Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.8 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 4.8  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.8

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yg berupa buku pengetahuan secara ekspresi dan tulis dgn memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan.
Indikator
  • Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
  • Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.

C.  Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.

Keterampilan
·         Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik memperlihatkan narasi ekspresi utk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.

Keterampilan
·         Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik memperlihatkan narasi ekspresi utk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.
Keterampilan
·         Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik memperlihatkan narasi ekspresi utk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.

Sikap utama yg ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kolaborasi , proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks laporan hasil observasi yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D: Konstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
  • Mengamati langkah cara menulis teks hasil observasi, conto judul, conto kerangka karangan, dan tabel informasi.
  • Mempertanyakan cara menentukan topik dan menyusun kerangka dalam bentuk kalimat tanya.
  • Menentukan topik yg akan ditulis.
  • Membuat kerangka.
  • Menentukan informasi dan cara menggali informasi.
  • Menggali informasi dgn pengamatan/ wawancara dan membaca buku.

Pertemuan Kedua (2 JP)
  • Menggali informasi dgn mengamati objek dan membaca buku perihal topik yg telah ditentukan.
  • Menata dan mengintegrasikan hasil pengamatan dgn hasil bacaan.
  • Mengurutkan isi.
  • Memilih kata sambung yg sesuai antarkalimat maupun antarparagraf.


Pertemuan Ketiga (2 JP)
  • Mengamati draft LHO yg disusun.
  • Menanya
Bagian mana yg masih perlu diperbaiki.
  • Menggali informasi.
  • Membaca draft.
  • Menemukan kesalahan dari teks yg ditulis.
  • Memublikasikan hasil.

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksanakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan terkenal utk meningkatkan diri, mengasihi lingkungan atau menambah wawasan perihal ilumu. Misalnya membaca perihal meteor, perihal penyakit hati, perihal usus mausia, perihal fauna dan tanaman Indonesia.
  • Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Berdasarkan teks tersebut:
  1. Sebutkan langkah menciptakan teks laporan hasil observasi!
  2. Tulislah penulisan judul yg sesuai dgn kaidah penulisan judul yg tepat!
  3. Bagaimanakah variasi identifikasi yg dikembangkan dalam teks tersebut?
  4. Bagaimanakah variasi rincian bab pada teks tersebut?
Kunci jawaban
  1. Langkah menciptakan teks laporan hasil observasi berikut!
  • Menentukan Topik yg akan Ditulis.
  • Menyusun Kerangka Laporan
  • Menentukan Informasi yg Diperlukan dan Cara Mencari Informasi.
  • Menata Informasi dan Hasil Rangkuman Menjadi Teks Hasil Laporan Observasi.
  • Menata Informasi yg Diperoleh Sesuai Struktur Teks Hasil Observasi.
  • Memvariasikan Kalimat dan Pengembangan Paragraf pada Teks Laporan Hasil observasi
  1. Disesuaikan dgn tema yg dipilih.
  2. Disesuaikan dgn teks.
  3. Disesuaikan dgn teks.

2.  Penilaian Keterampilan
  • Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik memperlihatkan narasi ekspresi utk video/ objek.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat.
Kegiatan Kreatif Bersama
  • Pilihlah video dokumenter perihal binatang atau tanaman Indonesia.
  • Lihatlah video/ gambar perihal binatang secara cermat. Cari informasi dan rangkum isi perihal ciri fisik hewan, habitat hewan, makanan, sikap binatang dan lain-lain.
  • Sajikan di depan kelas secara berantai 5-6 orang.
  • Lakukan berantai!
  • Bertindaklah ibarat reporter televisi yg sedang mengisi bunyi pada video perihal tanaman fauna Indonesia.
  • Bahasa ekspresi yg kau gunakan harus sesuai dgn gambar yg ditampilkan video!
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, video.
Bahan                          :  Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 158 s.d 163.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 84 s.d 88.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_33.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar