Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembelajaran, Artikel Pembinaan, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning
link : Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning

LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING

Sebelum membahas Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry  / Discovery Learning, berikut ini klarifikasi perihal Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning. Dalam Permendikbud No.22 tahun 2016 dikatakan pembelajaran inquiry disebut bersama dgn discovery. Dalam Webster’s Collegiate Dictionary inquiry didefinisikan sebagai “bertanya tentang” atau “mencari informasi”. Discovery disebut sebagai “tindakan menemukan”. Jadi, pembelajaran ini mempunyai dua proses utama. Pertama, melibatkan Peserta didik dalam mengajukan atau merumuskan pertanyaan-pertanyaan (to inquire), dan kedua, Peserta didik menyingkap, menemukan (to discover) tanggapan atas pertanyaan mereka melalui serangkaian aktivitas penyelidikan dan kegiatan-kegiatan sejenis (Sutman, et.al., 2008).

Inquiry/discovery merupakan proses pembelajaran yg didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukan sekedar sekumpulan fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan atau mengkonstruksi. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses fasilitasi aktivitas penemuan (inquiry) semoga akseptor didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri (discovery).

Tujuan pertama Inquiry/Discovery Learning yaitu semoga Peserta didik bisa merumuskan dan menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,bagaimana, mengapa, dsb. Dengan kata lain, Inquiry/Discovery Learning bertujuan utk membantu Peserta didik berpikir secara analitis. Tujuan kedua yaitu utk mendorong Peserta didik semoga semakin berani dan kreatif berimajinasi. Dengan imajinasi Peserta didik dibimbing utk mengkreasi sesuatu memakai pengetahuan yg diperolehnya. Penemuan ini sanggup berupa perbaikan atau penyempurnaan dari apa yg telah ada, maupun membuat ide, gagasan, atau alat yg belum ada (Anam, 2015:9).

Proses mengumpulkan data, mengamati, dan meringkas informasi, khususnya data numerik dalam Inquiry/Discovery Learning, efektif dalam merangsang diskusi utk membuatkan keterampilan berpikir kritis yg diinginkan. Peserta didik perlu mengalami bagaimana menarik selesai ilmiah menurut pengamatan atas faktafakta dan sekumpulan data yg diperoleh.

Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning ? Berikut ini klarifikasi singkat perihal Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Menurut Sutman, (2008:52), intinya sintaks Inquiry/Discovery Learning terdiri dari lima langkah, yakni
1. Merumuskan pertanyaan
Merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yg akan diselidiki.
2. Merencanakan
Merencanakan mekanisme atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data. Langkah
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatan mengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dgn aktivitas menganalisisnya.
4. Menarik selesai
Menarik simpulan-simpulan (jawaban atau klarifikasi ringkas)
5. Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkan hasil dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan utk dicari jawabnya.

Demikian info singkat Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Terima kasih, selamat berinovasi semoga sukses.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/langkah-langkah-model-pembelajaran.html

0 Response to "Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning"

Posting Komentar