Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.10  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP (KD 3.10)

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.
                            
B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian C
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yg dibaca dan didengar
Indikator
  • menyimpulkan variasi teladan pengembangan isi pantun
  • menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
  • melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
  • memvariasikan bermacam-macam teladan pengembangan puisi rakyat berupa pantun
  • mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
  • memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan C
Pengetahuan
  • Struktur puisi rakyat.
  • Karakteristik tiap bab puisi rakyat.
  • Contoh cara melengkapi puisi rakyat.
  • Contoh variasi puisi rakyat dari segi kalimat yg digunakan.
  • Contoh penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun).
Keterampilan
  • Praktik menelaah struktur puisi rakyat.
  • Praktik melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian).
  • Praktik memvariasikan bermacam-macam puisi rakyat (pantun).
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Struktur puisi rakyat.
·         Karakteristik tiap bab puisi rakyat.
·         Contoh cara melengkapi puisi rakyat.
·         Contoh variasi puisi rakyat dari segi kalimat yg digunakan.
·         Contoh penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun).

Keterampilan
·         Praktik menelaah struktur puisi rakyat.
·         Praktik melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bab identifikasi/gambaran umum, deskripsi bagian).
·         Praktik memvariasikan bermacam-macam puisi rakyat (pantun).
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Struktur puisi rakyat (struktur gurindam, syair, dan pantun).
·         Contoh variasi pantun dari segi jenis kalimat, teladan penyajian kalimat pada larik.
·         Contoh variasi pengembangan isi.
·         Contoh bermacam-macam kata berima pada sampiran dan isi.
·         Prinsip mengurutkan puisi rakyat.
·         Prinsip melengkapi puisi rakyat.
·         Prinsip berbagi puisi rakyat.
·         Prinsip memakai kata/ kalimat pada puisi rakyat.

Keterampilan
·         Praktik mengurutkan bab puisi rakyat.
·         Praktik melengkapi unsur-unsur puisi rakyat.
·         Praktik menyusun bagian-bagian puisi rakyat.
·         Praktik menyunting.

Sikap yg ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
·         Guru bertanya-jawab wacana isi puisi rakyat yg monumental yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
·         Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
·         Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
·         Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
·         Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian C: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
·         Mengamati bermacam-macam pantun.
·         Mempertanyakan struktur umum pantun persamaan dan perbedaan pantun.
·         Menggali informasi membaca conto telaah/ bermacam-macam teladan pengembangan (dari buku siswa atau sumber lain).
·         Mengelompokkan pantun dari segi teladan penyajian kalimat menjadi larik-larik pantun.
·         Latihan menciptakan telaah teladan penyajian menurut conto.
·         Berdiskusi teladan penyajian pantun, conto hasil telaah struktur pantun.
·         Menyajikan hasil.

Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Mengamati potongan-potongan pantun (bagian struktur yg acak dan belum lengkap).
·         Mempertanyakan cara mengurutkan dan melengkapi.
·         Menggali informasi membaca conto cara.
·         melengkapi dan cara mengurutkan.
·         Memresentasikan hasil mengurutkan dan melengkapi.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
·         Membaca dan mengamati conto kesalahan penggunaan kata, kalimat pada pantun.
·         Berdiskusi alasan kesalahan.
·         Bermain memperbaiki kesalahan.

Pertemuan Keempat (2 JP)
·         Mengamati kata-kata kunci.
·         Mempertanyakan bagimana cara menciptakan menjadi pantun.
·         Menggali informasi.
·         Membaca conto cara berbagi puisi rakyat dari kata kunci.
·         Berdiskusi mengembangkan.
·         Mengomunikasikan hasil.

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca puisi rakyat ( gurindam, syair, pantun) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.
·         Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan Contoh telaah puisi rakyat
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.   Struktur penyajian pantun satu bait terdiri atas … larik
2.   Struktur penyajian gurindam satu bait terdiri atas … larik.
3.   Struktur penyajian syair satu bait terdiri atas … larik.
4.   Pola rima pada pantun yakni ….
5.   Pola rima pada syair yakni ….
6.   Keempat larik syair merupakan ….
7.   Kalimat yg berisi atau bermaksud memberi perintah atau suruhan disebut ….
8.   Sebaiknya kau pikir dahulu demi keputusan yg tepat. Kalimat tersbut merupakan conto kalimat ….
9.   Kalimat yg berisi permintaan kepada orang lain utk melaksanakan suatu perbuatan (ayo dan mari) disebut kalimat ….
10.  Alangkah indahnya alam Indonesia ini. Kalimat tersebut merupakan conto kalimat ….
11.  Kalimat yg berisi larangan biar orang lain tidak melaksanakan acara (jangan, hidari). Disebut kalimat ….
12.  Kalimat yg mempunyai satu subjek dan satu predikat disebut kalimat ….
13.  Kalimat beragam yakni ….
14.  Kalimat yg terjadi dari beberapa kalimat tunggal yg kedudukannya tidak setara/sederajat disebut kalimat ….
15.  Kalimat beragam kekerabatan syarat ditandai dgn ….

Kunci jawaban
1.      4 larik.
2.      2 larik
3.      4 larik
4.      a-b-a-b
5.      sama (a-a-a-a).
6.      isi dan terkait dgn bait-bait yg lain.
7.      Kalimat Perintah
8.      Kalimat saran
9.      Kalimat ajakan
10.  Kalimat seru
11.  Kalimat larangan
12.  Kalimat Tunggal
13.  Kalimat yg mempunyai lebih dari satu subjek atau predikat
14.  Kalimat beragam bertingkat
15.  Jika, seandainya, asalkan,apabila, andaikan

2.  Penilaian Keterampilan
Berunjuk Karya dgn Puisi Rakyat
·         Praktik menelaah struktur puisi rakyat
·         Praktik melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
·         Praktik memvariasikan bermacam-macam puisi rakyat (pantun)
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Puisi rakyat
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 179 s.d 186.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_5.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.10"

Posting Komentar