Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.6 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.6 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.6

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme ihwal cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara menciptakan kuliner khas daerah, dll.) dari aneka macam sumber yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menguraikan struktur teks mekanisme dan ciri bagian-bagiannya.
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
  • Menelaah hasil melengkapi teks mekanisme dari segi struktur dan kaidah bahasa.
  • Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Struktur teks prosedur.
  • Karakteristik tiap bab teks prosedur.
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur.
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur.
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur teks mekanisme (melengkapi bab identifikasi/gambaran umum, mekanisme bagian).
  • Praktik melengkapi kata/kalimat.
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur.


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Struktur teks prosedur.
·         Karakteristik tiap bab teks prosedur.
·         Contoh cara melengkapi teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur.
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yg salah maupun yg benar.

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks mekanisme (melengkapi bab identifikasi/gambaran umum, mekanisme bagian).
·         Praktik melengkapi kata/kalimat.
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Struktur teks mekanisme (tujuan, materi dan alat, langkah).
·         Contoh variasi bab (tujuan, materi dan alat, langkah).
·         Cara membuatkan paragraf pada teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan.
·         Contoh benar dan conto salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan.
·         Prinsip mengurutkan teks prosedur.
·         Prinsip membuatkan teks mekanisme paragraf rincian.
·         Prinsip membuatkan paragraf pada teks prosedur.
·         Prinsip memakai kata kalimat pada teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf.
·         Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca.

Keterampilan
·         Praktik mengurutkan bab teks prosedur.
·         Praktik melengkapi unsur-unsur teks prosedur.
·         Praktik menyusun bagian-bagian teks prosedur.
·         Praktik menyunting.

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1  Pendahuluan
·      Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
·      Guru bertanya-jawab ihwal bentuk teks mekanisme yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
·      Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
·      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
·      Bertanya jawab ihwal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
·      Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
·         Mengamati tabel struktur teks prosedur.
·         Menggali informasi ihwal karakteristik tujuan, langkah, dan epilog teks prosedur.
·         Latihan mengidentifikasi struktur teks mekanisme dan ciri-ciri tiap bagian.
·         Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan cara mengenali struktur.
·         Mengomunikasikan pada diskusi kelas dan guru memperlihatkan penguatan.

Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Mengamati urutan kalimat acak (bagian struktur yg acak).
·         Mempertanyakan cara mengurutkan.
·         Menggali informasi cara Mengurutkan.
·         Mempresentasikan hasil urutan dan saling menilai.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
·         Membaca dan mengamati conto kesalahan penggunaan kata, kalimat, tada baca/ ejaan.
·         Berdiskusi alasan kesalahan.
·         Bermain memperbaiki kesalahan.

Pertemuan Keempat (2 JP)
·         Mengamati teks mekanisme yg belum lengkap.
·         Mempertanyakan bagaimana cara melengkapi.
·         Menggali informasi.
·         Membaca conto variasi struktur teks.
·         Berdiskusi.
·         Melengkapi teks prosedur.
·         Menelaah hasil melengkapi teks prosedur.
·         Mengomunikasikan hasil.

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik ihwal proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca buku aneka macam resep tradisional, cara menciptakan cindera mata tempat (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa bisa mencatkan jam membaca secara jujur.
·         Siswa mendapatkan penyampaian ihwal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan struktur teks prosedur!
  2. Bagian yg menyebutkan apa yg dibentuk atau dilakukan dan penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau acara yg akan dibentuk panduannya, dgn memakai pilihan kata yg bisa menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif menyerupai “susah dilaksanakan” atau “akan memakan waktu lama”) dalam teks mekanisme terdapat pada bab ….
  3. Langkah dalam teks mekanisme bisa disajikan dalam dua bentuk, sebutkan!
  4. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan waktu, contohnya ….
  5. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan urutan, contohnya ….
  6. Cara menciptakan epilog teks mekanisme ialah dgn …..
  7. Kalimat yg mengandung makna memerintah atau meminta seseorang utk melaksanakan sesuatu sesuai dgn apa yg diinginkan oleh penutur atau penulisnya disebut ….
  8. Ciri-Ciri Kalimat Perintah ialah ….
  9. Kelas kata yg memperlihatkan keterangan kepada kata lain, menyerupai verba (kata kerja) atau adjektiva (kata sifat) disebut ….
  10. Buat kalimat perintah dgn memakai akhiran –i dan akhiran – kan!

Kunci jawaban
  1. Tujuan, materi dan alat, langkah, penutup.
  2. Bagian Pendahuluan (Pernyataan tujuan).
  3. Langkah dalam teks mekanisme bisa disajikan dalam dua bentuk, yaitu: (a) dalam bentuk uraian paragraf memakai kata ..pertama, …., kedua, ketiga …., dan, (b) dalam bentuk penomoran pada setiap langkah dgn urutan ke bawah.
  4. Kemudian, ketika, sebelum, sementara, sehabis itu.
  5. Pertama, kedua, ketiga.
  6. Merujuk kembali ke hal-hal pokok yg disebutkan dalam pendahuluan dan ulang kembali dgn kata yg lain (sinonim) atau ucapan selamat atau memotivasi orang utk melakukan. Ucapan selamat menikmati keindahan, kenyamanan, kelezatan hasil acara yg dilakukan).
  7. Kalimat perintah.
  8. Adverbia atau kata keterangan
  9. Ciri-Ciri Kalimat Perintah adalah: (1) Intonasi pada bab tengah kalimat naik atau meninggi, (2) Diakhiri dgn tanda baca seru (!), (3) Kalimat perintah memakai teladan inverse, (4) Biasanya memakai partikel lah ataupun kan.
  10. Taburi roti yg sudah masak dgn keju parut. Dan Taburkan keju parut pada roti yg sudah matang.

2.  Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan cinta bahasa Indonesia.
Bermainlah sambil menandakan kepedulianmu terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini gurumu akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yg salah pada teks prosedur. Kamu sanggup mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian kau telaah mengapa kalimat itu salah.Setelah kau telaah kesalahannya kau perbaiki.Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan acara berikut!
  • Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks mekanisme pada aneka macam media massa/ media sosial!
  • Bacalah aneka macam buku yg menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan abjad kapital)
  • Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
  • Perbaiki kalimat bab teks mekanisme yg salah.
  • Tulis ketiga bab pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bab satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)

Aturan Permainan
Gurumu akan memandu bermain tabrak cepat memasangkan puzzle yg kau buat secara kelompok. Tiap anggota menerima tiga kartu kalimat dan harus memasangkan pada tabel yg tepat. Anggota kelompok lain boleh saling membantu hanya sekali saja. Gurumu akan menjadi juri ketepatan dan kecepatan kelompokmu dalam menuntaskan permainan ini. Kelompok yg menciptakan conto secara tepat, memasangkan pada tabel secara tepat, dan paling cepat menuntaskan menjadi pemenang permainan ini.

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat          : Buku, video.
Bahan                 : Contoh teks prosedur
Sumber Belajar   :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 98 s.d 115.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 68 s.d 69.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_73.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar