Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)
link : Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)

Indikator Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan  INDIKATOR MUTU PENDIDIKAN (INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Nasional ialah keseluruhan komponen pendidikan yg saling terkait secara terpadu utk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu utk membuatkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat insan Indonesia. Sebagaimana diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melaksanakan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan utk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar sesuai peraturan yg berlaku. Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah ialah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yg ditetapkan oleh pemerintah sentra melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). SNP ialah standar minimal yg ditetapkan pemerintah dalam bidang pendidikan yg harus dipenuhi oleh satuan pendidikan dan semua pemangku kepentingan dalam mengelola dan menyelenggarakan pendidikan, yg terdiri atas:
1.    Standar Kompetensi Lulusan;
2.    Standar Isi;
3.    Standar Proses;
4.    Standar Penilaian;
5.    Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
6.    Standar Pengelolaan;
7.    Standar Sarana dan Prasarana; dan
8.    Standar Pembiayaan

INDIKATOR MUTU PENDIDIKAN (INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN)


Berikut ini Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan) yg dijadikan Indikator mutu dalam penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Indikator ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.




Link Download

Satuan pendidikan yg telah atau hampir memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan sanggup memakai atau memutuskan standar di atas SNP sebagai contoh dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan. Standar yg ditetapkan oleh satuan pendidikan harus lebih tinggi dari SNP.Penetapan standar dan indikatornya harus diubahsuaikan dgn prinsip penyelenggaraan pendidikan di Indonesia

Ukuran keberhasilan penjaminan mutu oleh satuan pendidikan terdiri dari indikator proses,  output ,  outcome dan dampak.

  Indikator proses
Meningkatnya kemampuan satuan pendidikan dalam menjalankan siklus penjaminan mutu pendidikan yg sanggup diidentifikasi dari adanya perubahan pengelolaan satuan pendidikan;  adanya kebijakan dan implementasi kebijakan yg mengacu pada SNP; meningkatnya kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan planning pemenuhan mutu yg disusun; dan meningkatnya kemampuan utk memonitor dan mengevaluasi  mekanisme yg telah dilakukan.

  Indikator  output
Terwujudnya peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan, yg ditunjukkan dgn meningkatnya kompetensi pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai penilaian, pengembangan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, meningkatnya pengelolaan sarana prasarana dan keuangan, kerjasama dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan.

  Indikator  outcome
Adanya peningkatan hasil mencar ilmu penerima didik; hasil uji kompetensi dan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan; prestasi satuan pendidikan beserta anggota; terwujudnya lingkungan mencar ilmu  yg menyenangkan; adanya penghargaan serta  dukungan finansial pemangku kepentingan.

  Indikator dampak
Terbangunnya budaya mutu dgn terlaksananya  penjaminan mutu yg berkesinambungan dan berkelanjutan pada satuan pendidikan.




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/indikator-mutu-pendidikan-indikator.html

0 Response to "Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)"

Posting Komentar