Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai
link : Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai


Berikut ini Nasehat Kyai Maimun Zubair Kepada Para Guru

"Jadi guru itu tidak usah punya niat bikin bakir orang. Nanti kau hanya marah-marah saat melihat muridmu tidak pintar. Ikhlasnya jadi hilang. Yang Penting niat memberikan ilmu dan mendidik yg baik. Masalah muridmu kelak jadi bakir atau tidak, serahkan kepada Allah. Didoakan saja terus menerus biar muridnya mendapat hidayah."

Selain yg telah dipesankan oleh Kyai Maimun di atas, pesan bijak berikut juga patut direnungkan utk para guru :

"Yang paling andal bagi seorang Guru ialah mendidik, dan rekreasi yg paling indah ialah mengajar.

Ketika melihat murid-murid yg menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati teruji kesabarannya, namun hadirkanlah citra bahwa diantara satu dari mereka kelak akan menarik tangan kita menuju surga".

Beberapa wasiat berharga utk para guru :

1. Hendaknya tidak mengambil cuti sakit saat engkau tidak sakit sehingga tidak menggabungkan dua maksiat : kebohongan dan makan harta haram. Sesungguhnya pemotongan honor dilandasi taqwa dan takut kepada Allah itu
lebih baik dan lebih kekal.

2. Terimalah murid-muridmu dgn segala kesalahan mereka karena mereka bukan malaikat, bukan pula syaitan. Tidak ada alasan utk lari dari meluruskan kesalahan-kesalahan itu karena Anda ialah murabbi (pendidik) dan ini yg diperlukan dari Anda.

3. Tunjukkan rasa hormat Anda kepada murid yg ada di hadapan Anda dgn cara menerangkan keutamaan mereka sebagai penuntut ilmu. Hal ini akan mendekatkan jarak Anda dalam menuju hati mereka.

4. Ingatlah bahwa banyak di antara orang-orang besar menjadi besar karena satu kata dari seorang guru yg melejitkan mereka dan memantik cita mereka hingga menggapai puncak. Jadilah Anda pencetak orang-orang besar itu.

5. Perbagus cara interaksi anda dgn para murid. Tinggalkan kesan yg baik pada diri mereka. Berapa banyak guru yg mendapat doa dari murid sehabis bertahun-tahun terlewati, atau sehabis berada di liang kubur.

6. Semua mata anutan sanggup dikaitkan dgn ajaran-ajaran Islam. Tinggal bagaimana Anda mencari media yg tepat.

7. Setiap menit keterlambatan Anda dalam memulai anutan atau keluar sebelum waktu selesai, setiap menit yg berlalu dalam kopi dan cemilan (sebab keterlambatan-pent.) ialah hak murid, ia akan mengambilnya pada hari penghitungan amal.

8. Berapa banyak guru yg menjadi alasannya ialah lurusnya arah berpikir kaum muda sehingga ia mendapat doa-doa nrimo dan kebaikan yg mengalir. Ya Allah, tambahkan dan berkahi setiap guru yg kuat, bertanggung jawab, dan senantiasa berbuat baik.

9. Di depan anda ada generasi. Bangkitkan jiwa mereka, ajarkan cinta kepada ilmu, dan bangunkan semangat. Barangkali satu kata dari Anda sanggup aben spirit dalam hatinya dan menjadi kebaikan utk ummat.

10. Rasa takut murid Anda terhadap Anda bukanlah membuktikan keberhasilan dan keterampilan Anda dalam menegakkan kedisiplinan. Itu hanya membuktikan bahwa Anda gagal dalam memerankan pendidikan. Pendidikan itu membawa ketegasan dan kasih sayg bukan dgn menakut-nakuti.

11. Syekh Utsaimin rh membedakan antara pulpen inventaris kantor dan pulpen eksklusif karena takut makan barang haram. Lantas bagaimana dgn orang yg menghalalkan sesuatu yg lebih berharga daripada tinta? Yaitu waktu!

12. Ingatlah bahwa anda memiliki anak yg diajar oleh guru-guru menyerupai anda. Maka berbuat oke kepada anak orang pasti Allah akan menyiapkan bagi anak anda guru-guru yg akan berbuat baik kepada mereka. Balasan sesuai dgn amal perbuatan.

13. Ikhlaskan niat utk Allah. Karena gotong royong anda sedang melaksanakan kiprah para Nabi. Dan kalau anda mengharap pahala dalam pekerjaan anda, maka setiap jam pada siang hari anda dalam timbangan kebaikan anda.

---
Disampaikan oleh :
- KH. Maimun Zubeir
- Ust Sudarisman Ahmad     (Direktur Ma'had KAFILA, 2011) yg mengambil intisari dari sebuah kitab.




DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/nasehat-untuk-para-guru-dari-sang-kyai.html

0 Response to "Nasehat Untuk Para Guru Dari Sang Kyai"

Posting Komentar