Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9


Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.9 dan 4.9  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.9 DAN 4.9

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A
3.9  Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yg dibaca/didengar.
  • Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yg dibaca/didengar.
  • Mendaftar kata/ kalimat yg dipakai pada puisi rakyat pada teks yg dibaca/didengar.

Bagian B
4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yg disajikan dalam bentuk tulis
Indikator
  • Menyimpulkan isi pantun.
  • Menyimpulkan isi syair.
  • Menyimpulkan isi gurindam.

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan A dan B
Pengetahuan
·         Pengertian puisi rakyat
·         Jenis puisi rakyat
·         Tujuan komunikasi puisi rakyat
·         Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
·         Kata berima pada puisi rakyat
·         Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat
Keterampilan
·         Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
·         Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian)

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian puisi rakyat
·         Jenis puisi rakyat
·         Tujuan komunikasi puisi rakyat
·         Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
·         Kata berima pada puisi rakyat
·         Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat
Keterampilan
·         Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
·         Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian)

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian puisi rakyat
·         Jenis puisi rakyat
·         Tujuan komunikasi puisi rakyat
·         Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
·         Kata berima pada puisi rakyat
·         Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat

Keterampilan
·         Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)
·         Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian)

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, dan kreatif.

 D.       Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab wacana kaitan isi puisi rakyat yg monumental (misal Gurindam Duabelas Raja Ali Haji, Syair Perahu dan Hamzah Fansuri) dgn masalah-masalah sikap generasi muda masa kini. Guru sanggup mengutip beberapa nilai penting yg sangat relevan utk kehidupan masa kini. Misalnya, nilai kejujuran dan pantang mengalah yg ada pada puisi rakyat.
  • Siswa secara berantai membaca nilai-nilai pada puisi rakyat tersebut sambil mengamati gambar/ slide hilangnya kejujuran dan sikap pantang mengalah dalam masyarakt kita. Siswa disadarkan adanya nilai-nilai luhur pada puisi rakyat yg ditinggalkan nenek moyg bangsa Indonesia.
  • Membacakan masalah-masalah pada informasi masa yg bertentangan dgn nilai-nilai pada Gurindam Dua belas atau Syair Perahu.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Membangun konpuisi rakyat utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2.

2.  Kegiatan Inti
Bagian A dan B: Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
  • Membaca conto bermacam-macam gurindam, syair, pantun
  • Menanya wacana puisi rakyat
  • Berdiskusi ciri umum puisi rakyat, memilih persamaan dan perbedaan pantun, syair, dan gurindam

Pertemuan Kedua (4 JP)
  • Membaca/ mendengar puisi rakyat
  • Menamya
  • Isi pesan dalam puisi rakyat
  • Membaca dan menyanyikan puisi rakyat
  • Bermain utk mengenali isi puisi rakyat

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca puisi rakyat ( gurindam, syair, pantun) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.
  • Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan Contoh puisi rakyat
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Apa sajakah yg termasuk puisi rakyat?
  2. Puisi usang yg berasal dari negeri India. Yang berarti “mula-mula” atau “perumpamaan disebut ….
  3. Sebutkan ciri-ciri gurindam!
  4. Puisi Melayu yg mengakar dan membudaya dalam masyarakat yg berfungsi utk mendidik sambil menghibur disebut …
  5. Sebutkan ciri-ciri pantun!
  6. Melalui pantun leluhur kita secara tidak eksklusif memberi nasihat. Ini bukan berarti tidak tegas kalau hendak menyampaikan sesuatu, tetapi sanggup dikatakan bahwa kita mempunyai gaya tersendiri dalam mengungkapkan sesuatu. terkesan lebih santun utk menegur atau menasihati. Mengapa demikian?
  7. Puisi usang yg berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dgn masuknya Islam ke Indonesia yg mempunyai arti “perasaan yg menyadari”, disebut…
  8. Penyair yg berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu ialah ….
  9. Sebutkan 3 syair hasil karya Hamzah Fansuri!
  10. Sebutkan ciri-ciri syair!

Kunci jawaban
  1. Puisi rakyat berupa pantun, syair, gurindam.
  2. Gurindam.
  3. Ciri gurindam: (a) terdiri atas dua baris dalam sebait, (b) tiap baris mempunyai jumlah kata sekitar 10-14 kata, (c) tiap baris mempunyai rima sama atau bersajak A-A, B-B, C-C, dan seterusnya, (d) merupakan satu kesatuan yg utuh, (e) baris pertama berisi soall, masalah, atau perjanjian, (f ) baris kedua berisi jawaban, akhir dari problem atau perjanjian pada baris pertama. (isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua), (g) isi gurindam biasanya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara.
  4. Pantun
  5. Ciri-ciri pantun: (a) tiap bait terdiri atas empat baris (larik), (b) tiap baris terdiri atas 8 hingga 12 suku kata, (c) rima simpulan setiap baris ialah a-b-a-b, (d) baris pertama dan kedua merupakan sampiran, (e) baris ketiga dan keempat merupakan isi.
  6. Agar orang yg kita tuju tidak merasa aib atau dipojokkan.
  7. Syair
  8. Hamzah Fansuri
  9. Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir.
  10. Ciri-ciri syair antara lain : (a) setiap bait terdiri dari empat baris, (b) setiap baris terdiri atas 8-14 suku kata, (c) bersajak a-a-a-a, (d) semua baris ialah isi, (e) bahasa yg dipakai biasanya berupa kiasan.

2.  Penilaian Keterampilan
Disajikan pantun karya nenek moyg dan pantun baru.
·         Carilah makna kata sulit pada pantun tersebut!
·         Uraikanlah dgn bahasamu sendiri isi pantun tersebut!
·         Tulislah kembali hikmah dan usul yg terdapat dalam pantun!
·         Bandingkan isi nilai-nilai/ tindakan baik yg terdapat pada pantun karya nenek moyg dan karya generasi sekarang!
Disajikan conto gurindam.
·         Carilah makna kata sulit pada gurindam tersebut!
·         Simpulkan nilai-nilai moral/ hikmah yg terdapat pada gurindam di atas!
Disajikan sebuah syair.
·         Carilah makna kata sulit pada syair tersebut!
·         Simpulkan nilai-nilai moral/ hikmah yg terdapat pada syair di atas!
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.


F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Puisi rakyat
Sumber Belajar
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 179 s.d 186.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_50.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.9 Dan 4.9"

Posting Komentar