Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel -, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembelajaran, Artikel Pembinaan, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)
link : Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)

 Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS MODEL PEMBELAJARAN HOTS  (BUKU PEGANGAN  PEMBELAJARAN BERORIENTASI  HOTS)

Memasuki periode milenium, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengimbau para guru utk terus menyebarkan berguru mengajar di sekolah dgn Model Pembelajaran HOTS  atau model cara berpikir tinggi/higher order thinking skills (HOTS).

Dengan pengembangan Model Pembelajaran HOTS tersebut sanggup menghasilkan bawah umur berkemampuan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi yg baik, berkolaborasi, berpikir kreatif, dan percaya diri. Hal tersebut disampaikan Mendikbud dikala membuka kegiatan Pembekalan Guru Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berorientasi pada HOTS, di Yogyakarta, Jumat (09/11/2018).

“Dalam menyiapkan penerima didik yg siap bersaing menghadapi periode milenium dan revolusi industri 4.0, guru harus bisa mengarahkan penerima didik utk bisa berpikir kritis, analistis, dan bisa menunjukkan kesimpulan atau penyelesaian masalah,“ terang Mendikbud.

Mendikbud mengatakan, berguru pada hakekatnya ialah perubahan tingkah laku. Perubahan tersebut meliputi cara berpikir, bersikap, dan bertindak. “Dalam berbuat sesuatu, pertama yg dilakukan ialah berpikir dahulu. Bersikap dipengaruhi cara berpikir. sikap atau tindakan, suatu langkah konkrit berdasarkan sikap. Itulah belajar,” terang Mendikbud.

Mendikbud mengajak para guru utk memperkuat sikap siswa dgn komponen berpikir, bersikap, dan bertindak. “Ajak siswa kita utk berpikir kreatif dan kritis, membangun kerja sama atau berkolaborasi. Mohon guru inti jangan berikan pendidikan yg tidak kreatif. Kita harus menunjukkan yg terbaik utk bawah umur kita,“ pesan Mendikbud.

Mendikbud juga berharap para guru inti sanggup menularkan ilmu yg didapat selama kegiatan pembekalan kepala guru lain. Tugas guru inti dihentikan pilih kasih dalam menunjukkan pencerahan kepada sesama guru. Bagi pengalaman yg didapat.

Kegiatan Pembekalan Guru Inti Nasional Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tinggi yg diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 13 November 2018, diikuti oleh 240 penerima dari Provinsi Aceh, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan pembekalan guru ini ialah utk menyiapkan guru inti dalam zonasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sesuai dgn mata fatwa yg diampu guru. Selain itu, utk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru inti dalam acara peningkatan kompetensi, meliputi konsep, seni administrasi penggunaan perangkat, dan seni administrasi pelaksanaan PKP dalam pembelajaran yg berorientasi pada keterampilan berpikir tinggi.

“Sehingga sanggup meningkatkan kualitas penerima didik yg cendekia dan sukses,” pungkas Mendikbud. *

Dalam rangka membantu guru dalam menerapkan model cara berpikir tinggi/higher order thinking skills (HOTS), direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kepdidikan telah menerbitkan Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS atau Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (Pengembangan Model Pembelajaran HOTS). Buku  Pegangan  ini  diharapkan  dapat  menjembatani  pemahaman  para  guru  dalam  hal perencanaan  dan  pelaksanaan  pembelajaran   lebih  baik  lagi  sehingga  mereka  sanggup meningkatkan  kualitas Pendidikan di  Indonesia .

Diterbitkannya Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi (Pengembangan Model Pembelajaran HOTS) sebagai upaya mensukseskan acara Program Ditjen  GTK terkait peningkatan kualitas  lulusan. Sebagaimana di ketahui, Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher  Order Thinking Skill  (HOTS)  merupakan acara yg dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidi kan  (Ditjen  GTK)  dalam  upaya  peningkatan  kualitas  pembelajaran  dan meningkatkan  kualitas  lulusan.  Program  ini  dikembangkan  mengikuti  arah  kebijakan Kement e rian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  yg  pada  tahun  2018  telah  terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter  dan pembelaja ran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi   atau High er  Order Thinking Skill  (HOTS).

Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS atau Pegangan  Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat  Tinggi disusun agar  sanggup memberikan  pegangan   dan  panduan  dalam melakukan perencanaan  hingga  proses  pembelajaran   berorientasi  kepada  keterampilan  berpikir tingkat tinggi  secara efektif, efisien, dan sesuai dgn prosedur  serta  amanat Kurikulum 2013. Pegangan  Pembelajaran Berorientasi HOTS

Secara khusus tujuan diterbitkan Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS ( Pengembangan Model Pembelajaran HOTS) ialah utk menjadi pegangan dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni 1)   Memberikan teladan kepada guru dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS);  2)   Memberikan acuan  kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik; 3) Memberikan teladan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervise akademik dan manajerial .


Sasaran penggunaan Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS (Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS) ini ialah sebagai berikut:
1.   Guru Jenjang  Sekolah  Dasar  (SD),  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Sekolah Menengah  Atas (SMA), dan Sekolah  Menengah  Kejuruan (SMK)   utk mata fatwa adaptif dan  normatif.
2.   Guru  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  Produktif,  B imbingan  Konseling  (BK), Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)   dan  Pendidikan  Masyarakat  (Dikmas)   serta Pendidikan Luar Biasa  (PLB).
3.   Kepala Sekolah / Madrasah sebagai bab Supervisi Akademik 
4.   Pengawas Sekolah / Madrasah sebagai bab supervisi  akademik dan manajerial

Apa saja isi Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS (Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS) ini. Buku ini antara lain membahas Pengertian atau Konsep Berpikir Tingkat Tinggi,   Kompetensi Keterampilan  4Cs ( Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication), Pendekatan Saintifik, Beberapa alternative Model Pembelajaran HOTS seperti Model Discovery /Inquiry Learning, Model  Pembelajaran Problem-based Learning (PBL), Model Pembelajaran Project - Based Learning.  Buku ini mengupas pula Strategi Mengembangkan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi HOTS dan Desain Pembelajaran yg Berorientasi HOTS.

Dalam salah satu bab isi Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS (Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS) ini dinyatakan bahwa Keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi (HOTS)  yg  dalam  bahasa  umum  dikenal  sebagai  Higher  Order Thinking Skill (HOTS)  dipicu oleh empat kondisi.
a.   Sebuah situasi berguru tertentu yg memerlukan seni administrasi pembelajaran yg spesifik dan tidak sanggup dipakai di situasi berguru lainnya. 
b.   Kecerdasan yg tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yg tidak sanggup diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yg dipengaruhi oleh aneka macam faktor yg terdiri dari lingkungan belajar, seni administrasi dan kesadaran dalam belajar. 
c.   Pemahaman pandangan  yg telah berge ser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
d. Keterampilan  berpikir tingkat tinggi yg lebih spesifik ibarat penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis  dan kreatif. 

Menurut beberapa  ahli,  definisi  keterampilan berpikir  tingkat  tinggi  salah satunya  dari Resnick  (1987)  adalah  proses berpikir  kompleks  dalam  menguraikan  materi,  menciptakan kesimpulan, membangun representasi, meng analisis, dan membangun korelasi dgn melibatkan  aktivitas  mental  yg  paling  dasar.  Keterampilan  ini  juga  digunakan  utk menggarisbawahi  berbagai  proses  tingkat  tinggi  menurut  jenjang  taksonomi  Bloom. Menurut  B loom, keteram pilan dibagi menjadi dua bagian.  Pertama   ialah keterampilan tingkat rendah yg penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat ( remembering ), memahami  (understanding ),  dan  menerapkan  ( applying),  dan  kedua  adalah  yg diklasifikasikan  ke  dalam  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  berupa  keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta ( creating).

Selengkapnya silahkan baca dan download Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS (Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS)




Link Download

Demikian informasi wacana Buku Pegangan  Pembelajaran Berorientasi  Pada HOTS (Buku Pengembangan Model Pembelajaran HOTS). Semoga bermanfaat, terima kasih. 



= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/11/model-pembelajaran-hots-buku-pegangan.html

0 Response to "Model Pembelajaran Hots (Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Hots)"

Posting Komentar