Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 4.10  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KD 4.10)

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP 


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara mulut dan tulis dgn memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa.
Indikator
  • menulis puisi rakyat dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah puisi rakyat (pantun).
  • menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
  • menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun.

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan D
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan puisi rakyat.
·         Contoh variasi sampiran pantun dgn bermacam-macam tema.
·         Contoh variasi isi pantun dgn bermacam-macam tema.
Keterampilan
·         Praktik menulis puisi rakyat dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki puisi rakyat yg dibuat.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan puisi rakyat.
·         Contoh variasi sampiran pantun dgn bermacam-macam tema.
·         Contoh variasi isi pantun dgn bermacam-macam tema.
Keterampilan
·         Praktik menulis puisi rakyat dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki puisi rakyat yg dibuat.
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan puisi rakyat.
·         Contoh variasi sampiran pantun dgn bermacam-macam tema.
·         Contoh variasi isi pantun dgn bermacam-macam tema.
Keterampilan
·         Praktik menulis puisi rakyat dari objek sekitar yg diamati.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki puisi rakyat yg dibuat.

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D. Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab perihal isi puisi rakyat yg monumental yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D: Konstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
  • Mengamati dilema pada koran/ media massa.
  • Mempertanyakan langkah menciptakan puisi rakyat dgn mengamati objek tersebut.
  • Menggali informasi dari aneka macam sumber langkah menulis puisi rakyat.
  • Latihan menyusun puisi rakyat menurut objek yg ditentukan/ dipilih siswa dgn langkah yg ditemukan.
  • Menyajikan dalam bentuk musikalisasi syair/ gurindam.

Pertemuan Kedua (4 JP)
  • Mengamati conto judul dan kerangka puisi rakyat deskripsi.
  • Membuat judul dan merancang kerangka puisi rakyat.
  • Menggali informasi.
  • Menacari data dari objek yg dipilih.
  • Mendata kata kunci.
  • Menalar
  • Merangkai kata-kata kunci menjadi puis rakyat mencipta
  • Mengomunikaskan
  • Mengamati conto kesalahan pengembangan (deskripsi fisik dan perbaikannya.
  • Menanya
  • Menggali informasi
  • Menemukan kesalahan dari puisi rakyat yg ditulis
  • Memperbaiki



3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca puisi rakyat ( gurindam, syair, pantun) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.
  • Siswa mendapatkan penyampaian perihal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.

 E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan puisi rakyat
Tulislah langkah-langkah utk menciptakan pantun!

Kunci jawaban
Langkah menciptakan pantun!
1.      Tentukan wangsit yg akan disampaikan ( kalau hidup bekerja keras kelak hidupnya menjadi sukses).
2.      Menata wangsit menjadi dua larik ( dgn suara simpulan yg berbeda).
3.      Memilih kosakata yg diakhir dgn suara menyerupai dua larik.
4.      Membuat larik sampiran dari benda/ kondisi yg tidak berkaitan pribadi dgn isi.
5.      Menata kembali kalimat/ larik dgn rima dari kosakata yg berima sama.
6.      Menata pantun secara logis.

2.  Penilaian Keterampilan
Berunjuk Karya dgn Puisi Rakyat
Lakukan berbalas pantun dgn hukum permainan berikut!
1.      Permainan ini terdiri atas dua kelompok (kelompok “gadis” dan “bujang”; atau sanggup dikembangkan menjadi kelompok “pro” dan “kontra” ).
2.      Jumlah anggota kelompok minimal 3 orang, maksimal 5 orang.
3.      Setiap kelompok terdiri atas ketua dan anggota.
4.      Kegiatan berbalas pantun dipimpin oleh seorang moderator yg bertugas menengahi, mengulas, dan menyimpulkan aktivitas berbalas pantun.
5.      Setiap sesi berbalas pantun mempunyai tema, contohnya “perkenalan”.
6.      Pantun yg merupakan balasan setiap kelompok secara berkesinambungan dan bergiliran.
7.      Struktur berbalas pantun terdiri atas pembukaan, isi/maksud, dan epilog atau kesimpulan.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan aktivitas pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Puisi rakyat
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 186 s.d 191.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 97 s.d 101.
  • http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_36.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.10"

Posting Komentar