Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembinaan, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts
link : Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts

 Penilaian Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Jenjang Sekolah Menengah Pertama JUKNIS PENILAIAN BUKTI FISIK AKREDITASI SEKOLAH JENJANG SMP/MTS

Untuk persiapan menghadapi pelaksanaan Akreditasi sekolah berikut ini Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Jenjang SMP/MTS. Juknis penilaian pengakuan sekolah utk tiap poin sesuai Instrumen Akreditasi Jenjang SMP/MTS bahu-membahu sanggup dilihat secara pribadi pada laman pengisian DIA (Daftar Isian Akreditas Sekolah) melalui login sekolah dan pada laman Penilaian melalui Login Asesor.

Selengkapnya berikut ini Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Jenjang SMP/MTS, supaya bermanfaat bagi sekolah yg melakukan Akreditasi sekolah.


Petunjuk Umum
Bukti Fisik Akreditasi Sekolah yaitu Dokumen Sekolah dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan selama 3 (tiga) tahun terakhir

Petunjuk Teknis 1
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu menghayati dan mengamalkan aliran agama yg dianutnya. Kompetensi tersebut sanggup dicapai melalui pembelajaran pribadi dan tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dgn memperhatikan karakteristik mata aliran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran yg memuat kompetensi sikap spiritual meliputi:
1.   Program tahunan dan kegiatan semester.
2.   Silabus
3.   RPP
4.   Buku yg dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
5.   Lembar kiprah terstruktur dan kegiatan berdikari utk siswa.
6.   Handout.
7.   Alat penilaian dan buku nilai (Sikap spiritual siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata ajaran)

Dibuktikan dgn:
1.   Dokumen:
1.   Perangkat pembelajaran yg disusun guru sesuai dgn tingkat kompetensi pada kompetensi sikap spiritual pendidikan SMP/MTs utk sikap spiritual.
2.   Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP perihal kompetensi sikap spiritual siswa/Penguatan Pendidikan Karakter siswa.
3.   Rancangan dan hasil penilaian sikap spiritual, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
4.   Program kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al-Quran, retreat, atau kegiatan lainnya.
2.   Wawancara dgn guru mata aliran perihal Perangkat pembelajaran guru yg memuat perihal pelaksanaan kompetensi sikap spiritual.

Petunjuk Teknis 2
Rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu menghayati dan mengamalkan perilaku: (a) jujur; (b) disiplin; (c) santun; (d) peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai); (e) bertanggung jawab; (f) responsif; dan (g)  Proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dgn perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional yg sanggup dicapai melalui pembelajaran pribadi dan tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dgn memperhatikan karakteristik mata aliran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi:
1.   Program tahunan dan kegiatan semester.
2.   Silabus
3.   RPP
4.   Buku yg dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
5.   Lembar kiprah terstruktur dan kegiatan mandiri
6.   Handout.
7.   Alat penilaian dan buku nilai (Sikap sosial siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata ajaran).

Dibuktikan dgn:
1.   Dokumen:
1.   Perangkat pembelajaran yg disusun guru sesuai dgn tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sosial pendidikan SMP/MTs utk sikap sosial.
2.   Hasil kegiatan telaah/analisis buku pedoman utk guru dan buku siswa secara berkelompok perihal kompetensi sikap sosial siswa melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
3.   Rancangan dan hasil penilaian sikap sosial, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
4.   Program dan hasil kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan talenta olahraga, seni dan budaya, pencinta alam, jurnalistik, teater, dan lain-lain.
2.    Wawancara dgn guru mata aliran perihal perangkat pembelajaran guru yg memuat perihal pelaksanaan kompetensi sikap sosial.

Petunjuk Teknis 3
Kompetensi Inti pengetahuan yg harus dimiliki siswa SMP/MTs yaitu memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya tentang: (a) ilmu pengetahuan, (b) teknologi, (c) seni, (d) budaya, dan (e) humaniora dgn wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yg spesifik sesuai dgn talenta dan minatnya utk memecahkan masalah.

Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi pengetahuan meliputi:
1.   Program tahunan dan kegiatan semester.
2.   Silabus
3.   RPP
4.   Buku yg dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
5.   Lembar kiprah terstruktur dan kegiatan mandiri
6.   Handout.
7.   Alat penilaian dan buku nilai utk kompetensi pengetahuan.

Dibuktikan dgn:
1.   Dokumen:
1.   Perangkat pembelajaran guru yg disusun sesuai dgn tingkat kompetensi inti 3 (pengetahuan) dan kompetensi dasar.
2.   Hasil kegiatan analisis buku pedoman utk guru dan buku siswa secara berkelompok perihal kompetensi pengetahuan melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
3.   Program kegiatan ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya. pencinta, teknologi informasi dan komunikasi, rekayasa, dan lainnya.
2. Wawancara dgn guru mata aliran perihal kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mata ajaran.

