Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.2 REVISI 2017

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.2

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan mulut dgn memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara mulut dan tulis.
Indikator
·   Merencanakan penulisan teks deskripsi
·   Menulis teks deskripsi dgn memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
·   Menyajikan secara mulut teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
·         Contoh variasi judul pada teks deskripsi
·         Contoh variasi identifikasi
·         Contoh variasi rincian bagian

Keterampilan
·         Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yg diamati
·         Praktik menunjukkan narasi mulut utk video/objek
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat

2.  Materi Pembelajaran Remidial
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
·         Contoh variasi judul pada teks deskripsi
·         Contoh variasi identifikasi
·         Contoh variasi rincian bagian

Keterampilan
·         Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yg diamati
·         Praktik menunjukkan narasi mulut utk video/objek
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks deskripsi
·         Contoh variasi judul pada teks deskripsi
·         Contoh variasi identifikasi
·         Contoh variasi rincian bagian

Keterampilan
·         Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yg diamati
·         Praktik menunjukkan narasi mulut utk video/objek
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat

Sikap utama yg ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

C.  Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
·   Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
·   Guru bertanya-jawab perihal stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dgn pembelajaran yg akan dilaksanakan.
·   Dibuka dgn hal-hal yg berkaitan dgn materi yg sanggup menggairahkan penerima didik utk belajar.
·   Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai.
·   Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yg akan dipelajari.
·   Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D konstruksi

Pertemun ke-1 ( 2 JP)
·   Mengamati langkah dan conto judul, kerangka, cara berbagi teks
·   Mempertanyakan langkah menciptakan teks deskripsi dgn mengamati objek
·   Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis teks deskripsi
·   Latihan meranncang objek dan n kerangka teks deskripsi menurut objek yg ditentukan/ dipilih siswa dgn langkah yg ditemukan

Pertemuan ke-2 (2 JP)
·   Mengamati objek yg akan dijadikan teks deskripsi
·   Mempertanyakan informasi apa yg harus dikumpulkan
·   Menggali informasi
·   Mencari data dari objek yg dipilih
·   Mendata kata kunci dari objek
·   Menalar
·   Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
·   Merangkai paragraf menjadi teks
·   Mengomunikasikan
·   Memajang hasil

Pertemuan ke-3 (2 JP)
·   Mengamati conto kesalahan pengembangan
·   Menanya
·   Bagaimana cara menyunting dan memperbaiki teks yg dibuat
·   Menggali informasi
·   Menemukan kesalahan dari teks yg ditulis
·   Dipajang utk mendapatkan masukan dari teman/ guru
·   Memperbaiki dan memamerkan hasil akhir

3.  Penutup
·   Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·   Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·   Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·   Mewajibkan siswa utk membaca buku yg berkaitan dgn objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yg ditekankan yaitu minat baca yg tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
·   Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :

Disajikan teks deskripsi.
Sebutkan langkah menyusun teks deskripsi berikut!

Kunci jawaban
Langkah menyusun teks deskripsi : (1) Menentukan subjek yg akan dideskripsikan. (2) Membuat kerangka bagian-bagian yg akan dideskripsikan. (3) Mencari Data. (4) Menelaah kalimat-kalimat menjadi paragraf pembuka teks tanggapan deskriptif/ identifikasi, paragraf deskripsi bab 1, deskripsi bab 2, deskripsi bab 3, dan paragraf penutup. (4) Memerinci objek/ suasana yg dideskripsikan dgn memakai kata dan kalimat yg merangsang pancaindera.

2.  Penilaian Keterampilan
Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah taygan video/gambar wisata di sebuah daerah.Taygkan dan jadilah reporter program jalan-jalan utk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
Perhatikan kesesuaian gambar dgn deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu diperhatikan!

Menulis Teks Deskripsi
Setelah menyajikan lisan, kini kau menulis teks deskripsi.Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yg disebutkan di bawah ini. Deskripsi yg kau buat harus berisi perihal ukuran, lokasi, dan tipe kota atau desa yg kau pilih. Sebutkan juga hal-hal yg menjadi ciri khas.Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tinggalmu (alasan mengapa merasa betah atau sebaliknya).

Menyunting Teks Deskripsi
Telaahlah kembali teks yg Anda tulis dgn memakai rubrik yg disediakan.

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar

Media/alat             : Buku, video.
Bahan                    : Teks deskripsi.
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 36 s.d 41.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 42 s.d 46.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_86.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.2 Revisi 2017 (Semester 1)"

Posting Komentar