Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.4 REVISI 2017

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 KD 3.4 Revisi 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.4

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • Merinci struktur dongeng fantasi
  • Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian ada struktur dongeng fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
  • Menelaah hasil melengkapi dongeng fantasi dari segi struktur dongeng fantasi
  • Memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca
  • Mengomentari dongeng fantasi dari segi struktur dan bahasanya

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Struktur dongeng fantasi
  • Karakteristik tiap belahan struktur dongeng fantasi
  • Prinsip dan conto cara melengkapi dongeng fantasi
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yg berkaitan dgn waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, sehabis itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, lantaran itu,), syarat dan kondisi (jika, seandainya)
  • Prinsip dan conto kalimat pribadi dan tidak pribadi pada dongeng fantasi
  • Prinsip dan conto penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita
  • Prinsip dan conto tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fantasi (melengkapi belahan orientasi, komplikasi, resolusi)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat dalam
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita)
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/kalimat narasi pada cerita
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Struktur dongeng fantasi
  • Karakteristik tiap belahan struktur dongeng fantasi
  • Prinsip dan conto cara melengkapi dongeng fantasi
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yg berkaitan dgn waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, sehabis itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, lantaran itu,), syarat dan kondisi (jika, seandainya)
  • Prinsip dan conto kalimat pribadi dan tidak pribadi pada dongeng fantasi
  • Prinsip dan conto penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita
  • Prinsip dan conto tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fantasi (melengkapi belahan orientasi, komplikasi, resolusi)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat dalam
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita)
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/kalimat narasi pada cerita
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Struktur dongeng fantasi
  • Karakteristik tiap belahan struktur dongeng fantasi
  • Prinsip dan conto cara melengkapi dongeng fantasi
  • Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yg berkaitan dgn waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, sehabis itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, lantaran itu,), syarat dan kondisi (jika, seandainya)
  • Prinsip dan conto kalimat pribadi dan tidak pribadi pada dongeng fantasi
  • Prinsip dan conto penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita
  • Prinsip dan conto tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur dongeng fantasi (melengkapi belahan orientasi, komplikasi, resolusi)
  • Praktik melengkapi kata/kalimat dalam
  • Praktik memvariasikan alur (awal, tengah, selesai cerita)
  • Praktik memvariasikan kalimat dialog/kalimat narasi pada cerita
  • Praktik menciptakan telaah kemenarikan isi dan bahasa cerita

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama, proaktif, dan kreatif.



D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab wacana dongeng fantasi yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama (2 JP)
Bagian C : Prakonstruksi
  • Mengamati tabel struktur fantasi
  • Menanya
  • Bagaimna struktur dongeng dan penggunaan bahasa pada dongeng fantasi
  • Menggali informasi wacana karakteristik orientasi, kompilkasi, resolusi pada dongeng fantasi
  • Latihan mengidentifikasi struktur fantasi
  • Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan bahasa dongeng fantasi

Pertemuan kedua (2 JP)
  • Mengamati dongeng fantasi yg belum lengkap
  • Mempertanyakan cara melengkapi
  • Menggali informasi
  • Membaca lagi cara melengkapi belahan struktur dongeng fantasi
  • Berdiskusi melengkapi dongeng fantasi
  • Mempresentasikan hasil dan menciptakan telaah dari dongeng yg telah dilengkapi. Telaah dari segi struktur dan penggunaan bahasanya

Pertemuan ketiga (2 JP)
  • Mengamati bagian-bagian yg tidak lengkap
  • Bertanya wacana cara melengkapi
  • Membaca menggali informasi cara melengkapi fantasi
  • Bermain melengkapi i orientasi, komplikasi, resolusi pada cerita
  • Menyimpulkan cara melengkapi
  • Mengomunikasikan hasil

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
  • Mewajibkan siswa siswa utk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
  • Siswa mendapatkan penyampaian wacana aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dongeng fantasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Amati dongeng fantasi tersebut dan rincilah strukturnya!
  2. Ciri/ karakteristik belahan Orientasi ialah ….
  3. Ciri/ karakteristik belahan Komplikasi ialah ….
  4. Ciri/ karakteristik belahan Resolusi ialah ….
  5. Pengembangan struktur sanggup dilakukan dalam banyak sekali pola. Sebutkan teladan pengembangan belahan orientasi!
  6. Pengembangan struktur sanggup dilakukan dalam banyak sekali pola. Sebutkan teladan pengembangan belahan komplikasi!
  7. Pengembangan struktur sanggup dilakukan dalam banyak sekali pola. Sebutkan teladan pengembangan belahan resolusi!
  8. Garis besar rangkaian insiden merupakan sebuah dongeng atau rangkaian jalinan (alur/plot) cerita. Alur lengkap dimulai dari ….
  9. Setetes air mata pun jatuh dari wajah Sang Ratu. Tak sepatah kata pun terdengar dari bibirnya. Kamar yg megah ini terasa sunyi dan penuh kesedihan. Pernyataan tersebut menjelaskan latar ….
  10. Penggunaan kata/ ungkapan keterkejutan berfungsi utk menggerakkan dongeng (memulai masalah). Berilah conto!

Kunci Jawaban
  1. Struktur dongeng fantasi tersebut ialah (1) Orientasi (2) Komplikasi (3) Resolusi/ penyelesaian masalah.
  2. Ciri/ karakteristik bagian-bagian Orientasi ialah pengenalan tokoh, latar cerita.
  3. Ciri/ karakteristik belahan Komplikasi ialah berisi kekerabatan alasannya ialah akhir sehingga muncul duduk kasus sampai duduk kasus itu memuncak.
  4. Ciri/ karakteristik belahan Resolusi ialah berisi penyelesaian duduk kasus dari konflik yg terjadi.
  5. pola pengembangan belahan orientasi misalnya: (1) Dikembangkan dari deskripsi latar. (2) Dikembangkan dari pengenalan tokoh. (3) Dikembangkan dari pengenalan konflik.
  6. pola pengembangan belahan komplikasi misalnya: (1) Dikembangkan dgn menghadirkan tokoh lain. (2) Dikembangkan dgn mengubah latar. (3) Dikembangkan dgn melompat pada zaman yg berbeda (masa lampau atau masa depan).
  7. pola pengembangan belahan resolusi contohnya (1) Dikembangkan dgn lompatan waktu. (2) Dikembangkan sebab- akhir yg unik. (3) Dikembangkan dgn surprise (kejutan).
  8. Orientasi yaitu pengenalan latar terjadinya, siapa yg mengalami, muncul masalah, duduk kasus memuncak, pemecahan masalah.
  9. Latar suasana.
  10. Tiba-tiba seorang alien yg berukuran lebih besar datang.

2.  Penilaian Keterampilan
Lanjutkan rangkaian insiden berikut!
Orientasi
Dengan tergesa Meza menuju perpustakaan sekolahnya. Tugas dari guru Bahasa Indonesia harus dikumpulkan siang nanti jam ke 7. Padahal ia belum membaca sama sekali buku biografi yg ditugaskan. Perpustakaan
masih sepi dikala Meza memasuki perpustakaan. ……………………………..
Komplikasi
Dengan cepat diambilnya sebuah buku biografi yg sudah ada di meja baca.Buku itu nampak sedikit lusuh.Dia membaca buku wacana biografi Bung Tomo.Pada halaman ke sepuluh ia ditarik Bung Tomo diajak berjalan-jalan menyaksikan usaha pada 10 Nopember 1945. ……………………..
Resolusi
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………….
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan aktivitas pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :Buku, infokus.
Bahan                    :Struktur dongeng fantasi.
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 60 s.d 72.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 54 s.d 56.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_64.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.4 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar