Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama
link : Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengemukakan ada 4 (empat) kiprah guru yg utama. Pernyataan ini terkait rencana mendikbud menciptakan arahan etik guru dan siswa serta penataan relasi antara guru dan murid di sekolah. Mendikbud menekankan penataan relasi antara guru dan murid ini bukan hanya utk mencegah konflik dan disharmonisasi. Namun yg lebih utama yaitu supaya proses pendidikan bisa efektif. Sebab guru bisa mendidik muridnya secara benar dalam arti menyebarkan harkat dan martabat kemanusiaannya secara utuh, dan bukan sekadar mengajar.

"Ada 4 (empat) kiprah utama (substansial guru). Pertama, mendidik. Kedua, mendidik. Ketiga, mendidik. Keempat, mengajar," kata Muhadjir.

Mendikbud tengah membentuk 'kontrak belajar' utk menata relasi antara siswa dan guru di sekolah. Dalam merancang kontrak itu, Muhadjir mengaku banyak diinspirasi oleh kitab Ta'lim al-Muta'allim karya Syekh Burhanuddin Az-Zanurji yg selama ini menjadi satu standar wajib di pondok pesantren.

"Dengan Ta'lim al-Muta'allim pesantren telah bisa menjadi conto pendidikan huruf yg bagus," kata Muhadjir, Rabu (14/2).


Sementara itu tokoh ulama di Madura KH Mahrus Malik yg juga pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan, Omben, Sampang menegaskan, gagasan Mendikbud itu sangat tepat. Kitab Ta'lim Muta'allim mempunyai kandungan sangat lengkap utk mendidik siswa mempunyai adat yg mulia dan membangun sikap ikhlas, dedikatif guru.

"Di pesantren kitab itu diajarkan selama setahun gres lalu tarbiyah," kata KH Mahrus.

Dia mengatakan, para ulama Madura prihatin dgn terjadinya sikap murid yg tidak menghormati guru bahkan hingga tega dan berani melaksanakan penganiayaan hingga meninggal dunia. Padahal, guru mempunyai posisi yg terhormat di dalam Islam.

"Ilmu dan pendidikan yg diberikan guru kepada murid itu yaitu sebaik-baik proteksi yg mengakibatkan anak didik beruntung selama-lamanya," ujar dia. (sumber: Republika)








= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/ingat-ini-4-empat-kiprah-guru-yang-utama.html

0 Response to "Ingat Ini 4 (Empat) Kiprah Guru Yang Utama"

Posting Komentar