Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adm, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel FGI, Artikel Guru, Artikel Kisi Kisi, Artikel soal ujian nasional, Artikel ujian sbmptn, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
link : Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

RPP SD / MI KURIKULUM 2013 LENGKAP KELAS 3 EDISI 2018

Download RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. RPP merupakan salah satu bukti perencanaaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran. Adapun yg dimaksud perencanaan pembelajaran ialah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yg akan dilaksanakan dalam suatu proses mencar ilmu mengajar  yaitu dgn mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, cara penyampaian kegiatan (metode, model dan teknik), serta bagaimana mengukurnya menjadi terperinci dan sistematis, sehingga nantinya proses mencar ilmu mengajar menjadi efektif dan efisien.

Perencanaan termasuk di dalam RPP selalu mempunyai arah yg hendak dicapai yaitu tujuan yg harus dirumuskan dalam bentuk sasaran yg terperinci dan terukur. Strategi utk mencapai tujuan berkaitan dgn penetapan keputusan yg harus dilakukan oleh seorang perencana. Penetapan sumber daya yg sanggup mendukung diharapkan utk mencapai tujuan meliputi penetapan sarana dan prasarana yg diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya utk mencapai tujuan yg telah dirumuskan. Implementasi ialah pelaksanaan dari taktik dan penetapan sumber daya. 

RPP disebut juga Perangkat Pembelajaran. RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 adalah perangkat pembelajaran bagi guru SD / MI pada kelas yg bersangkutan. Adapun yg dimaksud Perangkat pembelajaran merupukan hal yg harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat ialah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran ialah proses atau cara menimbulkan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran ialah alat atau perlengkapan utk melaksanakan proses yg memungkinkan pendidik dan akseptor didik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bab dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yg mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

Lalu apa tujuan dan fungsi RPP. Tujuan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah utk : 1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses mencar ilmu mengajar; 2) dgn menyusun planning pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi jadwal pembelajaran sebagai kerangka kerja yg logis dan terencana.

Sedangkan, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah sebagai pola bagi guru utk melaksanakan kegiatan mencar ilmu mengajar ( kegiatan pembelajaran ) biar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain planning pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh alasannya itu, planning pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru utk menyesuaikan dgn respon siswa dalam proses pembelajaran yg sesungguhnya. Makara tujuan RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 adalah sebagian acuan bagi guru SD Kelas 3 dalam melaksanakan kegiatan mencar ilmu mengajar.

Bagimana cara menyusun RPP atau lebih khususnya cara menyusun RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ? Penyusunan RPP harus mengacu pada Komponen  dan  sistematika  RPP yg berlaku. Komponen  dan  sistematika  RPP  berikut  mengacu  pada Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  dan  Permendikbud  Nomor  103  Tahun  2014  Tentang  Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Adapun Komponen RPP SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018 mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 ialah sebagai berikut
a.  identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.  identitas mata aliran atau tema/subtema;
c.  kelas/semester;
d.  materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dgn keperluan utk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dgn mempertimbangkan jumlah jam aliran yg tersedia dalam silabus dan KD yg harus dicapai;
f.  tujuan pembelajaran yg dirumuskan menurut KD, dgn memakai kata kerja operasional yg sanggup diamati dan diukur, yg meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g.  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yg relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dgn rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.  metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik utk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai KD yg diadaptasi dgn karakteristik akseptor didik dan KD yg akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran utk memberikan materi ajaran;
k.  sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yg relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.  evaluasi hasil pembelajaran.

Apakah saja, prinsip yg harus diperhatikan dalam penyusunan RPP termasuk RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ? Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan RPP yg harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP, yakni sebagai berikut:
1.  Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik
RPP  disusun  dgn  memperhatikan  perbedaan  kemampuan  awal,  tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau  lingkungan  peserta  didik.  Sebagai  conto  guru  menggunakan  secara bergantian penaygan video klip, poster, kegiatan fisik, dramatisasi atau bermain tugas sebagai teknik pembelajaran  alasannya gaya mencar ilmu setiap siswa berbeda-beda.

2.  Berpusat pada akseptor didik
Guru  yg  menerapkan  pembelajaran  yg  berpusat  pada  peserta  didik  pertama-tama  memperlakukan  siswa  sebagai  subyek  didik  atau  pembelajar. Dilihat  dari udut pandang akseptor didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau  birokrat.  Guru  bertindak  sebagai  pembimbing,  pendamping,  fasilitator, sahabat, atau  abang/kakak bagi  peserta  didik  terutama    dalam  mencapai  tujuan pembelajaran  yakni  kompetensi  peserta  didik.    Oleh  karena  itu  guru  seyogyanya merancang  proses  pembelajaran  yg  mampu  mendorong,  memotivasi, menumbuhkan  minat  dan kreativitas  peserta  didik. Hak  ini  dapat  berjalan  jikalau seorang guru mengenal secara langsung siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya. 

