Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016
link : Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016

Dalam rangkan mendukung keterlaksanaan pelaksanaan Kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan SMP telah menerbitkan Panduan Pembelajaran Untuk SMP Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Panduan ini disusun dgn maksud utk memperlihatkan klarifikasi mudah mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai dgn Peraturan Menteri Pendidikan dan  kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 wacana standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam  standar Proses tersebut dinyatakan bahwa pembelajaran menerapkan Pendekatan  saintifik yg didukung oleh banyak sekali metode pembelajaran menyerupai Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning.




Dalam Panduan Pembelajaran Untuk SMP Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 diberikan conto RPP dan langkah-langkah pembelajaran dgn model atau metode saintifik, conto RPP dan langkah-langkah pembelajaran dgn model atau metode pembelajaran  inquiry/discovery, conto RPP dan langkah-langkah pembelajaran dgn model atau metode problem based learning, conto RPP dan langkah-langkah pembelajaran dgn model atau metode berbasis proyek, conto RPP dan langkah-langkah pembelajaran dgn model atau metode model / metode pembelajaran kooperatif, dan conto RPP dan langkah-langkah pembelajaran dgn model atau metode model / metode pembelajaran pembelajaran berbasis teks.


PANDUAN PEMBELAJARAN UNTUK SMP 2017

Berikut ini uraian singkat mengenai Proses pembelajaran yg dikehendaki dalam Kurikulum 2013.

Proses pembelajaran di dalam dan luar kelas pada Kurikulum 2013 mencakup kegiatan pendahuluan, inti,  dan penutup. Sebagian atau seluruh kegiatan pembelajaran dipilih dan dilaksanakan semoga penerima didik memperoleh pengetahuan wacana nilai, memahami atau meresapi pentingnya nilai, dan mempraktikkan nilai-nilai karakter. Berikut disajikan bagaimana menumbuhkan kebijaksanaan pekerti pada tahap pendahuluan, inti dan penutup.

a.  Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan, umumnya guru:
1) menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik utk mengikuti proses pembelajaran;
2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yg mengaitkan pengetahuan sebelumnya dgn materi yg akan dipelajari;
3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yg akan dicapai;
4) memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.
Ada sejumlah cara yg sanggup dilakukan utk mengenalkan nilai, memahami pentingnya nilai, dan memfasilitasi pelaksanaan nilai-nilai huruf (budi pekerti) pada tahap pembelajaran ini. Berikut yakni beberapa conto.
1) Guru tiba sempurna waktu  (conto nilai yg ditumbuhkan: disiplin)
2) Guru mengucapkan salam dgn ramah kepada siswa saat memasuki ruang kelas (conto nilai yg ditumbuhkan: santun, peduli)
3) Berdoa sebelum membuka fatwa (conto nilai yg ditumbuhkan: religius)
4) Mengecek kehadiran siswa (conto nilai yg ditumbuhkan: disiplin)
5) Mendoakan siswa yg tidak hadir alasannya sakit atau alasannya halangan lainnya (conto nilai yg ditumbuhkan: religius, peduli)
6)  Memastikan bahwa setiap siswa tiba sempurna waktu (conto nilai yg ditumbuhkan: disiplin)
7) Menegur siswa yg terlambat dgn sopan (conto nilai yg ditumbuhkan: disiplin, santun, peduli)
8) Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan materi ajar, memberikan butir-butir huruf (budi pekerti) yg hendak dikembangkan selain yg terkait dgn SK/KI/KD

b.  Inti
Kegiatan pembelajaran pada kegiatan inti intinya mengikuti sintaks metode yg diterapkan oleh guru. Berikut disajikan conto perilaku yg ditumbuhkan apabila guru menerapkan pembelajaran dgn metode ilmiah.

1) Mengamati
Pada langkah ini siswa mengamati fenomenon dgn indera (mendengarkan, melihat, membau, meraba, mengecap) dgn atau tanpa alat (utk menemukan masalah/ gap of knowledge or skill ). Nilai-nilai perilaku (budi pekerti) yg sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain rasa ingin tahu dan kritis.

