Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembelajaran, Artikel Pembelajaran2, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)
link : Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)

PENGERTIAN KURIKULUM
Apa yg dimaksud Kurikulum ? Berdasarkan asal katanya atau terminologi, kurikulum berasal dari bahasa Yunani yg mula-mula dipakai dalam bidang olahraga, yaitu kata curere yg berarti jarak tempuh lari. Dalam kegiatan berlari tentu saja ada jarak yg harus ditempuh mulai dari start hingga dgn finish. Jarak antara start dan finish ini yg disebut curere. Atas dasar tersebut pengertian kurikulum diterapkan dalam bidang pendidikan.

Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003, pengertian kurikulum ialah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi ajaran, serta cara yg dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran utk mencapai tujuan pendidikan tertentu.


===========================================




===========================================

Untuk lebih terperinci serta menambah pengetahuan kita sanggup membaca pengertian Kurikulum berdasarkan para ahli. Apa yg dimaksud Kurikulum berdasarkan para hebat ? Berikut ini penjelasannya.

Hilda Taba: Pengertian Kurikulum ialah sebuah rancangan pembelajaran, yg disusun dgn mempertimbangkan banyak sekali hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu

Daniel Tanner & Laurel Tanner : Pengalaman pembelajaran yg bersiklus dan terarah, yg disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yg sistematis di bawah pengawasan forum pendidikan semoga pembelajar sanggup terus mempunyai minat utk mencar ilmu sebagai bab dari kompetensi sosial pribadinya.

Romine : Kurikulum meliputi semua temu permbelajaran, acara dan pengalaman yg diikuti oleh anak didik dgn instruksi dari sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.

Murray Print. : Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran bersiklus yg diberikan kepada siswa oleh forum pendidikan dan pengalaman yg dinikmati oleh siswa ketika kurikulum itu terapkan. Kurikulum ialah sejumlah mata anutan yg harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa utk memperoleh sejumlah pengetahuan. Kurikulum ialah suatu acara pendidikan yg disediakan utk membelajarkan siswa. Dengan acara itu, para siswa melaksanakan banyak sekali kegiatan mencar ilmu sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laris siswa, sesuai dgn tujuan pendidikan dan pembelajaran. Dengan kata lain, sekolah menyediakan lingkungan bagi siswa yg memperlihatkan kesempatan belajar.

Pengertian kurikulum ialah Rancangan Pengajaran atau sejumlah mata anutan yg disusun secara sistematis utk menuntaskan suatu acara utk memperoleh ijazah. (Crow and Crow) 

Pengertian kurikulum ialah kelompok pengajaran yg sistematik atau urutan subjek yg dipersyaratkan utk lulus atau sertifikasi dalam anutan mayor, contohnya kurikulum anutan sosial, kurikulum pendidikan fisika (Carter V. Good dalam Oliva, 191:6) 

Kurikulum ialah seluruh pengalaman siswa di bawah bimbingan guru ( Hollis L. Caswell and Doak S. Campbell dalam Oliva, 1991:6) 

Pengertian kurikulum ialah sebagai sebuah perencanaan utk memperbaiki seperangkat pembelajaran utk seseorang semoga menjadi terdidik (J. Galen Saylor, William M. Alexander, and arthur J. Lewis dalam Oliva 1991:6) 

Kurikulum pada umumnya berisi pernyataan tujuan dan tujuan khusus, memperlihatkan seleksi dan organisasi konten, mengimplikasikan dan meanifestasikan teladan mencar ilmu mengajar tertentu, alasannya tujuan menuntut mereka atau alasannya organisasi konten mempersyaratkannya. Pada akhirnya, termasuk di dalamnya acara penilaian outcome (Hilda Taba dalam Oliva, 1991:6) 

Kurikulum sekolah ialah konten dan proses formal maupun non formal di mana pebelajar memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skil, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah santunan sekolah (Ronald C. Doll dalam Oliva, 1991:7) 

Pengertian kurikulum ialah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yg dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), semoga sanggup pebelajar meningkatkan pengetahuan dan pengalamannnya (Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam Oliva, 1991:7) 

Kurikulum dalam acara pendidikan dibagi menjadi empat elemen yaitu acara belajar, acara pengalaman, acara pelayanan, dan kurikulum tersembunyi (Abert I. Oliver dalam Oliva, 1991:7). 

Kurikulum mengandung konten (suject matter), pernyataan tujuan (terminal objective), urutan konten, pre-asesmen dari entri skil yg dipersyaratkan pada siswa ketika mulai mencar ilmu konten (Roert M. Gagne dalam Oliva, 1991:7). 

PENGERTIAN KURIKULUM DAN KURIKULUM 2013
Pengerttian kurikulum ialah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yg disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dgn maksud menolongnya utk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laris mereka sesuai dgn tujuan-tujuan pendidikan. (Dr. Addamardasyi dan Dr. Munir Kamil)

Sebagaimana diketahui semenjak tahun 2013/2014, Indonesia mulai menerapkan Kurikulum 2013. Penerapan dilakukan sedikit demi sedikit sejalan dgn proses persiapan sekolah dan guru di seluruh Indonesia utk sanggup menerapkan Kurikulum 2013 secara optimal.

Kurikulum 2013 ialah pengembangan dari Kurikulum tahun 2006 yg disusun mengacu pada Tujuan Pendidikan Nasional dan berdasarkan penilaian kurikulum sebelumnya dalam menjawab tantangan yg dihadapi bangsa di masa depan. Pengembangan Kurikulum 2013 khususnya terletak pada:
1. Keseimbangan Pengetahuan – Sikap – Keterampilan
2. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran
3. Model Pembelajaran (Penemuan, Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah)
4. Penilaian Otentik.

Pengembangan Kurikulum 2013 mempertimbangkan aspek berikut.
a. Tantangan Internal
Tantangan internal antara lain terkait dgn kondisi pendidikan dikaitkan dgn tuntutan pendidikan yg mengacu kepada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yg meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.
Tantangan internal lainnya terkait dgn perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif.

b. Tantangan Eksternal
Tantangan eksternal antara lain terkait dgn arus globalisasi dan banyak sekali gosip yg terkait dgn persoalan lingkungan hidup, kemajuan teknologi dan informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat internasional.

c. Tuntutan kompetensi kurun ke-21
Pengembangan kurikulum dilakukan dgn mempertimbangkan hal berikut, yaitu tuntutan kompetensi kurun ke-21, pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills), penciptaan kesempatan kerja, akseptor didik, dan dasar-dasar dan aspek akademik ihwal kurikulum. Ciri Abad 21 antara lain:
Kehidupan dan Karir
• Berinisiatif dan mandiri
• Keterampilan sosial dan budaya
• Produktif dan akuntabel
• Kepemimpinan & tanggung jawab

Pembelajaran dan Inovasi
• Kreatif dan inovasi
• Berfikir kritis
• Komunikasi dan kolaborasi

Informasi, Media and Teknologi
• Melek informasi
• Melek Media
• Melek TIK


Demikian info ihwal Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum) dan Kurikulum 2013







= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/apa-yang-dimaksud-kurikulum-pengertian.html

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Kurikulum (Pengertian Kurikulum)"

Posting Komentar