Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru
link : Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru

Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018





Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2018 telah menghasilkan 22 Rekomendasi dari lima gosip strategis pendidikan dan kebudayaan, sebagai wujud mensinergikan langkah pemerintah sentra dan kawasan serta komunitas pendidikan dan kebudayaan utk gotong royong menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan, melalui komunikasi dua arah yg saling mendukung.





Lima gosip strategis pendidikan dan kebudayaan yg menjadi pokok bahasan RNPK tahun 2018, ialah 1. Ketersediaan, peningkatan profesionlisme, dan proteksi serta penghargaan guru; 2. Pembiayaan pendidikan dan kebudayaan oleh pemerintah daerah; 3. Kebijakan revitalisasi pendidikan vokasi dan pembangunan ekonomi nasional; 4. Membangun pendidikan dan kebudayaan dari pinggiran; dan 5. Penguatan pendidikan karakter: sekolah sebagai model lingkungan kebudayaan. (Rekomendasi telampir).





Pada pelaksanaan RNPK tahun 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengajak para pelaku pendidikan, baik pemerintah pusat, pemerintah kawasan bersama meningkatkan pelayanan pendidikan. “Sekali lagi saya mengajak kita semua utk tidak terjebak dalam rutinitas. Sudah bertahun-tahun kita berjalan rutin tanpa sebuah pembaharuan. Buatlah terobosan, belum dewasa kita dihentikan ketinggalan ilmu dan teknologi. Teknologi harus kita gunakan utk memperkaya dan memperkuat kearifan lokal kita. Jangan hingga kita kehilangan akan budaya kita,” pesan Presiden ketika pembukaan RNPK, di Pusdiklat Kemendikbud, jalan raya Ciputat – Parung, Depok, Jawa Barat, Selasa (06/02/2018).





Dalam penutupan RNPK tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan kepada seluruh kepala dinas turut aktif memperjuangkan alokasi anggaran fungsi pendidikan dan kebudayaan sebesar 20 persen dari Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sesuai dgn amanat Undang-undang Dasar 1945.





Selanjutnya, Mendikbud memberikan pesan kepada seluruh jajaran di Kemendikbud utk sanggup menjaga, meningkatkan kerjasama dan hubungan baik antar unit kerja. Selain itu, juga menjaga hubungan baik dgn jajaran pemerintah kawasan baik di kabupaten, kota, dan provinsi. “Supaya menghindari overlapping dan overloading, saya kira hubungan konsultasi dan komunikasi harus selalu dilakukan dari masing-masing pihak,” pesan Mendikbud.





Rekomendasi RNPK tahun 2018


Ketersediaan, Peningkatan profesionalisme, dan Perlindungan  serta Penghargaan Guru


1.    Pemerintah Pusat dan Pemda perlu bekerja sama mempercepat terbitnya regulasi yg lebih teknis wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) utk memenuhi kebutuhan guru melalui pengangkatan guru gres atau redistribusi guru (rekrutmen CPNS Guru).


2.    Pemerintah Pusat dan Daerah perlu berkoordinasi dan harmonisasi dalam menciptakan regulasi wacana pembagian kewenangan dan pembiayaan dalam rangka peningkatan kualitas dan profesionalisme guru menurut pemetaan dan analisis kebutuhan training guru baik guru PNS maupun bukan PNS.


3.    Pemerintah Daerah perlu menciptakan aturan aturan terkait proteksi dan penghargaan guru, dan perlu adanya penganggaran oleh Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pelaksanaannya sehingga sanggup pula mengoptimalkan kiprah satuan pendidikan utk menjamin keamanan serta kenyamanan guru dalam melaksanakan tugasnya.



Pembiayaan Pendidikan dan Kebudayaan oleh Pemerintah Daerah


1.    Mengawal proses perencanaan dan akuntabilitas penyaluran Dana Transfer Daerah antara lain melalui perbaikan kualitas Dapodik oleh satuan pendidikan dan pemerintah kawasan sesuai kewenangannya.


2.    Memperjelas ketentuan wacana santunan pembiayaan pendidikan dan kebudayaan diluar kewenangan masing-masing tingkat pemerintahan.


3.    Mensinkronkan kebijakan antara Kemendikbud dan Kemendagri terkait penggunaan anggaran pendidikan di kawasan antara memakai prosedur hibah, bansos, dan belanja langsung.


4.    Peningkatan kualitas pegawanegeri pemerintah kawasan dalam menyusun perencanaan pendidikan dan kebudayaan dgn trasnparan dan akuntabel.