3.  Berbasis konteks
Pembelajaran  berbasis  konteks  dapat  terwujud  apabila  guru  bisa mengidentifikasi dan memanfaatkan banyak sekali sumber mencar ilmu lokal (setempat), guru mengenal  situasi  dan  kondisi  sosial  ekonomi  peserta  didik,  mengenal  dan mengedepankan budaya  atau  nilai-nilai  kearifan  lokal, tanpa  kehilangan  wawasan global.  Sebagai  conto  nilai  gotong  royong  di  Jawa  atau  pela  gandong  di  Maluku dapat  dijadikan    inspirasi  mengembangkan  proses dan  kegiatan  pembelajaran.  Pembelajaran juga  sanggup dimulai  dari  apa  yg  sudah  diketahui  oleh  peserta  didik sesuai dgn konteksnya dan gres pada konteks yg lebih luas.

4.  Berorientasi kekinian
Ini  adalah  pembelajaran  yg  berorientasi  pada  perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru  yg berorientasi kekinian ialah guru yg “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan  sebaiknya well  informed,    selalu  meng-update dan  meng-up  grade ilmu  pengetahuan  yg menjadi  bidangnya,  termasuk  teori-teori  dan  praktik  baik  di  bidang pendidikan/pembelajaran.  Dengan  demikian  rancangan  pembelajaran  yg dikembangkan  guru  dapat  menjadi  inspirasi  bagi  siswa  dana  abagi  guru-uru  yg lain. 

5.  Mengembangkan kemandirian belajar
Guru yg membuatkan kemandirian mencar ilmu (siswa) selalu akan berusaha biar pada hasilnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dgn penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa utk memilih tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yg ingin diketahui, memanfaatkan banyak sekali sumber belajar, dan bisa menjalin kerja sama, berkolaborasi dgn siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam planning kegiatan pembelajaran siswa.

6.  Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP  memuat  rancangan  program  pemberian  umpan  balik  positif,  penguatan, pengayaan, dan remedi.

7.  Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP  disusun  dgn  memperhatikan  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KI,  KD, indikator  pencapaian  kompetensi,  tujuan  pembelajaran,  materi  pembelajaran, kegiatan  pembelajaran,  penilaian,  dan  sumber  belajar  dalam  satu  keutuhan pengalaman  belajar.RPP disusun  dgn  mengakomodasi pembelajaran  tematik, keterpaduan lintas mata ajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan  pembelajaran  dalam RPP  disusun  dgn  mempertimbangkan  penerapan teknologi  informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi,  sistematis,  dan  efektif sesuai  dgn  situasi  dan  kondisi. Sebagai  conto  ketika  guru  menugasi  siswa mengeksplorasi  sumber-sumber  pengetahuan  lewat  internet,  guru  harus  bisa menunjukkan  kepada  siswa  alamat  situs-situs  web  atau  tautan  (link)  yg mengarahkan siswa pada sumber yg jelas, benar, dan bertanggungjawab.

Sudahkan Bapak/Ibu guru SD / MI Kelas 3 mempunyai RPP SD/MI. Jika belum berikut ini kumpulan Link download RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Silahkan dimanfaatkan sebagai dokumen awal utk Bapak/Ibu sesuaikan dgn keterampilan Bapak/Ibu, Kondisi sekolah Bapak/Ibu dan lainnya.

RPP SD / MI KELAS 3 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018 (LENGKAP)


RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 SEMESTER 1
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 1 :UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 2 :UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 3 :UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 4 :UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 5 :UNDUH 

RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 SEMESTER 2
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2 Tema 6: UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2 Tema 7 : UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2 Tema 8 : UNDUH 
·          RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2 Tema 9 : UNDUH 

NB. Bagi yg membutuhkan !
RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)
RPP Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 (disini)

Demikian informasi tentang RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat dan sanggup memberi kemudahan bagi guru, terutama sebagai materi referensi ketika menciptakan RPP utk diterapkan di sekolah masing-masing.




DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/01/rpp-kelas-3-sd-mi-kurikulum-2013-edisi.html

0 Response to "Rpp Kelas 3 Sd / Mi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018"

Posting Komentar