Petunjuk Teknis 4
Kompetensi Inti Keterampilan pada pendidikan menengah yaitu mengatakan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: (a) efektif,  (b) kreatif, (c) produktif, (d) kritis, (e) mandiri, (f) kolaboratif, (g) komunikatif, dan (h) solutif dalam ranah konkret dan abnormal terkait dgn pengembangan dari yg dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metode sesuai dgn kaidah keilmuan.

Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi keterampilan meliputi:
1.   Program tahunan dan kegiatan semester.
2.   Silabus
3.   RPP
4.   Buku yg dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
5.   Lembar kiprah terstruktur dan kegiatan mandiri
6.   Handout.
7.   Alat penilaian dan buku nilai utk kompetensi keterampilan.

Dibuktikan dgn:
1.   Dokumen
1.   Perangkat pembelajaran guru yg disusun sesuai dgn tingkat kompetensi inti 4 (keterampilan) dan kompetensi dasar.
2.   Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur dan kegiatan berdikari tidak terstruktur yg diberikan kepada siswa.
3.   Dokumen hasil penilaian keterampilan kinerja, proyek dan portofolio.
2. Wawancara dgn guru mata aliran perihal kompetensi inti keterampilan dan kompetensi dasar pada setiap mata ajaran.

Petunjuk Teknis 5
Perangkat pembelajaran dikembangkan utk semua mata aliran sesuai dgn tingkat kompetensi dan ruang lingkup bahan pembelajaran.

Dibuktikan dgn:
·         Dokumen:
o    Perangkat pembelajaran semua mata ajaran.
o    Buku yg dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
o    Silabus dan RPP Guru mata aliran pada semua tingkat dan kelas.
·         Menelaah kesesuaian perangkat pembelajaran dgn tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi.

Petunjuk Teknis 6
Tim Pengembang Kurikulum yaitu tim yg bertugas antara lain menyebarkan kurikulum sekolah/madrasah. Keterlibatan Tim Pengembang Kurikulum dibuktikan dgn dokumen penugasan, info kegiatan dan notulen rapat, serta tanda tangan dari banyak sekali pihak yg terlibat; yaitu seluruh guru mata ajaran, konselor (guru Bimbingan dan Konseling) dan komite sekolah/madrasah atau penyelenggara pendidikan.

Dibuktikan dgn:
·         SK penetapan tim pengembang kurikulum sekolah/madrasah.
·         Daftar hadir kegiatan pengembangan kurikulum.
·         Daftar hadir narasumber.
·         Berita kegiatan penetapan kurikulum.
·         Notulen rapat pengembangan kurikulum

Petunjuk Teknis 7
KTSP disusun mengacu pada Kerangka Dasar pada Standar Isi meliputi:
·         Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan;
·         Pengorganisasian muatan kurikuler satuan pendidikan;
·         Pengaturan beban berguru siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas;
·         Penyusunan kalender pendidikan satuan pendidikan;
·         Penyusunan silabus muatan atau mata aliran muatan lokal; dan
· Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran.

Dibuktikan dgn:
· Dokumen KTSP pecahan kerangka dasar sesuai dgn pedoman pengembangan KTSP.
·         Dokumen silabus semua mata aliran dalam bentuk soft copy atau hard copy.

Petunjuk Teknis 8
Prosedur operasional pengembangan KTSP meliputi:
·         Analisis mencakup:
o Analisis ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai Kurikulum.
o    Analisis kebutuhan siswa, satuan pendidikan, dan lingkungan.
o    Analisis ketersediaan sumber daya pendidikan.
·         Penyusunan mencakup:
o    Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.
o    Pengorganisasian muatan kurikuler satuan pendidikan.
o    Pengaturan beban berguru siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas.
o    Penyusunan kalender pendidikan satuan pendidikan.
o    Penyusunan silabus muatan atau mata aliran muatan lokal.
o    Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran.
·         Penetapan dilakukan kepala sekolah/madrasah menurut hasil rapat dewan pendidik satuan pendidikan dgn melibatkan komite sekolah/madrasah.
·         Pengesahan dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dgn kewenangannya.

Dibuktikan dgn dokumen KTSP yg telah disahkan

Selengkapnya silahkan baca dan dwonload Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Jenjang SMP/MTS berikut ini




Link Download

Demikian informasi perihal Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Jenjang SMP/MTS. Semoga bermanfaat, terima kasih.




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/juknis-evaluasi-bukti-fisik-ratifikasi.html

0 Response to "Juknis Evaluasi Bukti Fisik Ratifikasi Sekolah Jenjang Smp/Mts"

Posting Komentar