2) Menanya
Dalam langkah ini siswa merumuskan pertanyaan berangkat dari  masalah ( gap of knowledge and/or skill ) yg diperoleh dari pengamatan. Nilai-nilai perilaku (budi pekerti) yg sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini sanggup sama dgn pada langkah mengamati, antara lain rasa ingin tahu dan kritis.

3) Mengumpulkan informasi/mencoba
Dalam langkah ini siswa mengumpulkan informasi/data dgn satu atau lebih teknik yg sesuai, contohnya eksperimen, pengamat an, wawancara, survei, dan membaca dokumen-dokumen. Nilai-nilai perilaku (budi pekerti) yg sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain ketelitian, kejujuran, kesabaran, dan ketang -guhan.

4) Menalar/mengasosiasi
Dalam langkah ini siswa memakai informasi/data yg sudah dikumpulkan (dimiliki) utk menjawab pertanyaan yg dirumuskan sebelumnya dan menarik kesimpulan. Nilai-nilai sikap (budi pekerti) yg sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain saling menghargai, ketelitian, kejujuran, perilaku kritis, dan berfikir logis.

5) Mengomunikasikan
Dalam langkah ini siswa memberikan balasan atas pertanyaan (kesimpulan) menurut hasil penalaran/asosiasi informasi/data secara mulut dan/atau tertulis. Nilai-nilai perilaku (budi pekerti) yg sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain saling menghargai, rasa percaya diri, kesantunan dalam berkomunikasi, perilaku kritis, dan berfikir logis.

6) Mencipta
Dalam langkah ini siswa mencipta dan/atau menginovasi produk, model, gagasan dgn pengetahuan yg telah diperoleh. Nilai-nilai perilaku (budi pekerti) yg sanggup tumbuh melalui kagiatan pada langkah ini antara lain saling menghargai, inovatif, dan kreatif.

c. Penutup
 Dalam kegiatan penutup, guru:
1) bahu-membahu dgn penerima didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan ajaran  (conto nilai yg ditumbuhkan: mandiri, kerjasama, kritis, logis);
2) melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yg sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (conto nilai yg ditumbuhkan: jujur, mengetahui kelebihan dan kekurangan);
3) memperlihatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (conto nilai yg ditumbuhkan:  saling menghargai, perca ya diri, santun, kritis, logis);
4) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dgn hasil mencar ilmu penerima didik; dan
5) memberikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan semoga penumbuhan kebijaksanaan pekerti terjadi dgn lebih intensif selama tahap penutup. 
1)   Selain simpulan yg terkait dgn aspek pengetahuan, semoga penerima didik difasilitasi menciptakan fatwa etika yg berharga yg dipetik dari pengetahuan/keterampilan dan/atau proses pembelajaran yg telah dilaluinya utk memperoleh pengetahuan dan/atau keterampilan pada fatwa tersebut.
2)  Penilaian tidak hanya mengukur pencapaian siswa dalam pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada perkembangan huruf mereka.
3) Umpan balik baik yg terkait dgn produk maupun proses, harus menygkut baik kompetensi maupun karakter, dan dimulai dgn aspek-aspek positif yg ditunjukkan oleh siswa.
4) Karya-karya siswa dipajang utk membuatkan perilaku saling menghargai karya orang lain dan rasa percaya diri.
5)   Kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, kegiatan pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok diberikan dalam rangka tidak hanya terkait dgn pengembangan kemampuan intelektual, tetapi juga kepribadian.
6)   Berdoa pada simpulan ajaran.


Selengkapnya silahkan download Panduan Pembelajaran Untuk SMP Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 (Klik Disini)




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/download-panduan-pembelajaran-untuk-smp.html

0 Response to "Download Panduan Pembelajaran Untuk Smp 2017 Sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016"

Posting Komentar