Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning
link : Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning

Pengertian Assessment of Learning, Pengertian Assessment for Learning, Pengertian Assessment as Learning

Pengertian Assessment of Learning, Pengertian Assessment for Learning, Pengertian Assessment as Learning. Penilaian konvensional cenderung dilakukan utk mengukur hasil belajar  peserta didik. Dalam konteks ini, evaluasi diposisikan seakan-akan sebagai aktivitas yg terpisah dari proses pembelajaran. Pemanfaatan evaluasi bukan sekadar mengetahui pencapaian hasil belajar, justru yg lebih penting yaitu bagaimana evaluasi bisa meningkatkan kemampuan akseptor didik dalam proses belajar. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian  akhir  pembelajaran), assessment for learning (penilaian utk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Assessment of learning merupakan evaluasi yg dilaksanakan sehabis proses pembelajaran selesai. Proses pembelajaran selesai tidak selalu terjadi di selesai tahun atau di selesai akseptor didik menuntaskan pendidikan pada jenjang tertentu. Setiap pendidik melaksanakan evaluasi yg dimaksudkan utk menawarkan akreditasi terhadap pencapaian hasil berguru sehabis proses pembelajaran selesai, berarti pendidik tersebut melaksanakan assessment of learning. Ujian Nasional, uji sekolah/madrasah, dan banyak sekali bentuk evaluasi sumatif merupakan assessment of learning (penilaian hasil elajar).

Assessment for learning dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan biasanya dipakai sebagai dasar utk melaksanakan perbaikan proses berguru mengajar. Dengan assessment for learning pendidik sanggup menawarkan umpan balik terhadap proses berguru akseptor didik, memantau kemajuan, dan memilih kemajuan belajarnya. Assessment for learning juga sanggup dimanfaatkan oleh pendidik utk meningkatkan performan dalam memfasilitasi akseptor didik. Berbagai bentuk evaluasi formatif, contohnya tugas, presentasi, proyek, termasuk kuis merupakan conto-conto assessment for learning (penilaian utk proses belajar).

Assessment as learning mempunyai  fungsi  yg  mirip  dgn assessment for learning, yaitu berfungsi sebagai formatif dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Perbedaannya, assessment as learning melibatkan akseptor didik secara aktif dalam aktivitas evaluasi tersebut. Peserta didik diberi pengalaman utk berguru menjadi penilai bagi dirinya sendiri. Penilaian diri (self assessment) dan evaluasi antar teman merupakan conto assessment as learning. Dalam assessment as learning akseptor didik juga sanggup dilibatkan dalam merumuskan mekanisme penilaian, kriteria, maupun rubrik/pedoman evaluasi sehingga mereka mengetahui dgn niscaya apa yg harus dilakukan biar memperoleh capaian berguru yg maksimal.

Selama ini assessment of learning paling secara umum dikuasai dilakukan oleh pendidik dibandingkan assessment for learning dan assessment as learning. Penilaian pencapaian hasil berguru seharusnya lebih mengutamakan assessment as learning dan assessment for learning dibandingkan assessment of learning.



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/pengertian-assessment-of-learning.html

0 Response to "Pengertian Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Assessment As Learning"

Posting Komentar