Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Guru, Artikel Kisi Kisi, Artikel Materi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
link : Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial



Istilah pendidikann IPS dalam menyelenggarakan pendidikan di Indonesia masih relatif gres digunakan. Pendidikan IPS merupakan padanan dari sosial studies dalam konteks kurikulum di Amerika Serikat. Istilah tersebut pertama kali dipakai di AS pada tahun 1913 mengadopsi nama forum Sosial Studies yg berbagi kurikulum di AS (Marsh, 1980; Martoella, 1976).

Kurikulum pendidikan IPS tahun 1994 sebagaimana yg dikatakan oleh Hamid Hasan (1990), merupakan fusi dari banyak sekali disiplin ilmu, Martoella (1987) menyampaikan bahwa pembelajaran Pendidikan IPS lebih menekankan pada aspek “pendidikan” daripada “transfer konsep”, lantaran dalam pembelajaran pendidikan IPS mahasiswa diperlukan memperoleh pemahaman terhadap sejumlah konsep dan berbagi serta melatih sikap, nilai, moral, dan keterampilannya menurut konsep yg telah dimilikinya. Dengan demikian, pembelajaran pendidikan IPS harus diformulasikannya pada aspek kependidikannya.




Ada 10 konsep social studies dari NCSS, yaitu (1) culture; (2) time, continuity and change; (3) people, places and environments; (4) individual development and identity; (5) individuals, group, and institutions; (6) power, authority and govermance; (7) production, distribution and consumption; (8) science, technology and society; (9) global connections, dan; (10) civic ideals and practices. (NCSS http://www.social studies.org/standard/exec.html).

Konsep IPS, yaitu: (1) interaksi, (2) saling ketergantungan, (3) kesinambungan dan perubahan, (4) keragaman/kesamaan/perbedaan, (5) konflik dan konsesus, (6) contoh (patron), (7) tempat, (8) kekuasaan (power), (9) nilai kepercayaan, (10) keadilan dan pemerataan, (11) kelangkaan (scarcity), (12) kekhususan, (13) budaya (culture), dan (14) nasionalisme.

Mengenai tujuan ilmu pengetahuan sosial (pensisikan IPS), para andal sering mengaitkannya dgn banyak sekali sudut kepentingan dan aksentuasi dari acara pendidikan tersebut, Gross (1978) menyebutkan bahwa tujuan pendidikan IPS ialah utk memepersiapkan mahasiswa menjadi warga negara yg baik dalam kehidupannya di masyarakat, secara tegas ia menyampaikan “to prepare students to be well functioning citizens in a democratic society”. Tujuan lain dari pendidikan IPS ialah utk berbagi kemampuan mahasiswa memakai pikiran sehat dalam mengambil keputusan setiap persoallan yg dihadapinya (Gross, 1978).
Ilmu pengetahuan sosial juga membahas relasi antara insan dgn lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bab dari masyarakat, dihadapkan pada banyak sekali permasalahan yg ada dan terjadi di lingkungan sekitarnya. Pendidikan IPS berusaha membantu mahasiswa dalam memecahkan permasalahan yg dihadapi sehingga akan menjadikannya semakin mengerti dan memahami lingkungan sosial masyarakatnya (Kosasih, 1994).

Pada dasarnya tujuan dari pendidikan IPS ialah utk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa utk berbagi diri sesuai dgn bakat, minat, kemampuan, dan lingkungannya, serta banyak sekali bekal siswa utk melanjtkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi. Berdasarkan pengertian dan tujuan dari pendidikan IPS, sepertinya dibutuhkan suatu contoh pembelajaran yg bisa menjembatani tercapainya tujuan tersebut. Kemampuan dan keterampilan guru dalam menentukan dan memakai banyak sekali model, metode dan taktik pembelajaran senantiasa terus ditingkatkan (Kosasih, 1994), biar pembelajaran Pendidikan IPS benarbenar bisa mengondisikan upaya pembekalan kemampuan dan keterampilan dasar bagi mahasiswa utk menjadi insan dan warga negara yg baik. Hal ini dikarenakan pengondisian iklim berguru merupakan aspek penting bagi tercapainya tujuan pendidikan (Azis Wahab, 1986).

Pola pembelajaran pendidikan IPS menekankan pada unsur pendidikan dan pembekalan pada mahasiswa. Penekanan pembelajarannya bukan sebatas pada upaya mencecoki atau menjejali mahasiswa dgn sejumlah konsep yg bersifat hafalan belaka, melainkan terletak pada upaya biar mereka bisa menimbulkan apa yg tekag dipelajarinya sebagai bekal dalam memahami dan ikut serta dalam melakoni kehidupan masyarakat lingkungannya, serta sebagai bekal bagi dirinya utk melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi. Di sinilah bekerjsama aksentuasi misi dari pendidikan IPS. Oleh lantaran itu, rancangan pembelajaran guru hendaknya diarahkab dan difokuskan sesuai dgn kondisi dan perkembangan potensi siswa biar pembelajaran yg dilakukan benarbenar mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi siswa (Kosasih, 1994; Hamid Hasan, 1996).

Karakteristik mata pembelajaran IPS berbeda dgn disiplin ilmu lain yg bersifat monolitik. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari banyak sekali disiplin ilmuilmu sosial seperti: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Rumusan Ilmu Pengetahuan Sosial menurut realitas dan fenomena sosial melalui pendekatan interdisipliner.

Geografi, sejarah, dan antropologi merupakan disiplin ilmu yg mempunyai keterpaduan yg tinggi. Pembelajaran geografi memperlihatkan kebulatan wawasan yg berkenaan dgn wilayahwilayah, sedangkan sejarah memperlihatkan wawasan berkenaan dgn peristiwaperistiwa dari banyak sekali periode. Antropologi mencakup studistudi komparatif yg berkenaan dgn nilainilai, kepercayaan, struktur sosial, aktivitasaktivitas ekonomi, organisasi politik, ekspresiekspresi dan spiritual, teknologi, dan bendabenda budaya dari budayabudaya terpilih. Ilmu politik dan ekonomi tergolong ke dalam ilmuilmu perihal kebijakan pada aktivitasaktivitas yg berkenaan dgn pembuatan keputusan. Sosiologi dan psikologi sosial merupakan ilmuilmu perihal sikap menyerupai konsep peran, kelompok, institusi, proses interaksi dan kontrol sosial. Secara intensif konsepkonsep menyerupai ini dipakai ilmuilmu sosial dan studistudi sosial.

Karateristik mata fatwa IPS Sekolah Menengan Atas antara lain sebagai berikut.
1.    Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan adonan dari unsurunsur geografi, sejarah, ekonomi, aturan dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama (Numan Soemantri, 2001).
2.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi, yg dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau topik (tema) tertentu.

3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS juga menygkut banyak sekali duduk kasus sosial yg dirumuskan dgn pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.

4.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sanggup menygkut insiden dan perubahan kehidupan masyarakat dgn prinsip alasannya ialah akibat, kewilayahan, pembiasaan dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan duduk kasus sosial serta upayaupaya usaha hidup biar survive menyerupai pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan (Daldjoeni, 1981).

5.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS memakai tiga dimensi dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan insan secara keseluruhan. Ketiga dimensi tersebut yakni ruang, waktu dan nilai












= Baca Juga =





DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/karakteristik-mata-pelajaran-ilmu.html

0 Response to "Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial"

Posting Komentar