5.    Perlu diterbitkan dan disosialisasikan regulasi yg terkait dgn:


·          Permendikbud terkait indikator SPM sebagai turunan PP Nomor 2 Tahun 2018 serta Permendikbud terkait Pembiayaan Pendidikan;


·          Permendikbud atau Permendagri terkait penggunaan TPG utk peningkatan kualitas guru;


·          Regulasi terkait santunan dana pendidikan utk sekolah swasta;


·          Permendagri terkait Bantuan Keuangan Khusus;


·          Permendagri terkait anggaran utk sektor pendidikan yg  dialokasikan melalui SKPD lain;


·          Payung aturan yg memastikan kewajiban APBD mengalokasikan minimal 20% dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) utk dialokasikan pada fungsi pendidikan; dan


·          Regulasi terkait DAK Fisik utk Kebudayaan.



Kebijakan Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pembangunan Ekonomi Nasional


1.    Mendorong Provinsi melaksanakan pemetaan kebutuhan DUDI, potensi wilayah, analisis kompetensi guru dan cohort kebutuhan guru utk menciptakan peta jalan pengembangan pendidikan vokasi.


2.    Mendorong Kemenristekdikti utk memperluas mandat Politeknik dalam menghasilkan guru Sekolah Menengah kejuruan melalui kerja sama dgn LPTK dan P4TK.


3.    Merekomendasikan Pemerintah utk menyusun regulasi wacana pemanfaatan SES (Senior Expert Service) dan training dari industri/lembaga nasional dan internasional utk peningkatan kompetensi guru, kebekerjaan lulusan SMK, dan pengoptimalan pendanaan sekolah vokasi melalui pelibatan dan kerjasama dgn Atdikbud, SEAMEO, dan alumni.


4.    Merekomendasikan adanya regulasi yg:


·          Mewajibkan BUMN/BUMD dan mendorong DUDI berafiliasi dgn Sekolah Menengah kejuruan dgn imbalan tax incentive/ insentif pajak, contohnya magang industri, menyerap dan memasarkan produk TEFA SMK;


·          Mengatur revitalisasi SMK, penyediaan lahan, dan prosedur pendanaan utk menghindari tumpang tindih anggaran yg bersumber dari APBN dan APBD.


5.    Memperluas praktik-praktik baik dalam pelaksaan kerja sama antara DUDI dgn SMK, dan membuatkan kurikulum fleksibel dan pembelajaran vokasi online sehingga sanggup memperluas spektrum kejuruan.



Membangun Pendidikan dan Kebudayaan dari Pinggiran


1.    Pemerintah Pusat perlu meningkatkan fungsi pembinaan dan pengawasan sesuai PP Nomor 12 Tahun 2017 wacana Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemda sehingga kawasan sanggup mempunyai kemampuan utk menyelenggarakan pendidikan dan kebudayaan yg berkualitas secara berdikari hingga menjangkau kawasan pinggiran.


2.    Pemerintah Pusat dan Pemda perlu menjamin fasilitas jangkauan dalam layanan pendidikan dan kebudayaan bagi masyarakat di kawasan pinggiran melalui penyediaan jaringan teknologi komunikasi dan transportasi guna memperkuat literasi dasar utk memajukan pendidikan dan kebudayaan.


3.    Pemerintah Pusat dan Pemda perlu menjamin penyediaan dan penyebaran sumber daya insan pendidikan dan kebudayaan yg kompeten di kawasan pinggiran sesuai dgn lingkup urusan wajibnya.


4.    Pemerintah Pusat dan Pemda perlu memperhatikan kememadaian dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dan kebudayaan di kawasan pinggiran guna menjamin mutu pendidikan dan pemajuan kebudayaan.



Penguatan Pendidikan Karakter: Sekolah Sebagai Model Lingkungan Kebudayaan


1.    Pemerintah Pusat dan Pemda mendorong kebijakan sekolah menjadi model lingkungan budaya yg dalam kesehariannya sarat dgn nilai-nilai kearifan lokal dalam rangka Pemajuan Kebudayaan.


2.    Membuka seluruh sarana dan prasarana milik Pemerintah Pusat dan Pemda biar sanggup diakses secara luas utk acara Pendidikan dan Kebudayaan melalui revitalisasi dan pemanfaatan sumber daya Kebudayaan.


3.    Merancang taktik gres pelestarian warisan budaya benda dan tak benda melalui pendataan dan revitalisasi fungsi cagar budaya, museum, taman budaya, rumah budaya, dgn banyak sekali aktivitasnya sebagai sumber-sumber berguru Penguatan Pendidikan Karakter.


4.    Membangun sinergi Tripusat Pendidikan melalui prosedur koordinasi dan kerja sama pelibatan seluruh pemangku kepentingan Kebudayaan.


5.    Menyusun kebijakan wacana denah pembiayaan Pemajuan Kebudayaan dgn mengalokasikan minimal 2,5% anggaran khusus dari APBN/APBD, atau Bantuan Operasional Kebudayaan (BOK) kepada sanggar-sanggar dan komunitas seni budaya.



Demikian info wacana Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018. Terima kasih











= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/ini-rekomendasi-hasil-rembuk-nasional.html

0 Response to "Ini Rekomendasi Hasil Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018, Salah Satu Rekrutmen Cpns Guru"

Posting Komentar