Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Indo, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11
link : Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11


Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yg sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.11 dan 4.11  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP (KD 3.11 DAN 4.11)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yg dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dgn lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dgn yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A
3.11  Mengidentifikasi informasi perihal fabel/ legenda kawasan setempat yg dibaca dan didengar.
Indikator
  • menyimpulkan ciri unsur kisah fabel pada teks yg dibaca/didengar.
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri kisah fabel pada teks yg dibaca/didengar.

Bagian B
4.11 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda kawasan setempat
Indikator
  • Mengurutkan isi kisah fabel
  • Menceritakan kembali isi fabel secara lisan

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan A dan B
Pengetahuan
  • Pengertian kisah fabel
  • Jenis kisah fabel
  • Tujuan komunikasi kisah fabel
  • Pola pengembangan isi pada kisah fabel

Keterampilan
  • Praktik memahami isi kisah fabel (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih referensi pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian kisah fabel
  • Jenis kisah fabel
  • Tujuan komunikasi kisah fabel
  • Pola pengembangan isi pada kisah fable

Keterampilan
  • Praktik memahami isi kisah fabel (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih referensi pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian kisah fabel
  • Jenis kisah fabel
  • Tujuan komunikasi kisah fabel
  • Pola pengembangan isi pada kisah fable

Keterampilan
  • Praktik memahami isi kisah fabel (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik memilih referensi pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

Sikap utama yg ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk kisah fabel dalam kehidupan sehari-hari. Pada cuilan awal ini siswa disadarkan adanya kisah fabel dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yg lain).Ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari manfaat simpel utk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali jenis teks dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks mempunyai fungsi yg saling berkaitan.
  • Dibuka dgn conto judul-judul kisah fabel yg pernah dibaca siswa
  • Bertanya jawab perihal fungsi fabel dalam dunia modern ketika ini
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yg akan dicapai
  • Membangun konteks utk menumbuhkan sikap yg telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A : Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
·         Membaca/ mendengarkan conto fabel
·         Bertanya jawab perihal isi cerita
·         Meringkas urutan insiden dalam cerita
·         Berdiskusi ciri kisah fabel
·         Bermain utk menyimpulkan ciri umum fabel dari segi isi dan aspek kesastraannya (alur, tokoh, latar, amanat, dll)
 Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Membaca/ mendengarkan lagi conto fabel utk mendaftar kata sambung yg menyatakan waktu, kalimat pribadi dan kalimat tidak langsung, kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah pada kisah fabel, mendata kata/ frasa benda
·         Mendata kata/ frasa sifat, kata keterangan tempat
·         Mendiskusikan ciri kata/ kalimat yg dipakai pada fabel
·         Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi kisah fabel

 3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yg telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yg sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
·         Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

 F.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yg dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan kisah fabel
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Cerita fiksi berupa dongeng yg menggambarkan kecerdikan pekerti insan yg diibaratkan pada binantang disebut ….
  2. Tokoh fabel yakni ….
  3. Fabel biasanya berlatar di ….
  4. Konflik fabel disebabkan oleh ….
  5. Konflik-konflik dalam fabel mengemban amanat berupa ….
  6. Alur alur maju yakni alur yg bergerak ….
  7. Dalam urutan beberapa insiden atau insiden secara kronologis memakai konjungsi pengurutan ….
  8. Dari segi paparan tabiat tokohnya, fabel dikelompokkan menjadi dua kategori. Sebutkan!
  9. Alur fabel dimulai pengenalan, mulai munculnya masalah, persoalan memuncak, dan ditutup dgn pemecahan persoalan dgn pesan-pesan eksplisit yakni jenis fabel ….
  10. Alur fabel dimulai pengenalan, mulai munculnya masalah, persoalan memuncak, dan ditutup dgn pemecahan persoalan dgn pesan-pesan eksplisit.

Kunci jawaban
  1. Fabel
  2. Binatang
  3. Hutan, sungai, atau alam bebas
  4. Pengkhianatan, kelicikan, penghinaan, kesombongan, persahabatan, sikap jelek yg hasilnya diperbaiki, kecerdikan, keluarga, dan sebagainya.
  5. Nilai-nilai moral dan abjad insan yg baik
  6. Dari awal bergerak maju sampai terjadi akhir dari insiden sebelumnya.
  7. Sesudah, sebelum, lalu, mula-mula, kemudian, selanjutnya, sesudah itu, atau akhirnya.
  8. yaitu jenis fabel alami dan fabel adaptasi.
  9. Jenis Fabel dgn Koda
  10. Jenis Fabel Tanpa Koda

2.      Penilaian Keterampilan
·   Praktik memahami isi kisah fabel (menjawab pertanyaan hal yg dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih referensi pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yg sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dgn merumuskan acara pembelajaran yg sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dgn karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Cerita fabel
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 209 s.d 234.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-smp-kelas-7_88.html

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2017 Kd 3.11 Dan 4.11"

Posting Komentar