Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil
link : Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil

 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil diterbitkan u PERPRES NOMOR 96 TAHUN  2018 TENTANG PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL

Peraturan Presiden – Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil diterbitkan utk melaksanakan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 wacana Perubahan atas Undang-Undang  Nomor 23  Tahun 2006  tentang Administrasi Kependudukan. Perpres Nomor 96 Tahun  2018 ini menggantikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang  Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil yg dipandang sudah tidak sesuai lagi dgn perkembangan zaman.

Menurut Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, yg dimaksud Pendaftaran Penduduk yaitu pencatatan biodata Penduduk, pencatatan atas pelaporan Peristiwa Kependudukan, dan pendataan Penduduk rentan Administrasi Kependudukan serta penerbitan Dokumen Kependudukan berupa kartu identitas atau surat keterangan kependudukan. Sedangkan yg dimaksud Pencatatan Sipil yaitu pencatatan Peristiwa Penting yg dialami oleh seseorang dalam register Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KabupatenlKota atau Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Berdasarkan Pasal 2 Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Pelayanan Pendaftaran Penduduk terdiri atas:
a. pencatatan biodata Penduduk;
b. penerbitan KK;
c. penerbitan KTP-e1;
d. penerbitan KIA;
e. penerbitan surat keterangan kependudukan; dan
f.  pendataan Penduduk rentan Administrasi Kependudukan.

Pasal 10 Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, menyatakan bahwa: 1) Penerbitan KK bagi Penduduk WNI atau Penduduk OrangAsing terdiri atas: a) penerbitan KK baru; b) penerbitan KK alasannya yaitu perubahan data; dan c) penerbitan KK alasannya yaitu hilang atau rusak. 2) Penduduk Orang Asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan: a) Penduduk Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap; b) Penduduk Orang Asing yg telah memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia; dan c) Penduduk Orang Asing yg mempunyai anak berkewarganegaraan ganda yg telah menentukan kewarganegaraan Republik Indonesia.

Persyaratan Penerbitan KK gres utk Penduduk WNI berdasarkan Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, yaitu sbb:
a. buku nikah/kutipan sertifikat perkawinan atau kutipan sertifikat perceraian;
b. surat keterangan pindah/surat keterangan pindah tiba bagi Penduduk yg pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
c. surat keterangan pindah luar negeri yg diterbitkan oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota bagi WNI yg tiba dari luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia alasannya yaitu pindah;
d. surat keterangan pengganti tanda identitas bagi Penduduk rentan Administrasi Kependudukan; dan
e. Petikan Keputusan Presiden wacana pewarganegaraan dan gosip program pengucapan sumpah atau pernyataan kesepakatan setia bagi Penduduk WNI yg semula berkewarganegaraan abnormal atau petikan Keputusan Menteri yg menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang aturan wacana perubahan status kewarganegaraan.

Persyaratan  Penerbitan KK gres utk Penduduk Orang Asing berdasarkan Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, yaitu sbb::
a. izin tinggal tetap;
b. buku nikah/kutipan sertifikat perkawinan atau kutipan sertifikat perceraian atau yg disebut dgn nama lain; dan
c. surat keterangan pindah bagi Penduduk yg pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peryaratan Penerbitan KK alasannya yaitu perubahan data:
a. KK lama; dan
b. surat  keterangan/bukti perubahan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting.

Persyaratan Penerbitan KK alasannya yaitu hilang atau rusak bagi Penduduk WNI:
a. surat keterangan hilang dari kepolisian atau KK yg rusak; dan
b. KTP-el.

Persyaratan Penerbitan KK alasannya yaitu hilang atau rusak bagi Penduduk Orang Asing:
a. surat keterangan hilang dari kepolisian atau KK yg rusak;
b. kartu izin tinggal tetap; dan
c. KTP-el.


Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di atur dalam Pasal 14 Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, yaitu sbb:
a. penerbitan KTP-el baru;
b. penerbitan KTP-el alasannya yaitu pindah datang;
c. penerbitan KTP-e1 alasannya yaitu perubahan data;
d. penerbitan KTP-el alasannya yaitu perpanjangan bagi Penduduk Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap;
e. penerbitan KTP-el alasannya yaitu hilang atau rusak; dan
f.  penerbitan KTP-el di luar domisili.

Penerbitan KTP-el gres bagi Penduduk WNI harus memenuhi persyaratan:
a. telah berusia 17 (tujuh belas) tahun, sudah kawin, atau pernah kawin; dan
b. KK.

Penerbitan KTP-el gres bagi Penduduk Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan:
a. telah berusia 17 (tujuh belas) tahun, sudah kawin, atau pernah kawin;
b. KK;
c. Dokumen Perjalanan; dan
d. kartu izin tinggal tetap.

Penerbitan KTP-el alasannya yaitu pindah tiba bagi Penduduk WNI dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memenuhi persyaratan:
a. surat  keterangan pindah dari  Disdukcapil Kabupaten/Kota atau  UPT  Disdukcapil Kabupaten/Kota tempat asal; dan
b. KK.

Penerbitan KTP-el alasannya yaitu pindah tiba bagi WNI yg tiba dari luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memenuhi persyaratan:
a. Surat keterangan pindah dari Perwakilan Republik Indonesia; dan
b. KK.

Penerbitan KTP-e1 alasannya yaitu pindah tiba bagi Penduduk Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan surat keterangan pindah.

Penerbitan KTP-el alasannya yaitu perubahan data bagi Penduduk WNI atau Penduduk Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan:
a. KK.
b. KTP-el lama;
c. kartu izin tinggal tetap; dan
d. surat  keterangan/bukti perubahan Kependudukan dan Peristiwa Penting

Penerbitan KTP-el alasannya yaitu perpanjangan bagi Penduduk Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan:
a. KK;
b. KTP-el lama;
c. Dokumen Perjalanan; dan
d. kartu izin tinggal tetap.

Penerbitan KTP-el alasannya yaitu hilang atau rusak bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yg mempunyai izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan:
a. surat keterangan hilang dari kepolisian;
b. KTP-el yg rusak;
c. KK;
d. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau Dokumen Perjalanan; dan
e. kartu izin tinggal tetap.

Perekaman dan penerbitan KTP-el gres oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota di luar domisili sanggup dilakukan dgn memenuhi persyaratan:
a. tidak melaksanakan perubahan data Penduduk; dan
b. KK

Selengkapnya silahkan baca dan download Peraturan Presiden – Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil




Link Download Perpres Nomor 96 Tahun  2018 ---DISINI

Demikian informasi wacana Peraturan Presiden – Perpres Nomor 96 Tahun  2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.  Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/11/perpres-nomor-96-tahun-2018-wacana.html

0 Response to "Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Wacana Persyaratan Dan Tata Cara Registrasi Penduduk Dan Pencatatan Sipil"

Posting Komentar