Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018
link : Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018

Membaca gosip di media kita masih sering menemukan penyaluran dana PIP yg dianggap m JUKNIS PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) JENJANG SD SMP Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2018

Membaca gosip di media kita masih sering menemukan penyaluran dana PIP yg dianggap menyimpang. Oleh alasannya yakni itu, pada posting kali ini admin mencoba memposting Juknis Program Indonesia Pintar (PIP) Jenjang SD SMP Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018. Perlu diketahui bahwa Juknis Program Indonesia Pintar (PIP) Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD SMP Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan )Tahun 2018 ditetapkan menurut Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 05/D/BP/2018.

Berdasarkan Perdirjendikdasmen Nomor : 05/D/BP/2018, tujuan dari acara PIP ini yakni utk membantu biaya personal pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin yg masih terdaftar sebagai peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Biaya personal pendidikan dimaksud meliputi:
1. Membeli buku dan alat tulis;
2. Membeli pakaian seragam sekolah/praktik dan perlengkapan sekolah (sepatu, tas, atau sejenisnya);
3. Membiayai transportasi peserta didik ke sekolah;
4. Uang saku peserta didik;
5. Biaya kursus/les embel-embel bagi peserta didik pendidikan formal; atau
6. Biaya praktik embel-embel dan biaya magang/penempatan kerja.

Berikut ini besaran dana Bantuan PIP tahun 2018
1. SD (SD)/SDLB/Paket A:
a. Peserta didik Kelas I, II, III, IV dan V semester genap diberikan dana utk dua semester sebesar Rp450.000,00;
b. Peserta didik Kelas VI semester genap diberikan dana utk satu semester sebesar Rp225.000,00;
c. Peserta didik Kelas I semester ganjil diberikan dana utk satu semester sebesar Rp225.000,00;
d. Peserta didik Kelas II, III, IV, V, dan VI semester ganjil diberikan dana utk dua semester sebesar Rp450.000,00;
e. Peserta didik Paket A diberikan dana utk dua semester sebesar Rp450.000,00.

2. SMP (SMP)/SMPLB/Paket B:
a. Peserta didik Kelas VII dan VIII semester genap diberikan dana utk dua semester sebesar Rp750.000,00;
b. Peserta didik Kelas IX semester genap diberikan dana utk satu semester sebesar Rp375.000,00;
c. Peserta didik Kelas VII semester ganjil diberikan dana utk satu semester sebesar Rp375.000,00;
d. Peserta didik Kelas VIII dan IX semester ganjil diberikan dana utk dua semester sebesar Rp750.000,00;
e. Peserta didik Paket B diberikan dana utk dua semester sebesar Rp750.000,00.

3. Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMALB/Paket C:
a. Peserta didik Kelas X dan XI semester genap diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
b. Peserta didik Kelas XII semester genap diberikan dana utk satu semester sebesar Rp500.000,00;
c. Peserta didik Kelas X semester ganjil diberikan dana utk satu semester sebesar Rp500.000,00;
d. Peserta didik Kelas XI dan XII semester ganjil diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
e. Peserta didik Paket C diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00.

4. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/SMKLB:
a. Program 3 Tahun
1) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas X dan XI semester genap diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
2) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas XII semester genap diberikan dana utk satu semester sebesar Rp500.000,00;
3) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas X semester ganjil diberikan dana utk satu semester sebesar Rp500.000,00;
4) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas XI dan XII semester ganjil diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00.
b. Program 4 tahun
1) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas X, XI, dan XII semester genap diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00;
2) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas XIII semester genap diberikan dana utk satu semester sebesar Rp500.000,00;
3) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas X semester ganjil diberikan dana utk satu semester sebesar Rp500.000,00;
4) Peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Kelas XI, XII, dan XIII semester ganjil diberikan dana utk dua semester sebesar Rp1.000.000,00

