Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3. DAN 4.1 REVISI 2017

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kd 3.1 dan 4.1 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.1 dan KD 4.1

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   : VII/1
Alokasi Waktu   : 10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati aliran agama yg dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yg didengar dan dibaca
Indikator
·   Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yg dibaca/didengar.
·   Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yg dibaca/didengar.
·   Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yg dibaca/didengar.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yg didengar dan dibaca.
Indikator
·   Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
·   Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·   Pengertian teks deskripsi
·   Jenis teks deskripsi
·   Tujuan komunikasi teks deskripsi
·   Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·   Pengertian teks deskripsi
·   Jenis teks deskripsi
·   Tujuan komunikasi teks deskripsi
·   Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks

3Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·   Pengertian teks deskripsi
·   Jenis teks deskripsi
·   Tujuan komunikasi teks deskripsi
·   Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks
Sikap utama yg ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
D.  Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
  • Siswa mendapatkan informasi ihwal keterkaitan pembelajaran dikala di SD dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Guru bertanya-jawab ihwal bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bab awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yg lain).Ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari manfaat simpel utk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali jenis teks dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks mempunyai fungsi yg saling berkaitan.
  • Dibuka dgn conto teks deskripsi yg berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
  • Bertanya jawab ihwal kata kunci pada lagu dan hubungannya dgn teks deskripsi.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan Pertama (6 JP)
  • Membaca banyak sekali conto teks deskripsi
  • Menanya ihwal ciri teks deskripsi dan jenis teks deskripsi
  • Menggali informasi
  • Mendaftar informasi terkait ciri tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
  • Membaca banyak sekali teori dari banyak sekali sumber termasuk pada buku siswa
  • Menalar
  • Mendiskusikan ciri umum teks deskripsi
  • Menyimpulkan ciri teks deskripsi dan jenis teks
  • Mengomunikasikan
  • Mempresentasikan hasil diskusi
Pertemuan kedua ( 4 JP)
  • Mengamati judul teks
  • Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
  • Menggali informasi
·         Membaca beberapa teks deskripsi
  • Menalar
·         Mendiskusikan isi teks
·         Memetakan isi teks
·         Membandingkan isi beberapa teks
·         Menyimpulkan cara memahami isi teks
  • Mengomunikasikan
·         Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami isi teks
3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik ihwal proses pembelajaran.
  • Mewajibkan siswa utk membaca buku yg berkaitan dgn objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yg ditekankan yaitu minat baca yg tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
  • Siswa mendapatkan penyampaian ihwal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis
Bentuk            :  Pilihan ganda
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Lingkarilah pada tanggapan yg tepat!
          1.      Objek teks deskripsi bersifat … dgn ciri tertentu yg berbeda dgn umumnya.
a.       umum     b. khusus             c. pribadi              d. luas

           2.      Objek/Hal yg Dideskripsikan dalam teks tersebut yaitu ….
a.       nama ayahku                                             c. sifat ayahku
b.      kehidupan ayah yg mengerikan             d. sosok ayahku
           3.      Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah
a.       ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
b.      nama, wajahnya, orang Batak
c.       rambutnya, dagunya, jenggotnya
d.      sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam
4.      Hal yg menggambarkan objek dgn cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
            5.      Objek yg dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yg kemungkinan berbeda dgn objek lain). Objek yg dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
        6.      Teks yg diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,  dan bersifat personal dgn kandungan emosi merupakan ….
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
        7.      Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yg menjadi bab teks lain.
a.       berdiri sendiri sebagai teks                        c. berupa kalimat        
b.      berupa paragraph                                       d. berupa buku
8.      Rasa hangat berbaur dgn lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
a.        seakan sanggup dilihat                                  c. seakan sanggup dirasakan
b.       seakan sanggup didengar                              d. seakan sanggup diraba
         9.      Teks deskripsi memakai majas utk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yg bermajas yaitu ….
a.       Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
b.      Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yg sabar.
c.       Beliau selalu mengatakan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
d.      Bagai air yg mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
          10.  Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
a.       Menggunakan kata-kata umum                 c. Menggunakan kata sinonim
b.      Menggunakan kalimat rincian                   d. Menggunakan majas


2.  Penilaian Keterampilan
Teknik             : Produk
Instrumen        :
      Tugas
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
·   Praktik memilih contoh pengembangan isi teks
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat       : buku, infokus
Bahan              : teks deskripsi
Sumber Belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 1 s.d 12.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 33 s.d 39.

                                                                                         



= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_28.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar