Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 4.12  Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (6.3)

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.   Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.12 Memerankan isi fabel/ legenda tempat setempat yg dibaca dan didengar
Indikator
  • merencanakan penulisan kisah fabel
  • menulis kisah fabel dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
  • memerankan isi fabel dgn intonasi, gestur, dan aspek pemeranan lain yg sesuai

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan D
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan kisah fabel
  • Contoh variasi judul pada kisah fabel
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Contoh variasi bab koda
  • Aspek-aspek yg disunting pada kisah fable

Keterampilan
  • Praktik menulis kisah fabel dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik menulis fabel dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki kisah yg dibuat

2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan kisah fabel
  • Contoh variasi judul pada kisah fabel
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Contoh variasi bab koda
  • Aspek-aspek yg disunting pada kisah fable

Keterampilan
  • Praktik menulis kisah fabel dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik menulis fabel dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki kisah yg dibuat

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan kisah fabel
  • Contoh variasi judul pada kisah fabel
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Contoh variasi bab koda
  • Aspek-aspek yg disunting pada kisah fable

Keterampilan
  • Praktik menulis kisah fabel dari objek sekitar yg diamati
  • Praktik menulis fabel dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki kisah yg dibuat

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.

 DKegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab kisah fabel yg telah dipelajari dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
  • Dibuka dgn hal-hal yg sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dgn materi yg akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
  • Bertanya jawab ihwal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.      Kegiatan Inti
Bagian D:  Konstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
·         Mengamati judul, kerangka, pengamtan objek, menyebarkan kerangka dan judul
·         Mempertanyakan langkah menciptakan kisah fabel dgn mengamati objek
·         Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis kisah fabel
·         Latihan menyusun kisah fabel menurut objek yg ditentukan/ dipilih siswa
·         Mengamati conto judul dan kerangka kisah fabel
·         Latihan menciptakan judul dan merancang kerangka teks
·         Menggali informasi
·         Mencari data dari objek yg dipilih
·         Mendata kata kunci
·         Menalar
·         Merangkai kata-kata kunci menjadi garis besar kisah fable

Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Mengamati karya
·         Menentukan bab yg akan diperbaiki
·         Menalarkan utk memperbaiki karya dari segi pilihan kata, kalimat, atau aspek kesastraan (kosistensi tokoh, alur, latar, sudut pandang, obrolan antar tokoh, dll)
·         Mengomunikasikan
·         Membagi kelompok
·         Merencanakan pemeranan fabel
·         Memerankan fabel secara kelompok
·         Saling menilai pemeranan dgn rubrik yg disediakan

3.      Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik ihwal proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
·         Siswa mendapatkan penyampaian ihwal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik                   :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk                  :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu
Indikator Soal       :
Disajikan fabel Cici dan Serigala.
Tentukanlah tokoh, watak, dialog, dan latarnya!
  1.  Nama tokoh …. Wataknya …..
Nama tokoh ….  Wataknya …..
Nama tokoh …. Wataknya …..
  1. Latar tempat …..
Latar waktu …..
Latar suasana …..
  1. Buatlah kerangka urutan insiden kisah fabel!
·      Awalnya ….
·      Kemudian….
·      Tak disangka
·      Tiba-tba ….
·      Akhirnya ….
  1. Rancanglah kalimat narasi, dialog-dialog tokoh, dan musik pengiring/ suasana/ properti yg sesuai isi fabel!
·      Kalimat narator …………………………………………………
·      Dialog tokoh …………………………………………………….
·      Musik pengiring/ properti ………………………………………
2.   Penilaian Keterampilan
·         Melakukan Adu Kreatif menulis kisah fabel dari objek sekitar dan dari gambar seri serta menyuntig dan memperbaiki kisah yg dibuat.
·         Perankan kisah di atas secara berkelompok!
·         Tentukan siapa yg menjadi tokoh cerita!
·         Rancang siapa menjadi narator cerita!
·         Tentukan urutan insiden yg utuh sesuai dgn strukturnya (orientasi, komplikasi, resolusi, koda)!
·         Diskusikan cara memerankan fabel dgn baik!

3.      Pembelajaran Remedial
      Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.   Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :  Buku, Infokus.
Bahan                    :  Cerita fabel.
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 235 s.d 240.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 111 s.d 115.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_84.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 4.12"

Posting Komentar