Aktivasi Rekening dan Penarikan Dana PIP sanggup dilakukan sebagai berikut:
1. Aktivasi Rekening Simpanan Pelajar Sebelum melaksanakan penarikan dana, peserta didik harus mengaktivasi rekening Simpanan Pelajar terlebih dahulu, dgn membawa:
a. Surat keterangan kepala sekolah/ketua lembaga, apabila peserta didik telah pindah sekolah/lembaga dalam satu jenjang pendidikan yg sama maka surat Keterangan kepala sekolah/ketua forum sanggup dikeluarkan oleh kepala sekolah/ketua forum di sekolah/lembaga yg baru;
b. Untuk peserta didik SMA/Paket C atau Sekolah Menengah kejuruan yakni salah satu tanda/identitas pengenal (KIP/Kartu Pelajar/Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga/Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah;
c. Untuk peserta didik SD/Paket A atau SMP/Paket B dgn membawa KTP orang bau tanah dan Kartu Keluarga dgn didampingi oleh orang tua/wali. Bagi orang tua/wali yg tidak mempunyai KTP/KK sanggup diganti dgn surat keterangan dari kepala desa/lurah. Apabila orang tua/wali tidak sanggup mendampingi peserta didik pada dikala aktivasi maka sanggup diwakili oleh kepala sekolah dgn membawa KTP dan SK pengangkatan kepala sekolah yg masih berlaku; dan
d. Mengisi formulir pembukaan/aktivasi rekening tabungan Simpanan Pelajar di bank penyalur.

2. Penarikan Dana
a. Penarikan dana eksklusif oleh peserta didik, dgn membawa buku tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dan/atau KIP ATM, dan/atau surat keterangan kepala sekolah, utk peserta Didik SD dan SMP harus didampingi oleh orangtua/wali.
b. Penarikan dana secara kolektif dilakukan oleh kepala sekolah/ketua lembaga/bendahara sekolah/lembaga dgn membawa dokumen pendukung sebagai berikut:
1) Surat Kuasa dari orang tua/wali (utk SD/Paket A dan SMP/Paket B) atau dari peserta didik (utk SMA/Paket C dan SMK) peserta PIP;
2) Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) (format terlampir);
3) Surat Keterangan Kepala Sekolah/Ketua Lembaga (format terlampir);
4) Fotokopi KTP Kepala Sekolah/Ketua Lembaga dan menunjukkan aslinya;
5) Fotokopi SK Pengangkatan Kepala Sekolah/Ketua Lembaga definitif yg masih berlaku dan menunjukkan aslinya;
6) Buku tabungan Simpanan Pelajar peserta didik yg diambil secara kolektif. Penarikan dana secara kolektif sanggup dilakukan apabila memenuhi salah satu dari kondisi sebagai berikut:
1) Penerima PIP bertempat tinggal di kawasan yg kondisinya sulit utk mengakses ke bank/lembaga penyalur, seperti:
a) tidak ada kantor bank/lembaga penyalur di kecamatan sekolah/tempat tinggal peserta didik;
b) kondisi geografis yg menyulitkan ibarat kawasan kepulauan, pegunungan, atau pedalaman;
c) jarak dan waktu tempuh relatif jauh.
2) Penerima PIP bertempat tinggal di kawasan yg kondisi transportasinya sulit, seperti:
a) biaya transportasi relatif besar;
b) armada transportasi terbatas.
3) Penerima PIP tidak memungkinkan utk mengambil dana secara eksklusif dan seperti:
a) sedang sakit yg menyebabkan peserta didik tidak sanggup melaksanakan acara normal;
b) sedang mengalami peristiwa alam/cuaca buruk;
c) kendala lainnya yg tidak terduga.
4) Penerima PIP yg diundang dalam acara kunjungan kerja pemerintah.

Dana yg sudah dicairkan secara kolektif harus segera diberikan kepada peserta didik peserta yg bersangkutan paling lambat 5 (lima) hari kerja sehabis pencairan.

Penarikan dana PIP oleh peserta didik atau secara kolektif di bank penyalur, harus dgn kondisi sebagai berikut:
1. Tidak ada pemotongan dana dalam bentuk apapun;
2. Saldo minimal rekening tabungan yakni Rp0,00;
3. Tidak dikenakan biaya manajemen perbankan.

Selengkapnya Silahkan download Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 05/D/BP/2018 wacana Juknis Program Indonesia Pintar (PIP) Jenjang SD SMP Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018



Link Download ----DISINI---

Demikian info wacana Juknis Program Indonesia Pintar (PIP) Jenjang SD SMP Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018 semoga bermanfaat. Terima kasih





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/juknis-jadwal-indonesia-berakal-pip.html

0 Response to "Juknis Jadwal Indonesia Berakal (Pip) Jenjang Sd Smp Sma Smk Tahun 2018"

Posting Komentar