Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.4 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 KD 4.4 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (2.3)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  4 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk dongeng fantasi secara verbal dan tulis dgn memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa

Indikator
  • merencanakan pengembangan dongeng fantasi
  • menulis dongeng fantasi dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fantasi
  • Contoh variasi judul pada dongeng fantasi
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Aspek-aspek yg disunting pada dongeng fantasi

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fantasi dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik menulis fantasi dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yg dibuat

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fantasi
  • Contoh variasi judul pada dongeng fantasi
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Aspek-aspek yg disunting pada dongeng fantasi

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fantasi dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik menulis fantasi dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yg dibuat

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fantasi
  • Contoh variasi judul pada dongeng fantasi
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Aspek-aspek yg disunting pada dongeng fantasi

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fantasi dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik menulis fantasi dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yg dibuat

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen akseptor didik.
·         Guru bertanya-jawab perihal dongeng fantasi yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
·         Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
·         Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg kan dicapai.
·         Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
·         Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D : Konstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
·         Mengamati judul, kerangka, dan langkah
·         Mengembangkan dongeng fantasi
·         Mempertanyakan langkah menciptakan dongeng fantasi dgn mengamati objek
·         Menggali informasi dari aneka macam sumber langkah menulis dongeng fantasi
·         Latihan memilih kerangka dongeng fantasi menurut yg ditentukan/ dipilih siswa
·         Memajang kerangka dongeng dan saling mengomentari serta meminta masukan


Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Mengamati kerangka yg telah dihasilkan pada pertemuan sebelumnya
·         Menanya
·         Bagaimana cara menyebarkan kerangka menjadi dongeng utuh
·         Menggali informasi utk menyebarkan kerangka dongeng fantasi menjadi dongeng utuh
·         Latihan
·         Mengembangkan kerangka menjadi dongeng utuh
·         Mencari data dari objek yg dipilih
·         Membaca aneka macam buku dan mengamati aneka macam objek yg sesuai utk mengembnagkan isi cerita
·         Menalar
·         Menyusun aneka macam informasi menjadi bab orientasi, komplikasi, dan resolusi
·         Mencipta draft dongeng fantasi
·         Mengomunikasikan hasil
·         Memajang/ menukarkan hasil utk meminta masukan dari teman/ guru
·         Menyunting dan memperbaiki memperbaiki karya dari segi pilihan kata, kalimat, atau aspek kesastraan ( kosistensi tokoh, alur, latar, sudut pandang, obrolan antar tokoh, dll)
·         Memublikasikan hasil

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·         Mewajibkan siswa siswa utk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
·         Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dongeng fantasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Tulislah langkah Menulis Cerita Fantasi!
  2. Bagaimana menemukan pandangan gres dongeng fantasi?
  3. Galilah pandangan gres dgn menciptakan fantasi dari topik lingkungan, kecanggihan teknologi, para pahlawan, atau topik lain yg menarik perhatianmu!
  4. Berfantasilah seperti kau mengembara pada 100 tahun yg akan tiba dgn kecanggihan teknologi yg luar biasa atau kondisi lingkungan yg sudah sangat tercemar/ rusak.
  5. Tulislah tema yg akan kau tulis dalam bentuk pernyataan!
  6. Tentukan latar!
  7. Tulislah deskripsi tokoh-tokoh dalam ceritamu!
  8. Buat sinopsis/ ringkasan dongeng yg merupakan ringkasan insiden dari awal hingga selesai cerita!
Kunci Jawaban
  1. Langkah menulis dongeng fantasi: (1) Menemukan Ide Penulisan. (2) Penggalian Ide Cerita Fantasi dari Membaca. (3) Membuat Rangkaian Peristiwa. (4) Mengembangkan Cerita Fantasi.
  2. Cerita fantasi sanggup diperoleh dari pengamatan. Ide dongeng fantasi juga sanggup diperoleh melalui membaca buku pengetahuan/ buku ilmiah perihal ruang angkasa, binatang langka, biografi tokoh dan seterusnya. Ide dongeng fantasi juga sanggup diperoleh dari membaca dan pengalaman mitos-mitos lokal/ daerah.
  3. Ide yg dikemukakan.
  4. Fantasi yg dikembangkan.
  5. Pernyataan yg dikemukakan.
  6. Latar suasana, tempat dan latar waktu yg dikemukakan.
  7. Deskripsi perihal tokoh-tokoh.
  8. Hasil sinopsis.

2.  Penilaian Keterampilan
Menulis Cerita Fantasi
Praktikkan langkah-langkah menulis dongeng fantasi pada balasan no. 1 di atas utk berkarya!
Lakukan acara berikut!
Merencanakan menciptakan fantasi
Mengembangkan produk
Memberi judul yg menarik
Menelaah utk Merevisi
Memublikasikan

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             : Buku, video.
Bahan                    : Langkah menulis dongeng fantasi.
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 73 s.d 80.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 56 s.d 60.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_65.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar