Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel -, Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembinaan, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi
link : Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi

Panduan Penilaian Oleh Pendidikan dan SatuanPendidikan Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama terbitan tahun  BENTUK – BENTUK PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2019 VERSI REVISI

Mendiskusikan Bentuk – Bentuk Penilaian dalam Kurikulum 2013 Versi Revisi 2017 – 2018 pada jenjang SMP/MTS tidak terlepas dari mengkaji Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 perihal Standar Penilaian. Serta mengkaji Panduan Penilaian Oleh Pendidikan dan SatuanPendidikan Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama terbitan tahun 2017.

Menurut Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 perihal Standar Penilaian. Penilaian  adalah  proses  pengumpulan  dan  pengolahan informasi  utk  mengukur  pencapaian  hasil  belajar  penerima didik. Penilaian  hasil  belajar  oleh  pendidik  dilakukan  dalam bentuk  ulangan,  pengamatan,  penugasan,  dan/atau bentuk lain yg diperlukan. Selanjutnya dinyatakan bahwa  Penilaian hasil berguru oleh pendidik dipakai utk:  a)  mengukur  dan mengetahui  pencapaian kompetensi Peserta Didik; b) memperbaiki proses pembelajaran; dan  c) menyusun  laporan  kemajuan  hasil  belajar  harian, tengah  semester,  akhir  semester,  akhir  tahun. dan/atau kenaikan kelas.

Menurut Panduan Penilaian Oleh Pendidikan dan Satuan Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama terbitan tahun 2017, Penilaian hasil berguru oleh pendidik penilaian  terdiri  dari pelaksanaan  evaluasi harian  (PH) dan evaluasi tengah semester (PTS).  Sedangkan Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk evaluasi tamat semester, evaluasi tamat tahun, dan uji sekolah.

A. Bentuk Penilian oleh Pendidik
Penilaian hasil berguru oleh pendidik penilaian  terdiri  dari pelaksanaan  evaluasi harian  (PH) dan evaluasi tengah semester (PTS).
1. Penilaian harian
Penilaian harian dilaksanakan sesudah serangkaian aktivitas pembelajaran berlangsung sebagaimana yg di- rencanakan dalam RPP.
2. Penilaian tengah semester  (PTS) 
Penilaian tengah semester  (PTS) merupakan  kegiatan  penilaian  yg  dilakukan  utk mengukur pencapaian kompetensi dasar mata pedoman sesudah aktivitas pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. Cakupan Perguruan Tinggi Swasta meliputi seluruh KD pada periode tersebut.

B. Bentuk Penilian oleh Satuan Pendidikan
Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk evaluasi tamat semester, evaluasi tamat tahun, dan uji sekolah.
1.  Penilaian Akhir Semester
Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu aktivitas yg dilakukan utk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di tamat semester gasal. Cakupan evaluasi meliputi seluruh indikator yg merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Hasil evaluasi tamat semester selanjutnya diolah dan dianalisis utk mengetahui ketuntasan berguru penerima didik. Hasil evaluasi ini sanggup dimanfaatkan utk agenda remedial, pengayaan, dan pengisian  rapor.

2.  Penilaian Akhir Tahun
Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu aktivitas yg dilakukan oleh pendidik di tamat semester genap utk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik pada tamat semester genap. Cakupan evaluasi meliputi seluruh indikator yg merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau sanggup merepresentasikan KD dalam kurun waktu satu tahun pedoman (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2).

Hasil evaluasi tamat tahun selanjutnya diolah dan dianalisis utk mengetahui ketuntasan berguru penerima didik. Hasil evaluasi ini sanggup dimanfaatkan utk agenda remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

3.  Ujian Sekolah
Ujian Sekolah (US) yaitu aktivitas yg dilakukan utk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik sebagai legalisasi terhadap prestasi berguru dan penyelesaian dari satuan pendidikan. Mata pedoman yg diujikan yaitu semua mata pedoman yg diajarkan pada satuan pendidikan tersebut. Untuk beberapa mata ajaran, uji sekolah diselenggarakan dalam bentuk uji tulis dan uji praktik, namun beberapa mata pedoman lain dilaksanakan dgn uji tulis atau uji praktik saja. Pengaturan perihal hal ini dan pelaksanaan secara keseluruhan diatur dalam POS Ujian Sekolah yg disusun oleh satuan pendidikan.
Hasil analisis uji sekolah dipergunakan pendidik dan satuan pendidikan utk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan pada tahun pedoman berikutnya. Hasil uji sekolah dilaporkan satuan pendidikan kepada orang-tua penerima didik dalam bentuk surat keterangan hasil uji (SKHU). Hasil uji sekolah dipakai sebagai salah satu pertimbangan kelulusan penerima didik dari satuan pendidikan.

Demikian klarifikasi saya terkait Bentuk – Bentuk Penilaian dalam Kurikulum 2013 Versi Revisi 2017 – 2018 pada jenjang SMP/MTS. Jadi bukan tidak ada Penilaian Tengah Semester (PTS), melainkan Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan bentuk evaluasi yg dilakukan oleh Pendidik menyerupai halnya Penilaian atau ulangan harian, sedangan PAS (Penilaian Akhir Semester) dan PAT (Penilaian Akhir Tahun) merupakan evaluasi yg dilakukan oleh Satuan Pendidikan.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/bentuk-bentuk-evaluasi-dalam-kurikulum.html

0 Response to "Bentuk – Bentuk Evaluasi Dalam Kurikulum 2019 Versi Revisi"

Posting Komentar