Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.7 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 4.7 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.7

Nama Sekolah    : SMPN
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  1 pertemuan (2 JP)


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yg berupa buku pengetahuan yg dibaca dan didengar
Indikator
4.7.1 Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi.
4.7.2 Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari.
4.73. Menjawab pertanyaan perihal isi teks laporan hasil observasi.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa bisa memilih gagasan pokok teks laporan hasil observasi
2. siswa bisa memberik

D.  Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran Reguler
Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks laporan hasil observasi.
·         Jenis teks laporan hasil observasi.
·         Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi.
·         Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi.
·         Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yg dipakai pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh istilah dalam bidang lingkungan, tumbuhan fauna.
·         Cara memilih gagasan pokok.

Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks laporan hasil observasi.
·         Jenis teks laporan hasil observasi.
·         Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi.
·         Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi.
·         Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yg dipakai pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh istilah dalam bidang lingkungan, tumbuhan fauna.
·         Cara memilih gagasan pokok.

Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).

Sikap utama yg ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kolaborasi , proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada cuilan awal ini siswa disadarkan adanya teks laporan hasil observasi dalam komunikasi nyata (pada majalah/ jurnal ilmiah, buku pengetahuan populer, dan buku-buku pengetahuan yg lain. Untuk membangun konteks perlu disadarkan kebesaran Tuhan yg Maha Berilmu. Ilmu Tuhan terpapar pada seluruh aspek kehidupan. Hal ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari perlunya terus mensyukuri dan berusaha mencari tahu ilmu Tuhan yg ditebarkan pada seluruh bumi, langit, dan lautan. Pembelajaran sanggup dibuka dgn puisi yg berisi kesadaran insan perihal adanya ilmu Tuhan yg luas tak terbatas.
  • Bertanya jawab perihal kata kunci pada puisi yg ada hubungannya dgn teks laporan hasil observasi.Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A: Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (6 JP)
·         Membaca conto LHO/ melihat video dokumenter perihal meteor, hutan bakau, tumbuhan fauna dari segi ilmu.
·         Bertanya jawab perihal isi teks pertanyaan (apa yg dilaporan hasil observasikan, informasi apa saja yg ada pada cuilan teks).
·         Berdiskusi ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
·         Menyimpulkan ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
·         Menyimpulkan tujuan komunikasi teks LHO.

Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Membaca judul
·         Menanya
Bertanya dan menebak isi apa saja yg ada.
Bertanya cara memahami teks LHO.
·         Menggali informasi
Membaca secara detail teks LHO pada cuilan B pada buku siswa
Membaca langkah memilih ilham pokok pada cuilan B buku siswa
·         Menalar
Membuat pohon isi dari isi teks
Memilah kalimat utaman dan kalimat penjelas
Mendiskusikan ciri dan cara menemukan gagasan pokok

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan terkenal utk meningkatkan diri, mengasihi lingkungan atau menambah wawasan perihal ilumu. Misalnya membaca perihal meteor, perihal penyakit hati, perihal usus mausia, perihal fauna dan tumbuhan Indonesia.
·         Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Teks yg berfungsi utk menawarkan informasi perihal suatu objek atau situasi, sehabis diadakannya investigasi/ penelitian secara sistematis disebut ….
  2. Mengapa dikatakan laporan hasil observasi?
  3. Apa yg dibahas pada teks tersebut?
  4. Apa saja bagian-bagian yg diperinci?Tuliskan ilham pokok paragraf yg diberi nomor ( satu paragraf satu)
  5. Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas!
  6. Tentukan gagasan pokok tiap paragraf ?
  7. Tulislah informasi penting yg terdapat pada paragraf teks di atas!
  8. Sebutkan cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi!

Kunci jawaban
  1. Teks laporan hasil observasi
  2. Sebab (a) isi yg dibahas yaitu ilmu perihal suatu objek/ konsep, (b) objek yg dibahas bersifat umum sehingga menjelaskan ciri umum semua yg termasuk kategori/ kelompok itu (judul bersifat umum: Pantai, Museum, Demokrasi), (c) bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu, (d) objek atau hal dibahas secara sistematis, dirinci bagian-bagiannya, dan objektif, (d) memerinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek).
  3. Disesuaikan dgn teks.
  4. Disesuaikan dgn teks.
  5. Disesuaikan dgn teks.
  6. Disesuaikan dgn teks.
  7. Disesuaikan dgn teks.
  8. Cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi: (1) Mendaftar kata-kata kunci pada teks, (2) Memetakan bagian-bagian pada teks hasil observasi, (3) Memetakan paragraf (memilah kalimat yg utama dan kalimat penjelas), (4) Menentukan kalimat utama (kalimat yg dijelaskan kalimat lain), (5) Merumuskan inti kalimat utama.

2.  Penilaian Keterampilan
  1. Menentukan gagasan pokok
  2. Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.


F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, video.
Bahan                          :  Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 121 s.d 138.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 75 s.d 81.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_44.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.7 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar