusikan
·         Bagian yg sempurna utk melengkapi
·         Menelaah hasil melengkapi teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur

Pertemuan ke-3 (3 JP)
·Membaca dan mengamati conto penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
·Menanya
·Bagaimana prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
·Menggali informasi
·Membaca buku siswa dan sumber lain yg relevan perihal prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
·Bermain menelaah/ memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
·Memajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·         Mewajibkan siswa utk membaca buku yg berkaitan dgn objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yg ditekankan yaitu minat baca yg tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
·         Siswa mendapatkan penyampaian perihal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik            :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dekripsi.
1.      Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
2.      Identifikasi/ citra umum Berisi ….
3.      Deskripsi bab Berisi….
4.      Sebutkan Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian!
5.      Sebutkan penggunaan tanda koma (,) yg kau ketahui!
6.      Sebutkan penggunaan aksara kapital yg kau ketahui!
7.      Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jikalau …. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dgn kata yg mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bab barat, di samping).
8.      Fonem k, p, t, s luluh jikalau sesudah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yg berawal dgn aksara k, p, t, s. tuliskan contonya!
9.      Fonem k, p, t, s tidak luluh jikalau sesudah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yg diawali dgn kluster/ konsonan rangkap. Tuliskan contonya!
10.  Gantilah dgn kata yg bermakna sama
Sungguh elok pemandangan di Raja Ampat
Air bahari di Pantai itu sungguh jernih.
Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dgn warna cokelat.
Koral itu seolah-olah jamur yg sesungguhnya
Pasir putih nan lembut berpadu dgn batas air.
Luar biasa pemandangan di pantai itu.
Bentuk koral di bahari dangkal itu beragam.
Keindahan alami pulau itu sangat menakjubkan

Kunci jawaban
1.      Identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
2.      Nama objek yg dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum perihal objek.
3.      Deskripsi bab Berisi perincian bab apa yg dilihat, apa yg didengar, apa yg dirasakan penulis dgn mengamati objek.
4.      Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian: (1) Deskripsi bab menurut ruang. (2) Deskripsi bab menurut anggota bagian- bab objek. (3) Deskripsi bab menurut proses sesuatu berlangsung. (4) Deskripsi bab berupa pemfokusan.
5.      Tanda koma (,) digunakan (1) di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan. (2) digunakan di belakang kata penghubung antarkalimat yg terdapat pada awal kalimat (jadi, dgn demikian)
6.      Huruf kapital digunakan sebagai aksara pertama nama diri atau nama diri geografi jikalau kata yg mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya tabrakan Jepara, sarung Makasar Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yg diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
7.      Diikuti dgn kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak.
8.      Misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina)
9.      Misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi.
2.  Penilaian Keterampilan
Ubah dan lanjutkan deskripsi berikut sesuai dgn kondisi sekolahmu!
SMPN Merdeka merupakan salah satu sekolah pujian di daerahku. Sekolahku terletak di pinggir kota Malang. Tepatnya, sekolahku berlokasi di Jalan Sukarno 28.Sekolah kebanggaanku ini memiliki akomodasi yg lengkap.Sekolahku sangat asri dan nyaman. ………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………….
……………………………
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan aktivitas pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                  :  Buku, infokus.
Bahan                         :  Teks deskripsi.
Sumber Belajar            :    
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_26.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar