Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.13 dan 4.13  Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 3.13)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  12 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati aliran agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

BKompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A:
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/ atau permohonan) dari surat langsung dan surat dinas yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • menyimpulkan ciri umum surat langsung dan surat dinas pada teks yg dibaca/didengar.
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat langsung dan surat dinas pada teks yg dibaca/didengar.

Bagian B:
4.13  Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat langsung dan surat dinasyg dibaca atau diperdengarkan.
Indikator
  • Memetakan isi surat langsung dan surat dinas.
  • Menjawab pertanyaan isi surat langsung dan surat dinas.

CMateri Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan A dan B
Pengetahuan
·         Pengertian surat langsung dan surat dinas.
·         Jenis surat langsung dan surat dinas.
·         Tujuan komunikasi surat langsung dan surat dinas.
·         Pola pengembangan isi pada surat langsung dan surat dinas.




Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi.
·         Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
·         Praktik memilih contoh pengembangan isi teks.

  1. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian surat langsung dan surat dinas.
·         Jenis surat langsung dan surat dinas.
·         Tujuan komunikasi surat langsung dan surat dinas.
·         Pola pengembangan isi pada surat langsung dan surat dinas.

Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi.
·         Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
·         Praktik memilih contoh pengembangan isi teks.

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian surat langsung dan surat dinas.
·         Jenis surat langsung dan surat dinas.
·         Tujuan komunikasi surat langsung dan surat dinas.
·         Pola pengembangan isi pada surat langsung dan surat dinas.

Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi.
·         Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian.
·         Praktik memilih contoh pengembangan isi teks.

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
  1.  Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
  2. Guru bertanya-jawab perihal bentuk surat langsung dan surat dinas dalam kehidupan sehari-hari. Pada bab awal ini siswa disadarkan adanya surat langsung dan surat dinas dalam komunikasi nyata (surat utk menteri, presiden, atau utk orang-orang/ forum tertentu. Kegiatan ini bertujuan biar siswa lebih menyadari manfaat mudah utk berkontribusi dalam masyarakat.
  3. Dibuka dgn conto surat langsung kepada presiden/ orang-orang andal Bertanya jawab perihal dgn surat langsung dan surat dinas.
  4. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  5. Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2



  1. Kegiatan Inti
Bagian A dan B: Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
  1. Membaca conto
  2. Bertanya jawab perihal isi surat.
  3. Berdiskusi ciri isi surat pribadi.
  4. Bermain utk mengenali kata/ kalimat pada surat pribadi.
  5. Menyimpulkan ciri isi dan bahasa dalam surat pribadi.

Pertemuan Kedua (2 JP)
  1. Membaca lagi conto surat.
  2. Mendata kata baku dan tidak baku, mendata ungkapan/ kalimat yg menyatakan teria kasih, permohonan maaf, harapan, keluhan, dan lain-lain.
  3. Mencermati bahasa dalam surat pribadi
  4. Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi surat pribadi

Pertemuan Ketiga, Surat Dinas (2 JP)
  1. Membaca bermacam-macam conto surat dinas.
  2. Bertanya jawab perihal isi surat.
  3. Berdiskusi jenis isi surat dinas dan komponen dalam surat dinas.
  4. Bermain utk mengenali kata baku dan kalimat efektif pada surat dinas.
  5. Menyimpulkan ciri isi dan bahasa dalam surat dinas.
  6. Membuat tabel perbandingan surat langsung dan dinas.
  7. Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi surat pribadi.

Pertemuan Keempat, Surat Pribadi (2 JP)
Bagian B: Prakonstruksi
  1. Membaca conto.
  2. Bertanya jawab perihal isi surat.
  3. Berdiskusi ciri isi surat pribadi.
  4. Bermain utk mengenali kata/ kalimat pada surat pribadi.
  5. Menyimpulkan ciri isi dan bahasa dalam surat pribadi.

Pertemuan Kelima (2 JP)
  1. Membaca lagi conto surat.
  2. Mendata kata baku dan tidak baku, mendata ungkapan/ kalimat yg menyatakan teria kasih, permohonan maaf, harapan, keluhan, dan lain-lain.
  3. Mencermati bahasa dalam surat pribadi.

Pertemuan Keenam (2 JP)
  1. Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi surat pribadi.

3.  Penutup
a)   Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
b)   Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksanakan.
c)   Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
d)   Siswa ditugaskan utk membaca surat Kartini dan Surat terbuka utk presiden, atau buku perihal surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal harian.
e) Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.   Penilaian Pengetahuan
Teknik       :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk        :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu
Indikator Soal       :
Disajikan conto surat langsung dan surat dinas
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
  1. Sebutkan dua jenis surat, yg kau ketahui!
  2. Bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yg dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai langsung bukan sebagai wakil atau urusan yg berkaitan dgn kelembagaan/ kedinasan/ resmi disebut ….
  3. Berdasarkan conto surat langsung yg disajikan, simpulkanlah apa ciri surat langsung itu?
  4. Apa yg dimaksud dgn surat dinas? .
  5. Tulislah struktur surat dinas!
  6. Isi surat dinas berkaitan dgn topik kedinasan. Sebutkan 3 conto surat dinas?
  7. Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surat dinas. Hal ini ditandai dgn adanya …. pada struktur surat dinas
  8. Uraikanlah maksud isi surat dinas di atas!
  9. Mengapa panitia merasa perlu menulis surat kepada wali murid?
  10. Mengapa surat permohonan izin tersebut berbentuk surat dinas? Bukan surat pribadi?

2) Penilaian Keterampilan
Produk tentang:
  • Memetakan pengembangan isi
  • Praktik memahami isi surat langsung dan surat dinas (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih contoh pengembangan isi teks

Kunci Jawaban
  1. Ada dua jenis surat, yaitu surat langsung dan surat dinas.
  2. Surat pribadi
  3. Ciri surat langsung (a) merupakan bentuk komunikasi interaktif antara orang pertama (pengirim) dan orang kedua (penerima), (b) berisi unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahulua, isi, dan epilog surat, serta nama pengirim surat atau juga tanda tangan. (c) Isi surat langsung berkaitan dgn persoalan langsung menanyakan kabar, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi langsung yg lain
  4. Surat dinas yakni surat yg ditulis dalam situasi formal dan utk kepentingan formal.
  5. Struktur surat dinas
  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Tanggal surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Paragraf penutup
  • Nama dan tanda tangan pihak yg memperkuat surat
  • Nama dan tanda tangan penulis surat
  1. Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/ instansi/ perusahaan, lamaran pekerjaan, surat seruan izin tidak masuk, izin memakai tempat, dan sebagainya
  2. ada kepala surat dan nomor surat.
  3. Disesuaikan dgn sajian surat
  4. Disesuaikan dgn sajian surat
  5. Disesuaikan dgn sajian surat
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

2.      Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.   Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, Infokus.
Bahan       : Contoh surat langsung dan surat dinas.
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 243 s.d 250.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 117 s.d 124.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_68.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.13 Dan 4.13"

Posting Komentar